Cara Daftar TikTok Shop, Simpel dan Tidak Ribet

Cara Daftar TikTok Shop, Simpel dan Tidak Ribet

Bagaimana cara daftar TikTok Shop? Saat ini, TikTok bukan sekadar media sosial untuk berbagi informasi tentang berita atau mengunggah konten pribadi. Media sosial tersebut sudah berkembang dan menjadi salah satu media bisnis online yang banyak digunakan.

Melalui TikTok Shop, Anda bisa berjualan online dengan mudah. Apalagi pengguna TikTok sudah sangat banyak dari seluruh dunia. Akan tetapi, Anda mesti mendaftarkan akun Anda terlebih dahulu.

Pengertian TikTok Shop

Seperti yang diketahui, TikTok Shop merupakan salah satu fitur andalan di TikTok. Fitur tersebut memungkinkan para pengguna untuk menjual maupun membeli berbagai produk dengan sangat mudah.

Fitur ini telah banyak membantu para pebisnis maupun pembeli untuk mendapatkan produk sesuai keinginan. Khusus untuk penjual, TikTok Shop sudah terbukti mampu meningkatkan pendapatan dibandingkan hanya melakukan transaksi secara offline.

Transaksi melalui TikTok Shop juga sangat mudah. Alur transaksinya juga sangat jelas sehingga memudahkan siapa saja baik penjual maupun pembeli yang menggunakan TikTok Shop.

Syarat Mendaftar TikTok Shop

Sebelum lebih jauh membahas bagaimana cara daftar TikTok Shop, Anda mesti paham apa saja persyaratan yang Anda perlukan. Berikut beberapa persyaratannya:

  • KTP/SIM/Paspor
  • Nama dan nomor rekening
  • Berikan informasi tentang kontak yang valid, sah, serta akurat di Buku Alamat Anda. Adapun informasi tersebut seperti negara, kabupaten, provinsi, dan lain-lain
  • Pemberian nama toko yang harus menggambarkan bisnis Anda. Pastikan nama toko tidak sampai melebihi 40 karakter.

Baca Juga: Mau Tahu Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop? Cari Jawabannya Disini

Begini Cara Daftar TikTok Shop

Meningkatkan omzet penjualan melalui TikTok Shop memang menjadi cara yang ampuh. Sudah banyak orang mencobanya dan hasilnya tidak mengecewakan. Lalu bagaimana langkah-langkah mendaftar di fitur andalan TikTok tersebut? Simak penjelasan berikut.

1. Masuk ke TikTok Shop Seller

Sebagai langkah pertama, Anda mesti mengakses laman TikTok Shop Seller Center. Anda bisa mengaksesnya baik lewat PC maupun perangkat mobile.

Kemudian Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebagai penjual di TikTok. Di sini Anda dapat memanfaatkan akun pribadi atau membuat akun baru khusus untuk mendaftar di TikTok Shop.

2. Login/Buat Akun TikTok Seller

Jika sebelumnya Anda belum pernah menjadi seller TikTok, maka Anda perlu mendaftarkan akun Anda dulu. Caranya sangat mudah yakni dengan memilih Sign up with TikTok Account. Akan tetapi, jika sebelumnya Anda sudah pernah menjadi seller, maka Anda cukup login menggunakan akun tersebut.

Lalu bagaimana jika Anda belum pernah memiliki akun TikTok? Mungkin ini pertama kalinya Anda menggunakan TikTok. Jangan khawatir, Anda cukup registrasi menggunakan alamat email serta nomor HP dan pilih pada Sign up with Phone & Email.

3. Melengkapi Informasi Toko

Cara daftar TikTok Shop berikutnya adalah mulai melengkapi informasi toko. Anda perlu melengkapi berbagai informasi yang tertera demi memaksimalkan penjualan Anda. Misalnya dengan mengisi lokasi toko, nomor kontak, dan lain-lain.

4. Melakukan Verifikasi TikTok Shop

Sebelum Anda bisa menjual produk di TikTok, Anda harus melakukan verifikasi dokumen. Caranya klik Verify documents di homepage. Setelah itu, Anda pilih Upload Documents. Silakan melengkapi data yang dibutuhkan terkait penjual.

Anda perlu mengisi informasi tentang jenis bisnis, seperti korporat atau perorangan. Jika ternyata perorangan, maka Anda perlu verifikasi data pribadi misalnya KTP maupun paspor. Unggah dokumen tersebut dalam format .jpg, .pdf, .jpeg, maupun .png dan pastikan gambar atau dokumen yang Anda unggah terlihat jelas serta tidak lebih dari 10 MB.

5. Tambahkan Produk

Ketika Anda sudah selesai melakukan verifikasi dokumen dan klik Submit, sekarang waktunya menambahkan produk. Caranya cukup mudah yaitu tinggal kembali ke homepage. Setelah itu, Anda pilih opsi Add First Produk dan klik Add Product.

Agar bisa mengunggah produk Anda ke TikTok, pastikan Anda melengkapi deskripsi produk yang ingin Anda jual terlebih dahulu. Jika ingin menambahkan merek baru, silakan upload dokumen kepemilikan atau sejenisnya (untuk reseller). Untuk yang tidak punya, cukup pilih No brand.

Setelah itu, Anda bisa langsung mengunggah foto produk. Pastikan memberi deskripsi secara jelas sehingga memudahkan pembeli mengetahui produk tersebut. Anda dapat mengunggah foto produk sampai 9 foto. Kemudian, TikTok juga memberikan saran agar Anda upload foto dengan rasio 1:1 sehingga gambar terlihat jelas.

6. Isi Variasi Produk (Opsional)

Kemudian Anda scroll ke bawah lalu isi informasi seputar detail variasi produk. Jika Anda menjual produk yang mempunyai beragam variasi seperti ukuran, warna, rasa, dan lain-lain, maka jangan lupa mengisinya pada kolom Variation

Lalu Anda isi informasi fisik seputar produk tersebut seperti berat maupun dimensinya (jika perlu). Tujuannya agar lebih mudah saat menentukan biaya ongkir untuk setiap kurir di TikTok. 

Informasi lain yang juga penting Anda masukkan yaitu garansi produk serta bagaimana cara klaimnya (jika ada). Anda juga bisa mengosongkannya saja jika memang tidak Anda perlukan.

Ketika selesai, Anda dapat memilih apakah ingin menyimpannya sebagai draft atau bisa langsung publikasi produk tersebut. Tinggal klik Publish dan produk pun otomatis terpublikasi.

7. Hubungkan ke Rekening

Cara daftar TikTok Shop selanjutnya yaitu menghubungkan akun TikTok Shop milik Anda dengan rekening bank. Tujuannya agar Anda bisa memperoleh penghasilan dari transaksi yang Anda lakukan.

Caranya sangat mudah, silakan kembali ke homepage, setelah itu pilih Link Bank Account dan pilih Link Account. Berikutnya, Anda lanjutkan prosesnya sampai selesai hingga akun rekening bank tertaut ke TikTok Shop.

Tips Berjualan di TikTok Shop

Beberapa tips penting ketika Anda ingin berjualan melalui TikTok Shop yaitu:

  • Anda harus mengoptimalkan katalog produk. Pastikan foto produk Anda mudah dikenali.
  • Informasikan kepada audiens mengenai TikTok Shop milik Anda.
  • Promosikan produk Anda dan jangan takut berkreasi. Hal tersebut bertujuan agar audiens tidak bosan melihat katalog produk Anda.
  • Terkadang Anda juga perlu mengajak influencer untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan produk Anda. Ini salah satu cara tercepat untuk membuat produk Anda terkenal dan memperoleh audiens baru.

Sudah Paham Bagaimana Cara Daftar TikTok Shop?

Sekian pembahasan singkat mengenai langkah-langkah untuk mendaftar di TikTok Shop. Kesimpulannya, mendaftar di layanan TikTok tersebut sangat mudah. Pastikan Anda mengisi informasi sesuai dengan benar. Selamat mencoba!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!