7 Aplikasi Wirausaha Online yang Dapat Membantu Anda Berbisnis

7 Aplikasi Wirausaha Online yang Dapat Membantu Anda Berbisnis

Selain secara offline, di masa sekarang bisnis memang mau tidak mau juga dilakukan secara daring. Tentu saja, ada beberapa aplikasi wirausaha online yang dapat membantu Anda dalam proses penjualan maupun komunikasi dengan pelanggan. Simak terus artikel berikut ini untuk tahu apa saja aplikasinya!

7 Aplikasi Wirausaha Online untuk Berbisnis

Aplikasi wirausaha daring (dalam jaringan) yang akan dibahas di sini tidak hanya mencakup e-commerce, tetapi juga untuk keperluan lainnya. Seperti pengelolaan karyawan, akuntansi, hingga pembukuan digital. Tanpa berlama-lama, ini dia aplikasi-aplikasi yang dapat membantu Anda dalam melakukan bisnis online:

1. Tokopedia

Aplikasi e-commerce online memang sudah sangat banyak dan bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Namun, salah satu rekomendasi aplikasi terbaik dengan base pengguna besar adalah Tokopedia. Tidak dipungkiri lagi jika Tokopedia merupakan sebuah aplikasi bisnis online yang sudah banyak orang gunakan.

Salah satu kelebihan aplikasi Tokopedia lainnya adalah segmentasinya yang cukup baik untuk produk-produk teknologi. Pasalnya, Tokopedia memang sudah terkenal memiliki koleksi produk IT yang banyak jadi kepercayaan pembeli.

Tidak hanya itu, Tokopedia juga menerima pembelian menggunakan e-wallet Gopay. Jika Anda berjualan produk teknologi, maka Tokopedia adalah aplikasi yang cocok. 

2. Slack

Apakah Anda adalah salah satu orang yang tidak suka mencampurkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi dalam satu aplikasi pengantar pesan? Maka, Slack akan menjadi solusi terbaik Anda. 

Aplikasi pengantar pesan ini memang dibuat khusus untuk komunikasi profesional. Lewat Slack Anda tidak perlu lagi kesulitan memisahkan pesan di luar konteks pekerjaan. Sehingga komunikasi Anda dengan rekan bisnis atau karyawan akan jauh lebih tertata. 

Tampilan aplikasi ini juga sangat nyaman dilihat dengan jendela obrolan yang bisa terpisah sesuai kebutuhan. Aplikasi ini juga menyediakan 2 versi, yaitu gratis dan berbayar.

Di dalam Slack Anda bisa melakukan banyak sekali hal. Contohnya melakukan video call atau voice call, baik secara personal maupun grup. Anda juga bisa membuat team survei, berbagi file, dan bahkan melihat status online rekan kerja untuk menjaga agar komunikasi bisa selalu berjalan. 

3. Google Bisnisku

Sebagai mesin pencari terbesar di dunia, jasa Google dalam mengekspos banyak usaha memang tidak bisa diragukan lagi. Baik pembeli maupun penjual, banyak yang merasa terbantu berkat adanya fitur dari aplikasi bisnis dengan basis online ini.

Google Bisnisku adalah sebuah fitur dari Google yang dapat membantu usaha Anda lebih ditemui banyak orang. Sistemnya cukup mudah, yakni Anda hanya perlu mendaftarkan akun email Google yakni Gmail. Lalu, Anda dapat mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku.

Anda beberapa detail bisnis yang bisa Anda cantumkan di Google Bisnisku. Contohnya seperti nama bisnis, lokasi, jam buka, nomor telepon yang bisa calon pelanggan hubungi, harga produk, hingga foto-foto terkait produk maupun tempat usaha Anda.

Jika bisnis Anda tidak memiliki toko offline, Anda tetap bisa mendaftarkannya ke aplikasi wirausaha online ini. Pasalnya, Google Bisnisku memiliki fitur untuk mendaftarkan bisnis online.

4. Sirclo

Meski memiliki fungsi yang cukup lengkap terkait proses bisnis secara keseluruhan, mungkin banyak dari Anda belum memahami soal aplikasi wirausaha dengan basis online yang satu ini.

Sirclo adalah sebuah website di mana Anda bisa membuat toko online untuk memulai bisnis. Cakupan fitur yang ada di aplikasi ini tidaklah terbatas pada pembuatan toko saja, tetapi juga urusan hari ke harinya yang membutuhkan perhatian lebih.

Ketika menggunakan Sirclo, Anda akan mendapatkan aplikasi bernama SIRCLO Store yang terintegrasi dengan beberapa fitur. Seperti toko online, e-commerce, hingga aplikasi Whatsapp.

Semua fitur yang terdapat di aplikasi wirausaha ini terbukti dapat mengembangkan bisnis secara signifikan jika dilakukan secara rutin. Sirclo sendiri merupakan penyedia layanan yang memungut biaya bulanan mulai dari Rp375.000,00.

5. Moka

Jika Anda ingin mendirikan usaha F&B atau food and beverages, maka aplikasi bisnis online yang satu ini sangat cocok. Moka adalah sebuah aplikasi manajemen yang dapat memudahkan proses administrasi restoran maupun kafe yang memang cukup berbelit. 

Ketika menggunakan Moka, Anda bisa mengelola berbagai aspek bisnis secara otomatis. Aspek-aspek bisnis tersebut antara lain adalah pembayaran, pemesanan, pengelolaan pelanggan, pengelolaan inventaris, pengelolaan meja, bahkan hingga manajemen pegawai.

Anda tidak perlu melakukan perhitungan pendapatan secara manual. Analisis di tiap pesanan yang ada semuanya akan dilakukan oleh Moka secara real-time. Sebagai pemilik usaha, Anda juga tidak perlu mengunjungi masing-masing outlet untuk mengecek pendapatan ataupun inventaris.

6. Hootsuite

Selain mengelola toko, seorang wirausahawan juga memiliki tugas untuk memasarkan usaha mereka. Di masa sekarang, tidak ada cara yang lebih mudah untuk pemasaran selain menggunakan media sosial.

Hootsuite adalah sebuah aplikasi manajemen media sosial yang juga dapat berperan sebagai aplikasi wirausaha online. Di Hootsuite, Anda dapat menganalisis pergerakan media sosial usaha yang mungkin ada di beberapa platform. Seperti, Twitter, Instagram, dan lainnya.

Selain menganalisa dan memantau perkembangan media sosial, Hootsuite juga menyediakan fitur penjadwalan post yang sangat berguna untuk momen-momen tertentu. Sama seperti Sirclo, Hootsuite adalah sebuah aplikasi bisnis online berbayar. Anda harus menyiapkan biaya sekitar $99 – $739 per bulannya.

7. Jurnal.id

Jika ingin mengelola bisnis yang profesional, pengusaha tentu harus memahami pergerakan uang yang mereka peroleh dan keluarkan. Nah, salah satu aplikasi yang sangat berguna untuk melihat pergerakan tersebut adalah Jurnal.

Jurnal sendiri merupakan sebuah aplikasi akuntansi yang tidak hanya menangani laporan keuangan yang detail dan secara real time, tetapi banyak hal lainnya. Aplikasi bisnis ini juga bisa membuatkan invoice alias struk untuk pelanggan Anda.

Fitur andalan lain yang ditawarkan Jurnal sebagai adalah Mekari Pay. Ini merupakan dompet digital dari Mekari yang memudahkan penerimaan dan pengiriman uang dari berbagai macam bank maupun layanan dompet digital.

Baca Juga: Cara Lengkap Buka Toko di Lazada, Cocok untuk Pemula!

Aplikasi Wirausaha Online Mana yang Anda Sudah Gunakan?

Berikut tadi adalah 7 aplikasi wirausaha online yang dapat membantu Anda dalam merintis sebuah usaha. Anda dapat memilih aplikasi yang paling tepat sesuai kebutuhan. Sekarang Anda dapat membangun bisnis yang tidak hanya berkelanjutan, tetapi juga menguntungkan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!