Apa Itu Smart Warehouse? Definisi, Manfaat, dan Penerapannya

Apa Itu Smart Warehouse? Definisi, Manfaat, dan Penerapannya
smart warehouse

Pada era digitalisasi seperti saat ini, ada banyak teknologi yang hadir untuk memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah sistem gudang cerdas atau smart warehouse pada sektor industri yang membantu mengoptimalkan manajemen gudang. 

Sistem tersebut telah digadang-gadang akan menjadi revolusi logistik. Ingin tahu berbagai manfaat dan penerapan dari sistem gudang cerdas? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Smart Warehouse?

Gudang cerdas adalah struktur penyimpanan besar untuk bahan mentah atau produk manufaktur dengan menggunakan mesin dan komputer sehingga menggantikan tugas operasional yang sebelumnya dilakukan oleh manusia. 

Sistem ini melibatkan penghitungan produk, penyimpanan, pelacakan lokasi produk, pengiriman pesanan ke lokasi yang tepat, hingga penerimaan pesanan. Tak berhenti di situ, gudang cerdas sendiri mampu mengotomatiskan operasi dan perjalanan barang dari pemasok ke pelanggan.

Tentu saja, hal tersebut akan mengurangi kesalahan dan membuat pengambilan barang menjadi lebih cepat. Akhirnya barang menjadi lebih cepat sampai ke tangan konsumen, sehingga kepuasan pelanggan akan meningkat.

Kesuksesan smart warehouse dalam melakukan pekerjaannya sangat bergantung pada robotika, Internet of Things (IoT), dan kecerdasan buatan (AI). Selain tiga hal tersebut, sistem ini memerlukan komponen lain seperti radio-frequency identification, wearable technology, sensor, dan Warehouse Management Systems (WMS).

Ketika menggunakan gudang pintar, perusahaan dapat merespons perubahan pasar dengan lebih cepat dan adaptif terhadap tuntutan bisnis yang terus berkembang.

Manfaat Menggunakan Smart Warehouse

Meski manfaat menggunakan gudang pintar sudah sedikit disinggung di atas, namun Anda perlu mengetahui semua manfaatnya dengan rinci untuk mengambil keputusan akan menggunakannya atau tidak. Berikut adalah berbagai manfaatnya yang perlu Anda ketahui!

1. Peningkatan Optimalisasi Gudang

Peningkatan efisiensi dan optimalisasi alur kerja di gudang dapat tercapai dengan teknologi ini. Melalui IoT, operator gudang dapat mengelola inventaris, memaksimalkan ruang penyimpanan yang ada, hingga mengidentifikasi berbagai hambatan dengan lebih efektif. 

Teknologi canggih ini juga mampu mendeteksi masalah dan potensi risiko dalam rantai pasokan. Sehingga, Anda bisa menghindari berbagai permasalahan yang bisa saja terjadi.

2. Pengurangan Biaya Operasional

Biaya operasional merupakan tantangan utama dalam pengelolaan gudang. Meskipun penggunaan smart warehouse memerlukan biaya yang besar di awal, namun untuk penggunaan jangka panjang bisa sangat menguntungkan. Sebab, mesin ini mampu meningkatkan efisiensi dan meminimalisir human error.

3. Tingkat Akurasi yang Tinggi

Operasi gudang melibatkan sejumlah proses yang memerlukan ketelitian tinggi, sehingga rentan terhadap kesalahan. Nah, sistem gudang pintar bisa menggunakan teknologi berupa barcode dan RFID.

Jadi, penerapan gudang pintar sendiri akan meningkatkan akurasi dan efektivitas operasional. Serta mengurangi risiko barang hilang, kedaluwarsa, atau rusak. 

Jika hal tersebut terjadi, maka akan berkontribusi pada perbaikan keseluruhan dalam manajemen inventaris. Oleh karena itu, menggunakan sistem gudang pintar akan meminimalisir berbagai kesalahan yang bisa dicegah.

4. Pengepakan, Pengambilan, dan Pengiriman dengan Cepat

Proses pengiriman, pengambilan, dan pengepakan tentu akan menghabiskan banyak sekali waktu dan tenaga. Namun, dengan menggunakan gudang pintar, Anda dapat memanfaatkan berbagai perangkat. Contohnya pick to light, wearable scanner, smart glasses, dan robot pengambil barang.

Lewat teknologi tersebut, Anda akan lebih menghemat waktu untuk mencari, memverifikasi, dan memilih barang dari tempat penyimpanan. Jadi, proses pengambilan dan pengiriman dapat lebih cepat dan memangkas waktu tunggu pesanan.

5. Peningkatan Optimalisasi Perawatan Mesin

Ketika Anda memanfaatkan data IoT dan teknologi kecerdasan buatan (AI), smart warehouse mampu melakukan pemantauan kondisi serta pemeliharaan. Di mana hal tersebut bersifat prediktif, sehingga Anda dapat mengoptimalkan kinerja mesin. 

Hal tersebut membantu mencegah waktu henti dan kegagalan peralatan. Serta memastikan bahwa infrastruktur gudang beroperasi dengan efisien.

6. Peningkatan Pelayanan Pelanggan

Sistem ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengatasi perubahan kebutuhan pelanggan dengan lebih lancar, meningkatkan interaksi pelanggan, dan pengalaman pelanggan secara menyeluruh. Tentu saja, peningkatan layanan tersebut akan memiliki pengaruh besar pada tingkat kepuasan pelanggan dan keuntungan usaha.

Baca Juga: Pengertian Gudang Online dan Manfaatnya

Penerapan Teknologi Smart Warehouse

Penerapan teknologi dalam sistem gudang pintar sendiri cukup beragam. Apa saja? Berikut adalah beberapa di antaranya!

1. Robot

Robot akan berkolaborasi dengan manusia untuk memastikan aliran barang yang lebih lancar dan optimal. Pada dasarnya, robot kolaboratif telah menjadi bagian terbaru dalam teknologi gudang pintar dan dirancang untuk bekerja bersama staf gudang.

Teknologi ini dapat dengan mudah Anda program, serta atur dengan cepat, fleksibel, dan aman untuk digunakan dalam lingkungan gudang. Agar dapat mencegah kerusakan, robot tersebut dapat operator manusia ajari mengenai cara memegang atau memindahkan objek dengan cepat.

2. Teknologi RFID

Teknologi RFID merupakan sistem berbasis gelombang radio. Dalam konteks smart warehouse, RFID berguna untuk melacak lokasi barang dan menyediakan informasi rinci.  Seperti dimensi, produsen, tanggal kadaluarsa, nomor seri, jalur produksi, dan lainnya. 

Jika Anda bandingkan dengan barcode, tag RFID dapat menyimpan jumlah data lebih besar dan mampu memindai hingga 200 tag secara bersamaan.

3. Automated Guided Vehicle (AGV)

AGV dapat menyimpan dan mengambil produk secara otomatis dan memaksimalkan penggunaan ruang gudang. Selain itu, penerapan AGV dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja, kerusakan material, dan meningkatkan akurasi inventaris. 

4. Sensor

Sensor dapat Anda gunakan di dalam maupun luar gudang, termasuk pada transportasi pengangkutan. Pemanfaatan sensor dalam smart warehouse akan membantu menjaga kualitas barang. Seperti pemantauan suhu dan kelembaban yang berkontribusi pada pengelolaan optimal dalam lingkungan gudang.

5. Wearables

Ini merupakan perangkat yang dapat dipakai, layaknya smart glasses. Wearables yang dikenakan dapat memantau akurasi pemilihan produk oleh staf, meningkatkan efisiensi pelatihan perusahaan, dan melacak kinerja individu karyawan. 

Baca Juga: Mengenal Manajemen Inventory, Fungsi, Tujuan dan Manfaat

Sudah Lebih Memahami Apa Itu Smart Warehouse?

Seiring perubahan zaman, berbagai teknologi baru hadir untuk membantu Anda dapat mengoptimalkan pekerjaan. Sistem smart warehouse sendiri akan membantu proses logistik serta penyimpanan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. 

Terlebih ada otomatisasi, sensor pintar, dan analitika canggih yang ada di dalamnya. Sehingga, setiap pekerjaan akan terasa lebih mudah dan efisien. Sistem ini akan sangat cocok untuk mendukung kesuksesan bisnis di era digital. Lantas, apakah Anda tertarik menggunakan sistem gudang pintar?

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!