Cara Memilih Aplikasi Omnichannel Marketplace untuk Bisnis Online

Cara Memilih Aplikasi Omnichannel Marketplace untuk Bisnis Online
Omnichannel marketplace

Dalam dunia bisnis digital yang terus berkembang, omnichannel marketplace menjadi salah satu strategi yang tidak bisa diabaikan. 

Dengan menggunakan pendekatan ini, brand dapat memberikan pengalaman belanja yang mulus dan konsisten kepada pelanggan melalui berbagai platform, baik online maupun offline. 

Omnichannel marketplace adalah pendekatan yang mengintegrasikan berbagai kanal penjualan, baik online maupun offline, untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang konsisten.

Tujuannya adalah agar pelanggan dapat berbelanja dengan mudah melalui berbagai platform, seperti website, aplikasi mobile, media sosial, atau toko fisik, tanpa merasakan perbedaan dalam pelayanan.

Baca juga: Omnichannel: Pengertian dan Manfaatnya Untuk Operasional Bisnis

Tips Memilih Platform Omnichannel Marketplace yang Tepat

Ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan dari segi fitur yang disediakan oleh platform omnichannel. Sebab, tidak semua sistem omnichannel menawarkan fitur yang lengkap.

Lalu, bagaimana cara memilih aplikasi omnichannel marketplace?

1. Terintegrasi ke Seluruh Channel Penjualan

Cara memilih software omnichannel adalah pastikan sudah terintegrasi ke seluruh channel penjualan online dan offline agar memudahkan dalam kelola operasional bisnis sehingga lebih efisien dan efektif. 

Dari yang sebelumnya kamu harus upload produk, memproses pesanan, manajemen inventory, sampai laporan penjualan dilakukan secara manual. Nah, dengan menggunakan sistem toko online kamu udah bisa mengelolanya hanya melalui satu dashboard. 

Khususnya bagi kamu yang berjualan  di seluruh platform penjualan online, seperti marketplace, social commerce, POS sampai website toko online. 

2. Fitur Mass Upload atau Upload Produk Massal 

Pernah nggak sih, kamu merasa ribet kalau harus mengupload produk satu persatu ke marketplace? 

Belum lagi, harus menempatkan setiap produk ke dalam kategori yang berbeda-beda di setiap marketplace nya.

Maka dari itu, pastikan platform omni channel yang akan kamu gunakan menyediakan fitur upload mass produk ya.

Sebab, fitur ini dapat memudahkan kamu dalam memetakan setiap kategori sekaligus menyesuaikannya dengan sistem kategori di marketplace

3. Sinkronisasi Stok Barang 

Cara memilih aplikasi omnichannel marketplace berikutnya, kamu perlu melihat apakah disediakan fitur pengelolaan stok barang supaya mudah untuk dikontrol dan diawasi agar tidak berpengaruh terhadap operasional bisnis apalagi saat ada penjualan. 

Buat kamu yang memiliki toko online yang tersebar ke berbagai channel penjualan, bisa menggunakan fitur sinkronisasi stok barang agar tidak terjadi kendala terhadap stok barang. 

Karena, biasanya seller yang punya banyak toko di marketplace harus mengontrol stoknya di masing-masing marketplace supaya data yang dimiliki sama dengan data fisik di gudang.

4. Fitur Stok Cadangan 

Kalo kamu sering ikut event marketplace kayak harbolnas, tanggal kembar, atau yang lainnya. Kamu perlu memastikan software omnichannel yang akan digunakan menyediakan fitur stok cadangan.

Kenapa harus fitur stok cadangan? 

Sebab, fitur stok cadangan berperan dalam membantu kamu melakukan promosi dan sebagai pengamanan persediaan barang. 

Tujuannya adalah agar tidak kehabisan stok ketika sedang mengikuti campaign di marketplace.

Ditambah fitur ini, kamu bisa melakukan pengamanan persediaan stok barang ketika kamu sedang mengadakan event promosi di marketplace.

Kamu dapat membuat batasan stok yang dijual sehingga tokomu tidak menjual produk melebihi kuota yang ditentukan. 

5. Pastikan Ada Fitur Promosi

Biasanya kalo di marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada menyediakan fitur promosi yang bisa kamu pakai untuk mempromosikan produk.

Sebut saja, Shopee menawarkan salah satu fitur promosi yang namanya ‘Naikkan Produk’. Dimana kamu perlu menaikkan produk setiap 4 jam sekali dan terbatas hanya di 5 produk. 

Nah, sekarang kalo kamu menggunakan sistem omnichannel hanya melalui satu dashboard kamu udah bisa mempromosikan produk tanpa harus membuka setiap marketplace.

6. Manajemen Pesanan

Biasanya seller akan memproses pesanan di masing-masing marketplace dan tanpa disadari cara tersebut ternyata malah membuang waktu dan tenaga kamu, lho!

Maka itu, kamu butuh  sistem omni channel supaya bisa memproses seluruh pesanan lewat satu dashboard aja.  

Mulai dari konfirmasi pesanan, cetak label pengiriman sampai tahap selesainya pesanan juga hanya lewat dashboard sistem manajemen toko online.

7. Fitur Sistem Manajemen Gudang

Omnichannel marketplace tidak hanya menyediakan fitur yang langsung berhubungan dengan marketplace saja. 

Melainkan tersedia fitur WMS (Warehouse Management System) untuk membantumu dalam pengelolaan gudang. 

Pastikan sistem pergudangan menyediakan fitur yang lengkap, mulai dari proses picking, packing, sampai pengiriman barang ke customer sehingga lebih efisien. 

8. Terhubung Dengan Fitur Chat Commerce 

Salah satu hal penting dalam memilih platform omnichannel, yaitu fitur chat commerce. 

Penggunaan chat commerce bisa membantumu dalam membalas chat konsumen hanya melalui satu dashboard. Dengan begitu, kamu udah bisa respon chat customer dengan cepat. 

Ditambah lagi, kamu bisa tahu semua pesan yang masuk dari berbagai marketplace maupun social commerce dan semuanya udah bisa digunakan melalui smartphone.

9. Integrasi dengan Jasa Pengiriman Barang

Ada beberapa penyedia software omnichannel yang sudah terhubung dengan jasa pengiriman terbaik.

Umumnya, platform logistik ini sudah terintegrasi dengan berbagai kurir pengiriman terbaik di Indonesia untuk mempermudah proses pengiriman dan membantu meningkatkan skala bisnis.

Fitur yang ada di dalam sistem pengiriman, yaitu tersedia beragam pilihan ekspedisi terbaik, resi otomatis, lacak pengiriman, ada banyak layanan pengiriman, hingga cashback dan subsidi.

Baca juga: Kurir Pengiriman eCommerce: 4 Jasa Ekspedisi Terbaik!

Rekomendasi Platform Omnichannel Terbaik

Omnichannel marketplace
 

Kalo kamu mulai tertarik untuk menggunakan omnichannel marketplace, ada rekomendasi yang bisa kamu gunakan, yaitu Jubelio Omnichannel.

Jubelio adalah platform omnichannel yang telah dilengkapi berbagai macam fitur untuk operasional bisnis sehingga dapat memudahkan pelaku usaha/pebisnis dalam menjalankan bisnis mereka.

Apalagi jika mereka mempunyai banyak toko online dan offline, terkadang tentunya akan kesulitan untuk mengelolanya. 

Maka dari itu, fitur Jubelio adalah sudah terintegrasi ke seluruh channel penjualan offline dan online, seperti marketplace, social commerce, website, dan toko fisik hanya melalui satu dashboard.

Apabila kamu penasaran mengenai fitur-fitur di Jubelio dan ingin menggunakannya langsung, bisa cek selengkapnya disini ya>>>

*Artikel ini hasil kerjasama Jubelio dan Biteship

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!