Bukalapak Prakerja: Cara Membeli Pelatihan Melalui Bukalapak

Sesuai dengan peraturan yang berlaku bahwa setiap orang yang lolos program Kartu Prakerja maka harus membeli dan menyelesaikan pelatihan prakerja paling lambat 30 hari setelah mendapatkan pengumuman lolos program prakerja. Anda bisa memilih dan membeli pelatihan melalui Bukalapak Prakerja.

Setiap penerima Kartu Prakerja nantinya akan mendapatkan uang sebesar Rp1.000.000 yang wajib digunakan untuk membeli pelatihan prakerja. Apabila hingga batas waktu yang ditentukan peserta tidak melakukan pelatihan, maka kepesertaan dalam Kartu Prakerjanya akan dicabut.

Tentang Kartu Prakerja

Pelatihan dari program Prakerja ini bisa dibeli melalui Bukalapak. Namun sebelum itu, pahami dulu mengenai Kartu Prakerja. Pertanyaan yang paling banyak diajukan adalah “Apa itu Kartu Prakerja?”

Program Kartu Prakerja merupakan program dari pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja yang sasarannya adalah orang-orang yang mencari kerja, orang-orang yang terdampak PHK (pemutusan hubungan kerja), dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Perlu diingat bahwa program Kartu Prakerja ini bukanlah program untuk menggaji orang-orang yang sedang tidak memiliki pekerjaan atau pengangguran. Program ini dirancang oleh pemerintah untuk memberikan bantuan dana bagi orang-orang yang ingin meningkatkan skill di bidang tertentu.

Skill yang ditingkatkan ini di kemudian hari bisa digunakan untuk mencari pekerjaan baru yang sesuai dengan minat dan hal yang telah dipelajari sebelumnya. Hal lain yang perlu dihighlight adalah bahwa setelah menyelesaikan pelatihan prakerja, peserta tidak serta merta langsung mendapat pekerjaan.

Setelahnya, peserta tetap harus berjuang dan berusaha untuk mendapatkan pekerjaan sendiri. Adapun pelaksanaan program Kartu Prakerja ini sendiri adalah di bawah naungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Republik Indonesia.

Informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran program Prakerja serta informasi terkait lainnya bisa langsung diakses melalui website https://www.prakerja.go.id/tanya-jawab/tentang-kartu-prakerja.

Cara Membeli Pelatihan Melalui Bukalapak Prakerja dan Aktivitas Setelahnya

Jika biasanya artikel mengenai marketplace membahas tentang tips atau cara berbelanja hemat seperti cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee, maka dalam artikel ini yang akan Anda dapatkan adalah bagaimana cara membeli pelatihan Prakerja melalui Bukalapak Prakerja.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan informasi apa yang harus dilakukan setelah melakukan pembelian pelatihan Prakerja.

  1. Cara Membeli Pelatihan Melalui Bukalapak Prakerja

Langkah-langkahnya sangat mudah, cukup ikuti instruksi sebagai berikut:

  • Download dan buka aplikasi Bukalapak.
  • Masukkan kata kunci “Prakerja” pada kolom pencarian.
  • Di sana akan terlihat berbagai jenis pelatihan yang bisa dipilih. Pilihlah jenis pelatihan sesuai dengan minat dan kemampuan yang ingin diupgrade skillnya.
  • Anda bisa menggunakan filter untuk mengurutkan pelatihan mulai dari harga terendah hingga tertinggi atau sebaliknya. Anda juga bisa memanfaatkan fitur filter untuk menemukan pelatihan yang terbaru.
  • Klik pada salah satu pelatihan yang ingin diambil dan periksa detail kurikulum yang tertera di deskripsi dan penjelasan. Bacalah dengan saksama apakah sudah OK atau tidak.
  • Jika Anda sudah yakin dengan pilihan Anda, pilih opsi YA pada bagian Syarat dan Ketentuan.
  • Input nomor Kartu Prakerja yang Anda miliki, tunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh sistem.
  • Apabila proses verifikasi sudah berhasil, tahap berikutnya adalah pembayaran di mana Anda akan menerima kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel yang didaftarkan.
  • Input kode OTP yang diterima dan klik Verifikasi.
  • Pemegang Kartu Prakerja akan mendapatkan notifikasi tagihan yang masuk ke aplikasi Bukalapak bagian Detail Tagihan. Bisa juga notifikasi tagihan masuk melalui email.
  • Anda bisa menggunakan voucher atau kupon yang tersedia di sana.
  • Voucher tersebut dapat digunakan sebelum Anda memulai kelas pelatihan prakerja.
  1. Aktivitas Setelah Membeli Pelatihan Prakerja
  • Langkah selanjutnya setelah Anda sukses membeli pelatihan melalui Bukalapak Prakerja adalah mengikuti pelatihan tersebut dengan baik hingga selesai.
  • Jika Anda berhasil menyelesaikan pelatihan tersebut, maka peserta prakerja akan mendapatkan sertifikat yang secara otomatis muncul di dashboard.
  • Peserta Prakerja juga diwajibkan untuk memberikan review terhadap kelas dan pelatihan yang telah diikuti di website lembaga pelatihan tersebut. Review Anda tentu akan sangat membantu orang lain dalam memilih kelas tersebut atau tidak.

Memang masih banyak yang belum terlalu paham mengenai Kartu Prakerja serta cara membeli pelatihan melalui Bukalapak Prakerja. Tetap semangat untuk upgrade skill dan fokus untuk mendapatkan pekerjaan menggunakan program Prakerja ini.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!