Cara COD di Tokopedia dengan Cepat dan Mudah

Cara COD di Tokopedia dengan Cepat dan Mudah

Salah satu marketplace dengan jumlah pengguna yang cukup banyak adalah Tokopedia. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang ingin tahu cara COD di Tokopedia.

Tokopedia sendiri memang menyediakan banyak barang dengan lengkap. Mulai dari kebutuhan harian sampai barang hobi, bisa Anda temukan di sini. Selain itu, banyaknya promo dan juga harga yang cukup murah yang menjadi kelebihan lain dari marketplace ini.

Syarat dan Ketentuan COD di Tokopedia

Sebelum mengetahui tentang cara COD di Tokopedia, Anda juga harus tahu terlebih dahulu tentang syarat dan ketentuan untuk melakukan COD ini, seperti berikut:

1. Syarat dan Ketentuan COD Bagi Penjual

Jika Anda seorang penjual dan berniat untuk membuka pilihan COD bagi pembeli, maka berikut adalah syarat dan ketentuan yang perlu Anda perhatikan:

  • Anda sebagai pemilik toko wajib untuk mengaktifkan jasa pengiriman yang telah menjadi partner resmi dengan Tokopedia untuk melakukan pembayaran COD. Jika nantinya Anda menonaktifkan pilihan tersebut, maka layanan COD juga akan otomatis dinonaktifkan oleh sistem.
  • Toko yang Anda puya harus berada di alamat yang wilayahnya tercakup dalam jangkauan pengiriman dengan metode pembayaran di tempat.
  • Fitur COD ini bisa digunakan untuk semua jenis barang, kecuali:
    • Makanan dan minuman
    • Barang yang sedang ikut flash sale
    • Harga barang di atas Rp2.500.000,00
  • Barang yang sudah dipesan harus sudah dikemas sesuai dengan standar pengiriman yang layak, aman, dan rapi.
  • Jika menggunakan label pengiriman, maka label tersebut harus ditempel pada kemasan dan bisa terbaca dengan jelas dan tidak mudah rusak.
  • Pemilik toko wajib memahami jika barang yang telah dikirim bisa dikembalikan oleh pembeli atau retur.

2. Syarat dan Ketentuan Bagi Pembeli

Jika Anda seorang pembeli yang ingin melakukan pembayaran secara COD, maka berikut adalah syarat dan ketentuan yang perlu Anda perhatikan:

  • Alamat kirim harus berada di salah satu wilayah yang terjangkau oleh kurir untuk melakukan pembayaran secara COD.
  • Pembeli hanya bisa melakukan pembayaran dengan COD, jika membeli dari toko yang juga sudah mengaktifkan fitur COD.
  • Pembeli hanya bisa menggunakan jasa pengiriman yang sudah menjadi mitra Tokopedia untuk melakukan pembayaran dengan fasilitas COD.
  • Cara COD lainnya adalah pembeli hanya bisa menggunakannya maksimal 5 kali dalam seminggu, dengan intensitas maksimal 2 kali dalam satu hari.
  • Harga barang yang dibeli tidak boleh lebih Rp2.500.000,00; meskipun sudah dipotong oleh diskon.
  • Jika dalam rentang waktu 60 hari pembeli tidak berada di tempat saat kurir sudah sampai tujuan. Sehingga, barang tidak dibayar sebanyak 2 kali dan atau pembeli membatalkan pesanan yang menggunakan metode COD sebanyak 2 kali. Maka, pembeli tersebut akan terkena banned dari fitur pembayaran COD di Tokopedia.

Cara COD di Tokopedia

Setelah memahami syarat dan ketentuan untuk melakukan COD di tokopedia, lalu bagaimana cara COD di Tokopedia? Berikut adalah langkah yang Anda perlukan:

1. Cari Barang dengan Label COD

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari barang yang Anda butuhkan dan ada label COD nya. Hal itu karena tidak semua toko atau penjual memberikan fasilitas pembayaran di tempat.

Jika Anda merasa kesulitan untuk menemukan barang dengan label COD, maka Anda juga bisa menggunakan fitur filter pencarian. Nantinya, Anda hanya tinggal klik filter COD, lalu semua barang yang bisa dibayar secara COD akan muncul. Anda hanya tinggal memilih barang yang cocok dengan selera Anda.

2. Pilih Jasa Pengiriman

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan setelah mendapatkan barang yang diinginkan adalah memilih jasa pengiriman. Prosesnya adalah pastikan Anda sudah menekan tombol beli.

Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukan alamat kirim. Pada bagian ini, untuk memudahkan proses kirim, maka pastikan Anda juga mengisi bagian ini dengan lengkap dan jelas.

Selanjutnya, pilih pengiriman. Jika alamat Anda terjangkau oleh fitur COD, maka selanjutnya Anda hanya tinggal memilih opsi pengiriman. Beberapa opsi yang bisa Anda pilih antara lain instan, reguler, dan kargo.

3. Pilih Metode Bayar di Tempat

Langkah selanjutnya untuk cara COD di Tokopedia yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memilih metode bayar di tempat. Pastikan opsi ini Anda pilih untuk melakukan pembayaran di tempat. Nantinya, Anda akan memilih pembayaran Melalui Kurir, lalu ketuk menu COD (Bayar di Tempat).

Cara Kerja COD di Tokopedia Bagi Penjual

Jika cara COD di Tokopedia sebelumnya ditujukan bagi pembeli, maka kali ini kita akan membahas bagaimana cara COD di Tokopedia bagi penjual dan seperti apa cara memproses pesanannya. Berikut adalah langkah yang perlu diperhatikan:

1. Aktivasi Fitur COD

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengaktivasi fitur ini. Langkah ini juga sekaligus menyatakan jika Anda setuju dengan semua aturan yang berlaku untuk pembayaran di tempat.

Cara untuk melakukan aktivasi ini sendiri hanya bisa dilakukan melalui desktop atau PC. Anda hanya tinggal masuk website seller.tokopedia.com/home, lalu login untuk masuk Pengaturan Toko.

Lalu pilih layanan, kemudian cari bagian Bayar di Tempat, berikutnya setujui syarat dan ketentuan untuk metode tersebut. Selanjutnya, tekan aktifkan layanan. Lalu pada bagian pengiriman, aktifkan jasa pengiriman yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk melakukan jasa pembayaran di tempat ini.

2. Proses Pesanan

Setelah melakukan aktivasi, maka cara COD di Tokopedia selanjutnya untuk penjual adalah menunggu pesanan masuk. Setelah pesanan masuk, maka selanjutnya Anda bisa melakukan pemrosesan pesanan.

Selanjutnya, Anda juga akan mendapatkan kode booking. Jangan lupa untuk mencetak kode ini, karena nantinya kode ini akan Anda cantumkan pada pesanan yang akan dikirim ke pelanggan.

3. Konfirmasi Pengiriman

Jika semua sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengiriman ke alamat pembeli. Jangan lupa juga untuk menempelkan label konfirmasi pesanan. Label ini akan berisi barcode dan juga jumlah uang yang harus dibayarkan oleh pembeli nantinya.

Singkat dan Ringkas dengan COD

Dengan metode COD atau bayar di tempat, ini merupakan sebuah cara yang bisa dilakukan ketika Anda tidak sempat untuk transfer ke penjual. Cara ini juga dianggap lebih ringkas, karena pembeli akan membayarkan pesanan saat barang nya tiba.

Cara COD di Tokopedia juga sebenarnya terbilang mudah dan cepat. Selain itu, pilihan jasa pengantaran juga membuat paket akan cepat sampai. Yang tidak ketinggalan juga adalah banyak promo yang bisa Anda dapatkan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!