Cara Daftar Shopee Partner dan Keuntungannya

Cara Daftar Shopee Partner dan Keuntungannya

Menjadi bagian dari Shopee Food memang memudahkan para pelaku bisnis dalam memasarkan produk makanan dan minuman yang dijual. Hal inilah yang membuat pelaku usaha bergabung ke dalam Shopee Partner

Aplikasi partner Shopee ini sendiri merupakan merchant yang bekerjasama dengan marketplace Shopee untuk menerima pembayaran, memeriksa transaksi, dan mengelola fitur yang disediakan. Untuk mengetahui cara mendaftarnya, berikut ulasan selengkapnya. 

Mengenal Shopee Partner

Shopee Partner adalah merchant yang bekerjasama dengan Shopee. Untuk bisa masuk ke aplikasi partner Shopee satu ini, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menerima pembayaran, melihat riwayat transaksi, dan mengelola fitur yang disediakan aplikasi. 

Sebelum bergabung, Anda harus mendaftarkan diri sebagai mitra Shopee Food terlebih dahulu. Salah satu kelebihan bergabung menjadi partner Shopee yaitu tersedianya pembayaran tunai menggunakan Shopeepay sehingga lebih praktis dan aman. 

Berbeda dengan influencer atau affiliator biasa yang mendapatkan komisi hanya sebesar 2,5% saja, Anda yang tergabung menjadi partner Shopee akan mendapatkan keuntungan sebesar 10% untuk pengguna baru. 

Sementara itu, bagi Anda yang merupakan pengguna lama dan bergabung menjadi partner Shopee, Anda akan mendapatkan komisi sebesar 4%. 

Selain mendapatkan komisi yang menguntungkan, Anda juga bisa menjadi prioritas untuk campaign Shopee dan mendapatkan produk atau voucher gratis.  

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee: Panduan Lengkap dan Terbaru Serta Tips Jualan

Syarat Menjadi Partner Shopee

Dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan, banyak orang tertarik untuk bergabung menjadi partner Shopee. Untuk bergabung ke dalam Shopee Partner, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain sebagai berikut ini. 

  • Memiliki minimal 2.000 pengikut atau subscribers. 
  • Media sosial yang diizinkan untuk bergabung menjadi partner Shopee antara lain Instagram, Youtube, Facebook, Tiktok, dan Twitter.
  • Partner harus memiliki konten asli alias original. 
  • Sudah mendapatkan 50 order minimal sekali dalam waktu 3 bulan terakhir. 
  • Akun media sosial yang ditautkan harus milik pribadi dan bukan akun toko, serta harus selalu aktif. 

Untuk menjadi partner Shopee, Anda harus bergabung menjadi Shopee Influencer atau Shopee Affiliates terlebih dahulu. Anda juga diharuskan untuk mengisi formulir aplikasi dan mengirimkannya ke tim Shopee. Nantinya, tim Shopee akan mengonfirmasi permintaan Anda sekitar 5 hari kerja. 

Baca Juga: Cara Mudah Gabung Mitra Shopee Lengkap dengan Ketentuannya

Cara Daftar dan Menggunakan Shopee Partner Apk

Sebelum Anda bisa menggunakan Shopee Food partner, Anda tentunya harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan username dan kata sandi. Setelah itu, Anda bisa langsung login ke aplikasi dan menikmati berbagai fitur yang sudah disediakan.

1. Cara Login dan Buka Toko Melalui ShopeePartner

Sebelum menggunakan aplikasi partner Shopee satu ini, Anda tentunya harus mendaftar terlebih dahulu agar bisa login atau masuk ke aplikasi dan membuka toko. Berikut ini cara mendaftarkan ShopeePartner. 

  • Pertama, update aplikasi Shopee Food Partner ke versi paling baru terlebih dahulu agar semua fiturnya bisa dijalankan tanpa ada masalah atau kendala. 
  • Setelah itu, Anda bisa membuka aplikasi yang sudah terinstal di smartphone, lalu masukkan username beserta kata sandi yang sudah diberikan oleh pihak Shopee Food. 
  • Klik opsi tombol Log In dan akan ditampilkan beberapa opsi menu pilihan. 
  • Bagi Anda yang ingin membuka toko atau menerima orderan, Anda bisa menggeser toggle status ke arah kanan menjadi Buka dan berubah warna menjadi hijau. Hal ini menandakan jika merchant siap menerima pesanan secara otomatis. 

    2. Cara Melihat Informasi dan Menerima Orderan Shopee Food

    Setelah mendaftar, Anda tentunya akan mendapatkan notifikasi apabila ada pesanan masuk. Tidak perlu khawatir, karena orderan akan diterima oleh merchant secara otomatis. Jika pesanan sudah diterima, Anda bisa langsung masuk atau login ke aplikasi Shopee Partner

    Setelah itu, Anda bisa menemukan pesanan dengan melakukan pencarian menggunakan nama pembeli atau nomor orderan. Anda bisa tap salah satu pesanan yang muncul di tampilan layar meliputi nomor antrian, harga, menu makanan yang dipesan, nomor pesanan, dan cara pembayarannya.

    3. Cara Cek dan Update Menu

    Selain mengetahui detail pesanan, Anda juga bisa menggunakan aplikasi partner Shopee satu ini untuk memeriksa ketersediaan menu. Cara cek dan update ketersediaan menu antara lain sebagai berikut ini. 

    • Masuk ke opsi Menu yang berada di bagian bawah tampilan laman aplikasi.
    • Ada 2 pilihan menu yaitu Menu Utama dan Kategori Varian. Setelah itu, Anda bisa pilih salah satu opsi menu dengan cara tap atau klik pada menu tersebut. 
    • Tunggu hingga ditampilkan rincian menu yang Anda jual di Shopee Food. Untuk mengatur ketersediaan menu, anda bisa menggunakan toggle ke arah kanan untuk update tersedia dan toggle ke kiri untuk update menu tidak tersedia. 
    • Jika Anda menggeser toggle ke kanan, maka akan dimunculkan tipe pilihan untuk mengatur jumlah menu yang ditambahkan dan masuk ke opsi menu Pilih setidaknya. 
    • Jika sudah, Anda bisa menambahkan jumlah menu yang tersedia, kemudian tap opsi Done dan klik Simpan untuk mengubah menu.

      4. Cara Mengecek Pendapatan ShopeePartner

      Cara mengecek atau melihat pendapatan di Shopee Partner Food juga sangat mudah untuk dilakukan. Anda tinggal masuk ke opsi menu Pesanan, kemudian klik tab Selesai yang ada di bagian kanan.

      Nantinya, akan ditampilkan keterangan pendapatan yang diperoleh berdasarkan hari, pesanan yang diselesaikan, pesanan yang dibatalkan, dan total pendapatan yang diperoleh. 

      Baca Juga: Cara Menjalankan Bisnis Dropship di Shopee

      5. Cara Atur Jam Operasional Restoran

      Aplikasi ShopeePartner juga menyediakan fitur untuk mengatur jam operasional restoran. Ada 2 pilihan pengaturan jam buka tutup yaitu reguler dan khusus. Untuk opsi jadwal reguler ini sudah diatur dari awal pendaftaran akun Shopee Partner secara default. 

      Sementara itu, untuk opsi jadwal khusus, Anda bisa menambahkan hari libur atau penutupan restoran selama sehari penuh. Berikut ini cara mengatur jam buka dan jam tutup restoran melalui aplikasi ShopeePartner. 

      • Tap pada menu Pengaturan, kemudian klik pada opsi menu Pengaturan ShopeeFood
      • Jika sudah, Anda bisa melanjutkan memilih opsi menu Jadwal Operasional dan akan ditampilkan pilihan jadwal reguler dan jadwal khusus. 
      • Jika Anda ingin mengedit jadwal reguler, Anda bisa klik tanda panah dengan pengaturan per hari mulai dari hari Senin hingga Minggu. Anda juga bisa memilih buka selama 24 jam atau rentang waktu tertentu. 
      • Jika sudah selesai mengedit jam operasional, Anda bisa klik opsi menu Simpan
      • Untuk edit jadwal khusus, Anda bisa klik tanda panah saja. 
      • Setelah itu, pilih status toko apakah ingin buka atau tutup dan pilih jam operasional selama 24 jam atau rentang waktu tertentu. 
      • Jika sudah diedit, Anda bisa klik Simpan untuk menyimpan pengaturan. 

        6. Cara Pakai Fitur Tutup Sementara

        Anda juga bisa menggunakan fitur tutup sementara apabila ada urusan mendadak. Caranya menggunakan fitur ini juga sangat mudah yaitu Anda tinggal masuk ke menu Pengaturan dan geser toggle ke kiri hingga statusnya menjadi Tutup Sementara. Dari ulasan di atas, Anda tentunya makin paham dengan apa itu Shopee Partner dan cara menggunakannya, bukan? Sama seperti kemudahan yang ditawarkan aplikasi partner Shopee, cara cek resi Lalamove atau aplikasi pengiriman instan juga sama mudahnya.

        Punya

        Ratusan / Ribuan

        Kiriman Setiap Hari?

        Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

        Web Dashboard

        Pergudangan & Pengemasan

        Dilengkapi Kurir Instant

        Plugin Pengiriman

        Integrasi API Pengiriman

        Mendukung beragam layanan pengiriman

        GojekJNEJNTTIKI

        Terintegrasi dengan channel marketplace

        TokopediaLazadaTiktokShopee

        Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

        Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!