Omnichannel: Pengertian dan Manfaatnya Untuk Operasional Bisnis

Omnichannel: Pengertian dan Manfaatnya Untuk Operasional Bisnis
Omnichannel

Omnichannel adalah salah satu teknologi yang dapat memberikan pengalaman berbelanja yang baik dan sudah terhubung ke berbagai saluran penjualan. Pada artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pengertian, keuntungan, dan perbedaan omni channel dengan multi channel. Yuk! langsung kita simak penjelasannya.

Apa Itu Omnichannel?

Omnichannel ini berasal dari dua kata, yaitu omni dan channel. Omni artinya semua atau universal. Sedangkan channel adalah saluran. Dengan begitu, omnichannel artinya sistem yang menggabungkan seluruh channel (saluran) agar pelanggan bisa menemukan dan terhubung langsung dengan bisnis melalui saluran-saluran tersebut. Alhasil kamu dapat memberikan pengalaman berbelanja pelanggan yang positif.

Maka dapat disimpulkan, Omnichannel adalah sebuah sistem yang mampu mengintegrasikan berbagai jenis saluran penjualan/komunikasi ke dalam satu platform sehingga mempermudah berjalannya operasional bisnis yang lebih efisien.

Keuntungan Software Omni Channel

Adapun manfaat omnichannel yang utama, tentunya untuk mempermudah pelanggan dalam berbelanja dan mengakses informasi produk. Selain itu, keuntungan omni channel untuk pelaku usaha sendiri juga sangat penting, yaitu mampu membantu segala kebutuhan operasional bisnis mereka. Mulai dari, katalog produk, proses pesanan, pemasaran produk, manajemen inventory, dan masih banyak lagi.

1. Memperluas Jangkauan Pelanggan

Dengan memanfaatkan berbagai channel penjualan, kamu bisa secara mudah menjangkau banyak pelanggan. Karena kemudahan untuk mengakses brand kamu sehingga dapat menarik sekaligus mempertahankan customer.

2. Mampu Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Penggunaan software omnichannel tentunya bisa memberikan pengalaman berbelanja yang personal ke pelanggan. Apalagi akses yang mudah dan layanan yang responsif, dapat menciptakan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, membangun loyalitas, dan meningkatkan retensi pelanggan.

3. Sebagai Strategi WoM (Word of Mouth)

Karena kepuasan pelanggan yang tinggi dan puas atas suatu brand, biasanya mereka secara cuma-cuma akan memberikan rekomendasi kepada orang lain untuk membeli produkmu. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan pelanggan bisa lebih besar.

4. Dapat Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Dengan mengintegrasikan semua saluran penjualan, baik yang online maupun offline ke dalam satu platform akan mempermudah kamu untuk cepat merespons permintaan pelanggan dengan cepat dan efisien.

Baca juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Marketplace pada Bisnis Online

Perbedaan Omni Channel dan Multi Channel

Multichannel adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan beberapa saluran, seperti email, telepon, dan media sosial, namun saluran-saluran ini tidak terintegrasi.

Dengan begitu, brand dapat mengkomunikasikan merek mereka dan pelanggan mungkin mengalami perbedaan dalam pengalaman antara satu saluran dan saluran lainnya.

Perbedaan omnichannel dan multichannel adalah terletak pada fokus utama, fleksibilitas pelanggan, dan integrasi saluran komunikasi. Dalam strategi omnichannel, semua saluran komunikasi terintegrasi menjadi satu platform terpusat, sedangkan dalam strategi multichannel, saluran-saluran komunikasi tidak terhubung satu sama lain.

Adapun perbedaan multi channel dan omni channel juga berada dari fokus utama dari keduanya, Omnichannel sangat berorientasi pada pelanggan untuk memberikan pengalaman yang baik, sedangkan multi channel fokus pada keberadaan merek di berbagai saluran.

Contoh Omnichannel di Indonesia

content-collaboration-jubelio

Contoh software omnichannel yang dapat kamu gunakan ialah platform Jubelio Omnichannel.
Jubelio adalah platform omnichannel yang dilengkapi berbagai macam fitur untuk memudahkan para pelaku usaha dalam mengelola operasional bisnis mereka, baik bisnis online maupun offline.

Tidak hanya itu, Jubelio juga memiliki berbagai fitur lainnya, mulai dari fitur upload produk massal ke seluruh marketplace, sinkronisasi stok barang otomatis dan real-time, proses pesanan sekaligus, sistem manajemen gudang, Software POS, chat commerce, dan lainnya.

Buat kamu yang masih penasaran mengenai Jubelio Omnichannel, kamu bisa cek selengkapnya disini>>

*Artikel ini hasil kerja sama Jubelio dan Biteship

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!