Cara Livestream di Facebook Lewat PC dan HP

Cara Livestream di Facebook Lewat PC dan HP
cara livestream di facebook

Cara livestream di Facebook sebenarnya cukup mudah Anda lakukan. Bahkan tak perlu terlalu banyak persiapan untuk bisa melakukan siaran langsung. Sebagaimana aplikasi media sosial lainnya, Facebook atau FB menyediakan fitur di mana para penggunanya dapat melakukan siaran langsung.

Biasanya, fitur tersebut dimanfaatkan orang-orang untuk bermain gim. Fitur yang pertama kali diperkenalkan di tahun 2015 tersebut masih banyak yang menggunakannya sampai sekarang. Lalu, bagaimana cara melakukan siaran langsung lewat FB?

Pengertian Livestream Facebook

FB Live Streaming merupakan fitur siaran langsung yang memungkinkan para pengguna Facebook dapat melakukan siaran langsung, baik menggunakan kamera komputer, laptop, atau smartphone. Banyak marketer yang telah memanfaatkan fitur tersebut untuk membangun relasi dengan audiens secara langsung.

Potensi untuk menawarkan layanan maupun produk menjadi sangat besar. Tidak ada batasan mengenai berapa lama Anda bisa melakukan siaran langsung. Bahkan, tidak sedikit yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk siaran langsung di FB.

Baca Juga: Ketahui! Tips Live Streaming Bagi Pemula Agar Menarik Viewers

Syarat Melakukan Live Streaming di FB

Sebelum Anda mengetahui cara livestream di Facebook, ada beberapa persyaratan penting. Jika tak Anda penuhi, kemungkinan Anda tidak bisa live streaming.

  • Agar bisa melakukan live streaming di smartphone, Anda perlu memberikan izin aplikasi FB untuk mengakses kamera serta mikrofon.
  • Pastikan bahwa akun FB Anda mempunyai setidaknya 10.000 followers.

Begini Cara Livestream di Facebook dengan Mudah

Selain memanfaatkannya untuk bermain gim, layanan siaran langsung FB juga ada yang memanfaatkannya untuk mempromosikan produk maupun layanan. Tujuannya agar dapat memperluas jangkauan pasar sehingga penjualan pun menjadi lebih efektif serta efisien.

Melakukan livestream bisa Anda lakukan baik melalui PC (Personal Computer), laptop, maupun smartphone. Berikut tutorial selengkapnya.

1. Melalui HP atau Smartphone

Melakukan siaran langsung memang cukup melalui smartphone. Sudah banyak para pengguna FB yang telah melakukannya dan bisa siaran langsung untuk berbagai kebutuhan. Berikut tutorial jika Anda ingin live streaming melalui HP:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi FB di ponsel Anda
  2. Langkah kedua, silakan mengetuk di bagian “Whats’on your mind?”. Letaknya pada bagian atas page atau tampilan utama FB
  3. Kemudian pilih “Go Live”
  4. Langkah berikutnya, silakan tentukan jenis kamera yang hendak Anda gunakan sebagai kamera live streaming. Anda dapat memilih apakah ingin memakai kamera depan maupun kamera belakang. Tinggal atur sesuai dengan yang Anda inginkan
  5. Anda bisa memberikan judul terhadap live streaming yang akan Anda lakukan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lokasi jika memang diperlukan
  6. Kemudian, Anda dapat mengundang teman FB Anda agar mengikuti live streaming di akun Anda. Silakan pilih “Bring a Friend”. Nanti akun teman yang sudah Anda pilih akan memperoleh notifikasi ketika Anda memulai live streaming
  7. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa efek, filter, maupun teks. Tinggal mengetik di ikon tongkat sihir pada sebelah “Start Live Video”
  8. Lalu, Anda juga dapat mengatur kira-kira siapa saja yang nanti dapat menonton siaran langsung. Anda dapat memilih apakah membebaskan semua orang atau hanya teman-teman yang Anda pilih saja
  9. Jika semuanya telah Anda siapkan, maka sekarang pilih “Start Live Video”
  10. Siaran langsung pun sudah dimulai lewat smartphone Anda

2. Cara Livestream Game di FB

Bagaimana cara livestream di Facebook bagi para gamer? Aplikasi media sosial yang satu ini memang tempatnya para gamer untuk melakukan siaran langsung. Tak sedikit dari mereka yang bahkan menjadikannya sebagai profesi tambahan karena keuntungan yang diperoleh juga cukup menjanjikan.

Bahkan, ada yang sampai melakukan siaran langsung selama berjam-jam. Karena prospeknya cukup menjanjikan membuat banyak orang juga tertarik siaran langsung di FB sambil main game. Namun, ada yang masih belum paham cara live streaming Facebook.

Di sini Anda perlu menyiapkan aplikasi serta alat pendukung. Salah satunya yaitu aplikasi perekam video bernama OBS Studio. Aplikasi ini akan merekam setiap aktivitas Anda selama melakukan siaran langsung.

Selanjutnya, pastikan Anda juga memanfaatkan koneksi internet yang stabil. Ini merupakan sebuah keharusan agar live streaming Anda lancar tanpa kendala. Tak kalah penting, siapkan juga mic recorder dan beberapa perlengkapan lain untuk kelancaran siaran langsung.

  1. Sebagai langkah awal, Anda harus membuat akun terlebih dahulu sehingga Anda menjadi Gaming Video Creator
  2. Kemudian, untuk membuat akun tersebut, Anda masuk ke link berikut ini: www.facebook.com/gaming/pages/create
  3. Langkah selanjutnya silakan buat akun 
  4. Setelah pembuatan akun selesai, Anda bisa login menggunakan akun gaming yang telah Anda buat tersebut
  5. Masukkan nama
  6. Pilih Continue
  7. Lalu silakan mengunggah profil lengkap dengan foto berlatar belakang

Setelah Anda selesai membuat akun, maka saatnya untuk melakukan live streaming melalui platform tersebut. Adapun cara livestream di Facebook adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan halaman FB Gaming yang telah Anda buat
  2. Lalu klik ikon Facebook Gaming
  3. Pilih Start Streaming
  4. Selanjutnya, klik pada opsi “Create Post di FB Creator Studio”
  5. Pilih Go Live
  6. Pada Facebook Live Producer, silakan memilih Live Stream Setup
  7. Anda bisa melakukan copy dan paste Steam Key Server URL
  8. Langkah berikutnya, masuk ke aplikasi OBS Studio
  9. Klik File
  10. Lalu pilih Settings
  11. Klik Stream
  12. Silakan Anda memasukkan Stream Key Server URL
  13. Lalu Anda buka Facebook Live Producer
  14. Klik pada Post to Page You Manage
  15. Selanjutnya masukkan judul serta deskripsi. Anda juga perlu memasukkan tag game
  16.  Langkah terakhir, pilih Go Live

Baca Juga: 11 Manfaat Facebook Ads Extension yang Perlu Diketahui

Tips Live Streaming FB

Jika sudah tahu cara livestream di Facebook, sebaiknya Anda juga harus memahami beberapa tips berikut saat hendak siaran langsung.

  • Jangan gunakan konten yang mempunyai hak cipta. Perhatikan musik yang Anda gunakan dan sebaiknya memakai musik maupun efek suara yang free commercial. Jika terbukti melanggar, kemungkinan siaran langsung Anda dihapus FB
  • Hindari membuat siaran langsung yang isinya menyinggung suku, ras, maupun agama
  • Pastikan Anda memakai perangkat dengan spesifikasi yang mendukung untuk live streaming
  • Pilih waktu live streaming terbaik yang sekiranya mampu mengundang banyak audiens

Baca Juga: Cara Login Meski Lupa Kata Sandi Facebook dan No HP Hilang

Sudah Paham tentang Cara Livestream di Facebook?

Sekian informasi tentang bagaimana langkah-langkah memulai siaran langsung melalui FB. Seperti yang Anda perhatikan bahwa melakukan live streaming tidak sulit.

Bahkan, Anda bisa melakukannya dengan bermodalkan smartphone. Namun, pastikan bahwa koneksi yang Anda gunakan stabil sehingga proses siaran langsung lancar tanpa gangguan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!