Brand Exposure: Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Brand Exposure: Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Satu hal yang perlu Anda pikirkan ketika baru memulai sebuah bisnis adalah brand exposure. Singkatnya, brand exposure adalah sebuah cara untuk memperkenalkan dan menguatkan branding yang Anda punya agar lebih dikenal oleh konsumen. 

Di sisi lain, kekuatan dari brand exposure ini sendiri akan menunjukkan seberapa eksis brand yang Anda punya tersebut. Tujuan utama dari brand exposure ini sendiri adalah untuk menjadikan brand yang Anda punya sebagai top of mind di kalangan konsumen, terutama jika dibandingkan dengan bisnis sejenis lainnya. 

Apa itu Brand Exposure? 

Jika diartikan secara lebih luas, brand exposure adalah cara untuk mengiklankan atau mempromosikan sebuah brand dengan tujuan untuk menunjukkan eksistensi dari brand tersebut.

Dalam dunia marketing sendiri, masalah brand exposure ini akan mengacu pada seberapa sering ataupun seberapa banyak orang yang ingat dengan produk Anda tersebut.

Tujuan besar dari cara ini sendiri adalah menciptakan ikatan emosional antara brand dan juga konsumen. Nantinya, semakin sering brand tersebut terekspos, maka semakin besar pula kemungkinan banyaknya calon pembeli.

Baca Juga: Strategi Branding: Pengertian, Macam-macam, Manfaat, Cara Melakukan, dan Contohnya

Seperti Apa Contoh Brand Exposure?

Pada praktiknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan brand exposure ini. Semua cara tersebut tentu saja akan berkaitan dengan pemanfaatan dan pengoptimalan strategi marketing.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menaikan exposure ke produk bisnis Anda antara lain:

1. Iklan Konvensional

Cara yang masih sering dipakai untuk bisa meningkatkan brand exposure adalah dengan beriklan pada media konvensional seperti TV, radio, media massa, atau papan iklan.

Cara ini memang tergolong konvensional, namun masih banyak brand yang melakukan cara satu ini. Kelemahan cara ini adalah sulit diukur tingkat keberhasilannya dan juga biaya marketing yang cukup mahal.

Namun, dengan strategi yang tepat, cara ini masih terbilang efektif. Fakta jika masih banyak orang yang menonton TV masih bisa menjadi patokan jika iklan TV juga masih bisa untuk menaikkan exposure dari sebuah brand.

2. Media Sosial

Cara yang banyak digunakan orang saat ini untuk menaikan brand exposure adalah dengan melakukannya di media sosial. Baik menggunakan iklan di media sosial, menaikkan engagement, sampai dengan promosi dan pengoptimalan akun media sosial.

Cara ini banyak digunakan selain karena murah, juga karena efektivitas yang ditawarkan. Dari segi pengguna, media sosial memiliki banyak pengguna yang memungkinkan platform ini menjadi sebuah tempat pemasaran yang efektif.

Selain itu, media sosial juga memiliki banyak tools yang bisa digunakan untuk mengukur seberapa berhasil strategi marketing yang Anda lakukan. Hal inilah yang membuat strategi marketing bisa dilakukan dengan cara yang lebih terukur.

3. Sponsorship

Langkah lainnya yang juga banyak dilakukan pebisnis untuk menaikan pamor brandnya adalah dengan menjadi sponsor bagi pihak lain. Cara ini biasanya digunakan juga untuk menggaet pasar dari pihak tersebut.

Anda bisa menjadi sponsor untuk sebuah acara, sebuah tim olahraga, ataupun orang terkenal. Nantinya, brand Anda akan otomatis menempel pada pihak tersebut. Semakin sering pihak tersebut muncul, maka semakin sering juga brand Anda muncul.

Masalah dari cara ini adalah ketika pihak yang Anda jadikan sponsor ternyata tidak perform dengan baik, maka reputasi buruk itu bisa jadi juga akan terbawa ke brand Anda.

4. Collaboration

Cara yang banyak orang lakukan belakangan ini untuk menaikkan brand exposure adalah dengan melakukan collaboration. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan melakukan sponsorship, hanya saja pada cara ini biasanya ada produk baru yang akan keluar.

Misalkan, brand sepatu yang berkolaborasi dengan atlet olahraga. Biasanya mereka akan membuat sebuah produk baru yang identik dengan atlet tersebut. Selain menaikkan exposure, cara ini juga bisa untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Baca Juga: Rebranding Adalah: Pengertian, Tujuan, Strategi, dan Tahapan

Bagaimana Cara Meningkatkan Brand Exposure?

Pertanyaan selanjutnya adalah jika semua cara untuk menaikkan brand exposure sudah dilakukan, lalu adakah tips agar semua cara tersebut menjadi efektif dan berhasil? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menaikan pamor brand.

1. Tingkatkan Hubungan dengan Konsumen

Bagaimanapun juga tujuan dari brand exposure adalah menempatkan brand Anda pada posisi yang selalu diingat oleh konsumen. Tentunya, Anda ingin hal positif pada bisnis Anda yang bisa selalu konsumen ingat. Untuk itu, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan meningkatkan hubungan dengan konsumen. 

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan hal ini, misalnya:

  • Selalu merespons semua pertanyaan dari konsumen.
  • Rajin melakukan aktivitas yang melibatkan konsumen.
  • Banyak memberi hadiah untuk konsumen.

2. Mengoptimalkan Media Sosial

Satu hal yang menarik dalam penggunaan media sosial sebagai alat marketing adalah Anda bisa melihat siapa saja konsumen potensial yang bisa Anda dapatkan. Dengan cara ini, Anda juga bisa melakukan marketing dengan lebih terarah.

Untuk menaikkan exposure yang Anda punya, Anda bisa membuat strategi marketing yang lebih baik dengan menargetkan langsung ke calon konsumen potensial Anda tersebut.

Biasanya, meningkatkan exposure melalui media sosial juga akan berkaitan dengan seberapa sering iklan atau campaign dari brand Anda tersebut muncul. Tentunya, Anda juga harus memikirkan jangan sampai iklan tersebut mengganggu pengguna.

3. Sesuatu yang Unik

Masalah exposure juga biasanya akan berkaitan dengan sesuatu yang unik. Semakin unik biasanya akan semakin mudah orang untuk mengingatnya. Hal ini yang nantinya akan menaikkan brand exposure.

Anda bisa membuat logo, nama brand, atau bahkan slogan yang unik untuk hal ini. Pastikan,semua hal tadi akan membuat konsumen langsung ingat dengan brand, walau hanya mendengar atau melihat dengan sekilas saja.

4. Sering Terlihat

Dalam beberapa kasus, meningkatkan exposure juga akan berkaitan dengan seberapa sering konten Anda terlihat maupun seberapa mudah konten tersebut pengguna temukan.

Anda bisa melakukan langkah ini dengan memasang cukup banyak iklan. Namun, cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan SEO. Teknik ini memungkinkan konten Anda mudah ditemukan ketika ada orang yang membutuhkan.

Selain itu, cara ini juga memugkinkan campaign Anda muncul pada orang yang tepat. Sehingga meskipun sering muncul, namun pengguna tidak merasa terganggu akan hal tersebut.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Branding Dan Marketing yang Perlu Diketahui oleh Pelaku Bisnis

Tingkatkan Brand Exposure untuk Bisnis Anda!

Tidak hanya berkaitan dengan masalah marketing, namun meningkatkan brand exposure juga merupakan strategi jangka panjang yang akan membuat brand Anda terus dikenal.

Dengan exposure yang luas, maka hal tersebut juga bisa menjadi salah satu cara Anda mendapatkan konsumen. Semakin banyak orang yang mengenal brand Anda, tentu semakin banyak juga calon konsumen potensial yang Anda punya.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!