Begini Cara Hitung Potongan Belanja dengan Kalkulator Diskon!

Begini Cara Hitung Potongan Belanja dengan Kalkulator Diskon!
Kalkulator diskon

Kalkulator diskon merupakan salah satu tool online yang memudahkan pengguna untuk menghitung jumlah diskon dari sebuah harga produk. Misalnya ketika sedang berbelanja, tentu Anda akan lebih memilih barang yang sedang diskon, bukan?

Diskon memang menjadi salah satu daya tarik bagi pelanggan untuk berbelanja hemat. Maka dari itu, hadirnya kalkulator diskon sangat berguna agar memudahkan transaksi dalam belanja. Berikut penjelasan selengkapnya!

Apa Itu Kalkulator Diskon?

Seperti yang banyak orang ketahui, diskon adalah potongan harga pada suatu produk tertentu yang bisa menguntungkan bagi pembeli. Pemberian diskon biasanya dapat berupa pengurangan harga secara langsung atau dalam bentuk persentase.

Ketika Anda melihat sebuah brosur dengan potongan harga secara jelas, tentu tidak akan sulit untuk menghitungnya. Namun, bagaimana jika penawaran diskon tertulis dalam bentuk persentase?

Untuk cara ini, maka Anda perlu menggunakan sebuah alat bernama kalkulator diskon. Tool ini bisa menghitung secara otomatis potongan harga dari persentase diskon tersebut.

Saat ini, sudah banyak aplikasi yang menawarkan fitur kalkulator diskon untuk penggunanya agar memudahkan menghitung jumlah diskon. Selain cara penggunaannya yang praktis, nilai perhitungannya juga lebih akurat.

Sebelum itu, pastikan Anda memahami terlebih dahulu jenis-jenis diskon. Hal ini akan memudahkan Anda nantinya dalam menghitung transaksi belanja sesuai dengan jenis diskonnya.

Baca Juga: Kode Promo Gojek: Panduan Cek Voucher dan Cara Pakainya

Jenis-Jenis Diskon

Diskon berfungsi untuk menarik pembeli agar membeli suatu produk sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan terhadap penjualan. Meski sudah tidak asing dengan istilah diskon, ternyata ada banyak jenis diskon di dunia pemasaran. Apa saja itu?

1. Diskon Persentase Harga

Jenis diskon yang pertama dan paling populer di pasar adalah persentase harga. Sesuai dengan namanya, diskon ini memberikan potongan harga dengan jumlah persenan tertentu.

Penggunaan diskon ini biasanya tidak menentu, sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan perusahaan. Seringkali nominal persen yang tercantum berdasarkan event atau campaign yang sedang berjalan.

Seperti contoh memperingati event 12.12, maka nilai persentase diskon yang ditawarkan adalah 12%. Namun, pada penawaran promo tertentu persentase diskon juga sangat beragam mulai dari diskon 20%, 50%, 60% hingga 90%.

2. Diskon Member

Diskon ini biasanya dikhususkan untuk pelanggan yang telah terdaftar menjadi member pada brand tertentu. Jenis diskon ini akan memberikan potongan harga jika pelanggan tersebut melakukan transaksi belanja.

Hanya saja nominal potongan harganya tidak terlalu besar yakni sekitar 5% hingga 10% saja. Namun bagi Anda yang ingin berbelanja lebih hemat, tidak ada salahnya mendaftar sebagai member untuk mendapatkan diskon ini.

3. Diskon Cashback

Diskon cashback memang tidak memberikan pengurangan harga secara langsung. Namun, pembeli yang memiliki diskon ini akan memperoleh poin agar bisa ditukar untuk pembelian selanjutnya.

Jenis diskon ini biasanya mengharuskan Anda untuk melakukan transaksi dengan jumlah minimal pembelian tertentu. Setelah transaksi berhasil, otomatis Anda akan mendapatkan poin setara dengan nilai potongan harga tersebut.

4. Diskon Voucher/Kupon

Saat membeli suatu produk, pernahkah Anda mendapatkan diskon berbentuk kupon atau kertas? Biasanya diskon ini memiliki aturan pemberlakuan potongan harga dengan tenggat waktu yang cukup singkat.

Jenis potongan harga ini merupakan diskon berbentuk voucher atau kupon yang diberikan kepada pembeli. Tujuannya tentu agar pembeli nantinya dapat melakukan pembelian kembali dengan potongan harga sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Cara Menghitung Diskon, Banyak Orang Belum Tahu!

Cara Menggunakan Kalkulator Diskon

Dari keempat jenis diskon di atas, dapat Anda ketahui bahwa cara menghitung harga produk setelah mendapatkan potongan harga tentu saja berbeda. Maka dari itu, kalkulator akan sangat dibutuhkan terutama saat transaksi belanja.

Pertama, ketik kalkulator diskon online di kolom pencarian browser dan pilih tool yang sekiranya paling Anda suka. Adapun cara menggunakan tool ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Agar lebih mudah, Anda bisa mengikuti contoh kasus di bawah ini!

Misalnya Anda hendak membeli pakaian senilai Rp200.000,00. Di brosur yang tertera, harga pakaian tersebut mendapatkan diskon sebesar 30%.

Lalu, berapa jumlah harga setelah mendapatkan harga diskon? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan kalkulator online.

  • Masukkan harga awal produk yang dijual, yakni sebesar Rp200.000,00.
  • Kemudian, masukkan nilai persen diskon yang tertera yakni 30%.
  • Maka, tabel perhitungan harganya akan memberikan rincian seperti berikut:

Harga sebelum diskon : Rp200.000,00

Besar diskon : Rp60.000,00 (30%)

Harga setelah diskon : Rp140.000,00

Dari perhitungan tersebut, dapat Anda ketahui besar diskon harga pakaian tersebut yakni sekitar Rp60.000,00 per itemnya. Adapun total harga pakaian setelah mendapatkan diskon adalah sebesar Rp140.000,00.

Contoh lainnya seperti sebuah produk sepatu sneakers seharga Rp500.000,00 sedang mengadakan promo diskon besar-besaran 50%+20%. Lantas apakah nilai diskon barang ini menjadi 70%? Nah, untuk contoh seperti ini memang sedikit agak berbeda.

Perhitungan diskon 50%+20% artinya barang tersebut mendapatkan diskon sebesar 50% dari harga awalnya. Kemudian, harga yang telah diskon tersebut mendapatkan tambahan diskon lagi sebesar 20%.

Berdasarkan uraian di atas, maka perhitungan sepatu sneakers dengan diskon 50%+20% adalah sebagai berikut:

  • Masukkan harga awal produk yakni sebesar Rp500.000,00.
  • Kemudian, masukkan nilai persen diskon sebesar 50%.
  • Tabel perhitungan harganya akan memberikan rincian seperti berikut:

Harga sebelum diskon : Rp500.000,00

Besar diskon : Rp250.000,00 (50%)

Harga setelah diskon : Rp250.000,00

  • Setelah itu, masukkan lagi nilai persen diskon sebesar 20%.
  • Rincian tabel perhitungan selanjutnya ialah seperti berikut:

Harga setelah diskon 50% : Rp250.000,00

Besar diskon : Rp50.000,00 (20%)

Harga setelah diskon 50%+20% : Rp200.000,00

Berdasarkan rincian perhitungan tersebut, dapat Anda ketahui besar diskon untuk harga sepatu sneaker Rp300.000,00. Sehingga harga awalnya sebesar Rp500.000,00, kini menjadi Rp200.000,00. 

Hitung Potongan Harga dengan Kalkulator Diskon!

Sebagian banyak orang tentunya ingin sekali berbelanja dengan hemat dan terjangkau. Tidak jarang informasi seperti potongan harga atau diskon menjadi incaran terutama pada event-event besar seperti Ramadhan atau akhir tahun.

Perlengkapan belanja seperti kalkulator tentu sangat berguna supaya Anda bisa belanja lebih hemat. Dengan adanya alat ini, cara menghitung total belanjaan yang telah didiskon juga menjadi lebih praktis.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!