Apa Itu Freight Forwarding? Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Apa Itu Freight Forwarding? Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya
Freight forwarding adalah

Freight forwarding adalah jasa yang dikenal sangat membantu kegiatan usaha, khususnya dalam mengurus pengiriman maupun penerimaan barang dari luar negeri. Karena itu, pelaku bisnis yang melakukan ekspor dan impor akan sangat membutuhkan layanan jasa satu ini. Mari pahami fungsi lengkapnya di sini!

Apa Itu Freight Forwarding?

Freight forwarding adalah layanan yang hadir untuk membantu para pengusaha dalam ekspor impor dengan jumlah banyak. Penjelasan mengenai basa ekspor impor ini juga tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan atau Permenhub No. 49 tahun 2017. 

Di peraturan tersebut membahas tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Jasa Pengurusan Transportasi pada Pasal 1 ayat 15. Jadi, jasa freight forwarding merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menjalankan pengiriman maupun penerimaan barang. 

Kegiatan ekspor impor ini bisa menggunakan angkutan laut, udara, darat, atau kereta api. Adapun barang yang bisa diekspor impor lewat jasa ini cukup beragam, antara lain makanan, minuman, hingga bahan baku produksi untuk perusahaan manufaktur. 

Fungsi Freight Forwarding

Fungsi dan peran freight forwarder tidak hanya pada pengiriman dan penerimaan barang, namun meliputi seluruh proses pengiriman. Mulai dari menyimpan dan mengemas barang, mengurus dokumen, menangani surat perizinan kepabeanan, serta memastikan barang sampai dengan aman di tangan penerima barang. 

Pada dasarnya, jumlah tugas atau fungsi dari jasa freight forwarding bisa dibilang lebih banyak dari jasa logistik biasa. Salah satu alasannya karena freight forwarding memiliki jaringan transportasi lebih luas, mengingat adanya keterlibatan antara dua negara yang berbeda. 

Kemudian, ada layanan yang tidak ada di jasa logistik biasa. Di mana freight forwarder memberikan tawaran untuk memproses izin operasional ekspor impor barang. Seperti yang Anda tahu, proses izin satu ini jadi salah satu yang menguras banyak tenaga karena berurusan dengan perizinan usaha hingga distribusi barang. 

Nah, tugas dan fungsi lengkap dari penyedia jasa freight forwarding adalah sebagai berikut.

  • Penerimaan barang.
  • Menyediakan jasa penyimpanan barang di gudang.
  • Pemisahan atau sortasi barang.
  • Pengemasan, pemberian tanda, pengukuran, penimbangan barang.
  • Memilih transportasi, misalnya kereta api, kapal, pesawat, atau lainnya.
  • Menerbitkan dan mengurus penyelesaian dokumen angkutan barang.
  • Memasan ruang angkut barang seperti kontainer atau lainnya.
  • Pengiriman barang.
  • Mengelola distribusi barang.
  • Memperhitungkan biaya angkut dan logistik.
  • Memproses asuransi pada pengiriman barang.
  • Menyelesaikan tagihan dan biaya lain yang diperlukan. 
  • Menyediakan sistem informasi dan komunikasi.
  • Menyediakan layanan logistik baik untuk pasar nasional maupun internasional secara tradisional atau elektronik.
  • Menyediakan teknologi internet untuk keamanan barang selama dalam perjalan.
  • Menyediakan pengangkut kontraktual atau Non Vessel Operator Common Carrier (NVOCC).
  • Mengirim dan menerima barang khusus bawaan sesuai dengan peraturan undang-undang yang ada

Sudah dipastikan, bisnis yang menggunakan jasa ini tidak akan lagi dipusingkan dengan segala proses ekspor impor barang karena semuanya akan dikerjakan oleh penyedia jasa. Intinya, jasa ini sangat berguna untuk proses ekspor dan impor suatu bisnis baik dalam skala kecil maupun besar.

Baca Juga: Inilah Keunggulan dan Kekurangan Layanan Land Freight Service

Keuntungan Freight Forwarding

Jika melihat dari pengertian dan fungsinya, layanan pengiriman ini sudah tentu bisa memberikan banyak manfaat bagi bisnis. Apa saja di antaranya? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Pengiriman Cepat dan Aman 

Manfaat yang bisa Anda dapat dari jasa ini, proses ekspor impor barang akan dilakukan dengan cepat dan aman. Layanan jasa freight forwarder tentu memiliki aturan ketat untuk memastikan barang aman saat perjalanan dan sampai dengan utuh.

Selain itu, ekspor impor akan terjadi lebih cepat karena Anda akan dibantu untuk menyelesaikan prosesnya yang panjang dan banyak. Sehingga, jasa ini menjadi pilihan terbaik agar bisnis Anda bisa berjalan lebih optimal dan tidak mengecewakan atau mengurangi kepuasan pelanggan. 

2. Mudah dan Efisien 

Keuntungan lain dari freight forwarding adalah proses ekspor impor barang akan dilakukan dengan mudah dan efisien. Apabila semua prosesnya Anda lakukan secara mandiri, maka dapat mempersulit proses produksi akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kualitas produk. 

Penyedia layanan jasa freight forwarder sudah berpengalaman. Jadi, Anda hanya perlu memantau dan memastikan barang bisa sampai tujuan secara aman dan tepat waktu.

3. Ramah untuk Bisnis UMKM 

Tidak untuk perusahaan besar, jasa ini juga bisa Anda gunakan sekalipun bisnis masih berskala kecil atau UMKM. Lebih bagusnya lagi, pelaku bisnis kecil maupun UMKM ini bisa melakukan negosiasi terkait biaya pengiriman hingga mendapatkan harga ekonomis dan tidak akan terlalu memberatkan pelaku usaha. 

4. Ekspor Impor Jumlah Sedikit atau Banyak 

Keuntungan lain dari freight forwarding adalah kuantitas yang bisa disesuaikan. Jika ingin menggunakan jasa ini, tidak usah takut tentang masalah kuantitas. Sebab, freight forwarder tetap bisa Anda pakai baik untuk barang dengan jumlah sedikit maupun banyak. 

Keuntungan ini sebenarnya akan sangat terasa bila Anda menggunakannya untuk ekspor impor barang dalam jumlah besar. Bisanya ini akan bisa lebih menghemat biaya dan waktu.

Jumlah muatan barang ekspor impor menggunakan jasa freight forwarder minimal 10 ton dengan menggunakan kapal laut, wingbox, kontainer, dan pesawat udara. Berbeda dengan pengiriman barang pada umumnya yang hanya bisa memuat barang tidak lebih dari 10 ton dengan armada mobil box, van, dan truk. 

5. Minim Terjadi Kesalahan Pengiriman

Jasa freight forwarder yang berpengalaman tentu memiliki tim dengan tugasnya masing-masing. Sehingga mereka jauh lebih profesional dalam mengirim barang sesuai prosedur. Karena itu, kemungkinan terjadinya kesalahan pengiriman akan sangat minim atau bahkan tidak ada.

Baca Juga: Custom Clearance Ekspor-Impor Barang dalam Dunia Logistik

Sudah Tahu Apa Itu Jasa Freight Forwarding? 

Intinya, freight forwarding adalah adalah penyedia dengan cakupan yang sangat luas. Selain itu, jasa freight forwarder juga sudah banyak hadir di Indonesia untuk membantu para pengusaha dalam urusan ekspor impor barang agar semakin mudah. Layanan yang diberikan sendiri biasanya cukup beragam dan bisa berbeda. 

Karena itu, Anda bisa memilih mana jenis layanan jasa atau perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Namun, pastikan Anda memilih jasa yang memiliki track record baik, menyediakan garansi, prosesnya transparan, dan prosedurnya mudah. Semoga bermanfaat!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!