Cara Hubungi Shopee Customer Service Berbagai Metode

Shopee sudah menjadi andalan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai marketplace ternama. Shopee customer service merupakan salah satu layanan yang Shopee yang akan memudahkan setiap pelanggan untuk mendapatkan jawaban dari berbagai pertanyaan.

Pasalnya, selama menggunakan aplikasi Shopee terkadang ada beberapa kendala sistem yang mengharuskan pelanggan komplain atau bertanya pada pihak Shopee. Shopee sendiri punya banyak kontak yang bisa dihubungi, baik itu lewat medsos, telepon, SMS, hingga email.

Tugas Customer Service Shopee yang Perlu Dipahami

Sebelum membahas tentang cara mudah menghubungi pihak CS Shopee, terlebih dahulu perlu dipahami apa saja fungsi dan tugas dari tim Customer Service di Shopee ini. Dengan mengetahui tugas CS, maka pelanggan nantinya jadi tidak salah dalam meminta pelayanan. Berikut ini beberapa tugas CS di Shopee:

1. Menjawab Pertanyaan Pengguna Shopee

Tugas pertama seorang customer service adalah menjawab setiap pertanyaan dari pengguna aplikasi Shopee, baik itu pihak penjual maupun konsumen atau pembeli terkait semua sistem kerja Shopee maupun fitur-fitur yang ada di dalamnya.

2. Memberikan Informasi

Selain menjawab segala pertanyaan terkait Shopee, seorang customer service yang bekerja di perusahaan Shopee juga berwenang memberikan informasi kepada pengguna Shopee terkait hal-hal penting yang ada dalam Shopee.

3. Menanggapi Keluhan

Selama menggunakan aplikasi Shopee, terkadang penjual atau pemilik toko dan konsumen Shopee mengalami kendala tertentu. Keluhan terkait kendala yang dihadapi tersebut bisa disampaikan pada pihak customer service agar kendala bisa segera diperbaiki.

4. Menjalin Relasi dengan Pengguna Shopee

Tidak hanya menjadi tugas seorang marketer, menjalin hubungan yang baik dengan pengguna aplikasi Shopee juga merupakan bagian dari tugas seorang customer service. Utamanya hubungan baik ini bisa dijalin dengan baik melalui respon yang cepat dan tepat.

Baca Juga: Cara Transfer Shopeepay ke Dompet Digital dan Rekening 

Cara Terhubung dengan Pihak Shopee Customer Service Agent

Setelah memahami apa saja tugas dari seorang customer service yang bekerja di Shopee, kini Anda bisa mulai menghubungi CS untuk segala kebutuhan yang berkaitan dengan transaksi maupun sistem kerja Shopee.

Lantas, bagaimana agar bisa menghubungi pihak customer service? Berikut di bawah ini adalah beberapa metode yang bisa digunakan agar terhubung dengan customer service di Shopee:

1. Metode Live Chat Shopee

Cara yang paling mudah agar bisa terhubung dengan customer service dari Shopee adalah dengan menggunakan fitur chat. Fitur live chat ini ada dalam aplikasi Shopee. Caranya yaitu:

  • Buka aplikasi Shopee pada perangkat.
  • Cari dan buka menu “saya” . Menu ini ada di pojok kanan bagian bawah halaman utama Shopee.
  • Anda akan diarahkan pada halaman beranda menu akun “saya”. Scroll ke bawah dan temukan menu chatting dengan Shopee.
  • Akan ada beberapa jenis topik keluhan yang bisa dipilih. Pilih salah satu topik yang sesuai dengan keluhan yang akan disampaikan.
  • Jika memilih salah satu topik yang disediakan, maka biasanya akan tampil jawaban dari auto reply yang berkaitan dengan keluhan tersebut.
  • Jika ingin secara langsung live chat dengan pihak customer service yang sedang bekerja di jam tersebut, bisa pilih “chat with live agent“. Setelah itu, Anda akan dihubungkan dengan admin yang sedang bertugas di waktu tersebut.
  • Terdapat kolom live chat dengan Shopee customer service live agent, ketikkan isi chat yang ingin disampaikan pada pihak customer service di kolom tersebut. Dan tunggu hingga pihak CS secara langsung merespon keluhan Anda.

2. Menghubungi Lewat Telepon

Selain menggunakan fitur chat, pengguna Shopee juga bisa menghubungi customer service melalui telepon atau yang biasa dikenal dengan istilah call center. Adapun nomor atau kontak yang bisa dihubungi di Shopee ini adalah nomor telepon biasa bukan WhatsApp.

Untuk nomor yang bisa dihubungi adalah 021- 39500300. Perlu diketahui, saat menghubungi kontak Shopee ini pastikan Anda memiliki pulsa karena berlaku tarif berbayar atau bisa juga menghubungi 1500702. Saat menghubungi Shopee, sebutkan ID Shopee yang dimiliki.

3. Menghubungi CS Shopee Via Pusat Bantuan

Untuk terhubung dengan Shopee customer service via pusat bantuan, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Shopee. Meski begitu, pesan yang dikirim akan masuk ke email resmi shopee. Cukup buka aplikasi Shopee untuk bisa mengaksesnya. Berikut ini beberapa tahapan caranya:

  • Buka Shopee dan masuk ke beranda.
  • Cari dan pilih menu “saya”.
  • Di dalam menu “saya”, cari dan klik menu pusat bantuan.
  • Setelah masuk ke menu pusat bantuan, ketikkan pesan yang akan disampaikan pada customer service pada kolom yang sudah tersedia.
  • Setelah dikirim, tinggal tunggu pihak customer service akan membalas pesan yang masuk langsung ke alamat email Anda.

4. Customer Service Via Media Sosial

Sebagai marketplace online yang sudah sangat populer, Shopee memiliki beberapa akun media sosial seperti Instagram dan Facebook. Dari akun media sosial inilah para pengguna Shopee bisa terhubung langsung dengan pihak CS.

Bisa dibilang, cara menghubungi CS di Shopee melalui media sosial ini akan cara yang paling mudah setelah metode live chat di aplikasi Shopee. Berbeda dengan beberapa cara di atas, kali ini pengguna tidak perlu membuka aplikasi Shopee terlebih dulu.

Pengguna Shopee hanya perlu membuka akun media sosial dan mengirim DM atau Direct Message yang dikirim ke alamat akun Shopee.

Untuk alamat media sosial Shopee di facebook adalah Shopeeid. Sedangkan nama akun di Instagram adalah shopee_id dan akun twitternya @ShopeeCare.

5. Mengirim Pesan ke Shopee Customer Service Email

Meski sama sama masuk ke alamat email Shopee, namun metode via email ini berbeda dengan via menu pusat bantuan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tahapan cara menghubungi customer service via email ke Shopee adalah sebagai berikut:

  • Buka akun email yang sudah dimiliki.
  • Klik menu tulis atau New pada halaman beranda email.
  • Pada kolom tujuan, ketik alamat email resmi Shopee, yaitu [email protected].
  • Tulis subjek email jika ada. Subjek email ini bisa diisi dengan keterangan topik keluhan yang ingin disampaikan.
  • Pada kotak pesan, ketik pesan yang ingin disampaikan pada CS Shopee.
  • Klik tombol kirim yang ada di bagian bawah kotak pesan.
  • Tunggu hingga pihak Shopee memberikan tanggapannya via email juga.

Baca Juga: Penyebab Percobaan Pengiriman Gagal Shopee Express & Cara Mengatasi

Selain punya banyak cara untuk menghubungi Shopee customer service, aplikasi marketplace yang satu ini juga punya banyak pilihan ekspedisi. Dalam hal ini sebagai alternatif bisa juga manfaatkan software pengiriman dari Biteship yang juga kerjasama dengan berbagai kurir https://biteship.com/id.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!