Tren Bisnis untuk Tingkatkan Peluang Kesuksesan

Tren Bisnis untuk Tingkatkan Peluang Kesuksesan

Menekuni bidang bisnis saat ini memberikan peluang income yang cukup besar. Salah satu cara untuk sukses berbisnis adalah mengikuti tren bisnis saat ini. Pada artikel ini akan dibahas apa saja tren bisnis yang penting Anda ketahui. 

Tren Bisnis Saat Ini

Berikut ini beberapa tren bisnis terkini untuk meningkatkan peluang kesuksesan dalam berbisnis Anda. 

1. WFH dan Hybrid

Tren bisnis yang banyak dijalankan saat ini adalah WFH dan bekerja secara hybrid. WFH atau Work From Home banyak orang pilih karena pekerjaan bisa dikerjakan dari rumah dan memang lebih fleksibel sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. 

Dengan melakukan WFH, para pebisnis bisa lebih menekan biaya yang umumnya dikeluarkan dengan bekerja dari kantor. Adapun cara untuk meningkatkan produktivitas karyawan saat menggunakan sistem ini dilakukan dengan teknologi pemantauan. 

Saat ini terhitung jumlah karyawan yang menggunakan sistem ini ada sebanyak 60% sejak pandemi dimulai. Bahkan penggunaannya diperkirakan akan terus meningkat hingga 70% pada tahun 2024 nanti. 

2. Social Media Marketing 

Tren bisnis saat ini banyak yang menggunakan social media marketing. Social media marketing bahkan menjadi salah satu hal mutlak yang wajib digunakan. Hal ini mengingat jumlah pengguna media sosial yang terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Banyak perusahaan saat ini yang bahkan menambah anggaran pengeluarannya untuk berbisnis melalui media sosial. 

Saat ini pun sudah banyak perusahaan yang tertarik menambah anggaran pengeluarannya untuk menggunakan media sosial sebagai bisnis. Mulai dari untuk iklan, membuat konten, hingga menggunakan influencer

Mungkin awalnya ini akan menggunakan banyak anggaran. Namun jika dilihat dari keuntungan yang didapatkan, menggunakan social media marketing dianggap hal yang akan sangat menguntungkan bagi bisnis kedepannya. 

3.  Memanfaatkan Kecerdasan Buatan

Penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence atau AI pada bisnis e-commerce saat ini cukup mendominasi. Hal ini karena penggunaan AI dianggap bisa membawa perubahan yang signifikan dan membuat bisnis menjadi lebih efisien. 

Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Al untuk bisnis yaitu mulai dari rekomendasi produk, chatbot, hingga personalisasi dalam belanja online. Ini tidak hanya akan mempermudah dalam bisnis, tetapi juga membantu meningkatkan penjualan karena manfaat-manfaatnya tersebut. 

4. Teknologi Imersif dalam Eksperimen Bisnis

Teknologi imersif seperti penggunaan virtual dan augmented reality saat ini mulai banyak digunakan dalam bisnis. Hal ini karena teknologi tersebut bisa meningkatkan ketertarikan pelanggan untuk membeli produk Anda. 

Pada teknologi ini dunia nyata akan diintegrasikan dengan dunia online sehingga membuat produk yang dijual semakin nyata saat dilihat dan meningkatkan minat para pembeli. 

Penggunaan teknologi ini memang cukup mahal, namun cukup banyak sekali perusahaan yang memilih untuk menerapkan teknologi ini karena potensi keuntungan yang akan didapatkannya. 

5. Kegiatan Produksi Fokus pada Keberlanjutan

Saat ini, keadaan lingkungan dan bumi sedang tidak baik-baik saja. Apalagi sejak kemunculan Covid 19 yang meningkatkan bukti nyata bahwa lingkungan sekarang memang sedang bermasalah. 

Hal ini pun memunculkan tren baru di masyarakat yaitu menggunakan produk yang berkelanjutan. Dalam hal ini bisnis juga dituntut untuk melakukan kegiatan produksi yang berfokus pada keberlanjutan. Mengintegrasikan hal ini pada bisnis cenderung akan diminati sehingga meningkatkan minat pembeli. 

Untuk itulah, saat ini pun banyak perusahaan yang mulai mengubah bahan kemasan hingga proses penjualan pada kegiatan berkelanjutan. Mengintegrasikan hal ini tidak hanya akan meningkatkan jumlah pembeli tetapi juga turut serta dalam menjaga lingkungan. 

Baca Juga: 7 Tips dan Cara Memulai Bisnis dari Nol hingga Sukses untuk Pemula

 6. Big Data sebagai Aset Perusahaan

Sejauh ini, banyak perusahaan yang sudah menggunakan big data untuk meningkatkan bisnis mereka. Penggunaan big data ini bisa membantu perusahaan mengetahui siapa saja pembeli produk atau yang bisa memakai jasanya. 

Dengan menerapkan big data, Anda juga bisa tahu metode pemasaran yang paling tepat untuk bisnis. Hal yang bisa Anda lakukan melalui teknologi ini adalah belajar memahami bagaimana calon pelanggan Anda nantinya. 

Selain itu, ini juga akan sangat mengurangi biaya dan waktu dalam menggaet pelanggan, serta membantu membuat bisnis Anda dapat bersaing dalam dunia bisnis. Untuk itulah, mengintegrasikan big data pada bisnis sangatlah penting dan bahkan sudah menjadi tren bisnis saat ini. 

7. Menggunakan E-commerce 

Penggunaan teknologi yang terus berkembang pesat saat ini membuat e-commerce semakin banyak diminati. Bahkan banyak orang yang lebih memilih membeli barang di e-commerce daripada membeli secara langsung. 

Kemudahan yang ditawarkan dari penggunaannya inilah yang membuat orang memilih menggunakan media tersebut. Untuk itulah, menggunakan e-commerce dalam bisnis menjadi suatu hal yang sangat menjanjikan. 

Ada banyak sekali e-commerce yang digunakan dalam tren bisnis saat ini. Mulai dari Shopee, Tokopedia, hingga Lazada yang bisa kamu gunakan dalam mengembangkan bisnis. 

8. Mental Health di Lingkungan Kerja

Kesehatan mental saat ini bukan lagi menjadi hal tabu untuk dibicarakan. Begitu juga dalam dunia bisnis yang mana orang-orang sudah lebih terbuka akan pentingnya kesehatan mental. 

Saat ini pun sudah banyak perusahaan yang menyediakan layanan-layanan untuk membantu menjaga kesehatan mental karyawan. Hal ini karena kesehatan mental sendiri sangat berpengaruh terhadap kinerja dari karyawannya. 

Bahkan karena hal tersebut, saat ini banyak sekali slogan-slogan work-life balance yang berseliweran di media sosial. Untuk itulah, segala kegiatan yang dapat menjaga mental health pekerja sangat penting diterapkan dalam bisnis. 

9. Meningkatkan Pelatihan pada Karyawan

Pelatihan karyawan sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan dan produktivitas para karyawan di suatu perusahaan. Saat ini pun, sudah banyak perusahaan yang melakukan pelatihan terhadap karyawannya. Terutama dalam bidang keahlian sesuai profesinya dan teknologi digital. 

Pelatihan teknologi digital termasuk penggunaan media sosial dalam bisnis ini sangat diperlukan oleh karyawan khususnya oleh bidang pemasaran. 

Untuk itulah, melakukan pelatihan pada karyawan bukanlah suatu hal yang merugikan. Tetapi sebaliknya ini akan sangat menguntungkan karena bisa meningkatkan produktivitas karyawan dalam bisnis. 

Sudah Tahu Tren Bisnis Saat Ini?

Setelah mengetahui 9 tren bisnis tersebut, Anda juga bisa menerapkannya dalam bisnis sendiri. Tren bisnis memang sangat banyak, tetapi penggunaan digital dan pengaplikasian teknologi dalam bisnis adalah hal utama untuk diterapkan mengingat penggunaan teknologi yang terus meningkat saat ini. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!