Cara Membuat Katalog Online yang Efektif untuk Mempermudah Transaksi

Cara Membuat Katalog Online yang Efektif untuk Mempermudah Transaksi
katalog-online

Katalog online adalah salah satu inovasi yang dirancang untuk mempermudah transaksi antara penjual dan pembeli. Perkembangan teknologi digital membuat pelanggan tidak harus memegang katalog fisik untuk melihat daftar produk yang akan dibuat.

Katalog jenis ini bisa dicantumkan langsung dalam website bisnis kamu. Selain itu, tersedia juga opsi katalog dalam bentuk link yang bisa diperbarui secara berkala dengan lebih mudah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak ulasan lengkap tentang katalog online berikut, ya.

Pengertian Katalog Online

Katalog online adalah sebuah katalog berisi daftar produk yang ditawarkan ke pelanggan dan dapat diakses secara online. Pada umumnya, katalog ini dilengkapi dengan rincian informasi produk yang membantu pelanggan membuat keputusan pembelian.

Informasi tersebut dapat meliputi deskripsi, ukuran dan dimensi, cara penggunaan, hingga berat dari sebuah produk. Untuk mempermudah pelanggan, pemilik bisnis juga bisa mencantumkan keunggulan produk yang cocok untuk karakteristik pelanggan.

Pada produk kosmetik foundation, pemilik bisnis bisa mencantumkan konsistensi dan hasil akhir tampilan dari foundation tersebut. Misalnya, hasil akhir matte lebih cocok untuk kulit berminyak sedangkan hasil akhir glowy lebih cocok untuk kulit kering.

Atau produk pomade water-based mempunyai konsistensi yang ringan dan mudah dibersihkan sehingga cocok untuk dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Sedangkan pomade oil-based bisa memberikan hasil rambut yang lebih berkilau dan cocok untuk digunakan di negara empat musim yang cenderung kering dan dingin.

Kenapa Katalog Online Penting?

katalog online

Katalog merupakan platform yang bisa menjadi jembatan antara penjual dan pembeli. Pemilik bisnis mampu memberikan daftar produk apa saja yang ditawarkan dan pelanggan mampu menemukan produk yang diinginkan sesuai kebutuhan.

Oleh karena itu, katalog perlu dipersiapkan dan dibuat secara seksama untuk mampu menarik pelanggan melalui informasi yang tepat hingga persuasif. Elemen yang tak kalah penting untuk dicantumkan dalam katalog produk adalah foto. Adanya foto yang jelas dan menarik mampu memberikan gambaran yang sesuai terhadap produk yang ditampilkan.

Kemudian, kemajuan teknologi juga mampu menyediakan katalog produk secara online yang memudahkan pelanggan untuk memilih produk dari mana saja dan kapan saja. Pada beberapa kasus, katalog jenis ini bahkan tidak hanya digunakan untuk melihat daftar produk tapi juga hingga ke tahap pembelian dengan melakukan pembayaran secara online.

Dari uraian di atas dapat kita pahami bahwa katalog jenis ini penting untuk menjadi penghubung antara penjual dan pembeli, media untuk menarik pelanggan, dan platform untuk melakukan transaksi secara online.

Membuat katalog yang dapat diakses secara online juga merupakan bagian dari langkah strategis yang dilakukan untuk menyesuaikan bisnis dengan pergeseran perilaku belanja yang telah bergeser dari offline ke online. 

Dilansir dari artikel detikfinance, Bank Indonesia mencatat bahwa nilai transaksi belanja online mencapai Rp476,3 triliun pada 2022. Tidak berhenti di situ, nilai tersebut tumbuh sebesar 20% menjadi Rp572 triliun pada 2023. 

Tren tersebut menunjukkan tingginya minat belanja online di kalangan masyarakat Indonesia. Pemilik bisnis perlu menyesuaikan strategi bisnis agar sejalan dengan kondisi pasar yang ada. Salah satunya adalah dengan membuat katalog online.

Baca juga: Foto Katalog untuk Bisnis dan Cara Buatnya

Cara Membuat Katalog Online

Pembuatan katalog menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi. Pemilik bisnis tidak wajib menguasai kemampuan programming atau coding khusus. Langkah-langkah di bawah ini dapat kamu terapkan dan cocok untuk pemula. Berikut penjelasannya:

1. Kumpulkan Daftar Produk

Tentukan produk apa saja yang ingin kamu cantumkan dalam katalog. Pada momentum khusus, kamu juga bisa memasukkan produk edisi khusus misalnya edisi Ramadan, Natal, tahun baru, dan lain sebagainya.

Untuk meningkatkan minat pelanggan, pemilik bisnis juga bisa membuat kumpulan produk yang dijual sebagai bundle dengan harga khusus. Strategi ini cocok untuk bisnis yang ingin menghabiskan stok yang ada.

Pastikan seluruh produk dan bundle atau package yang ingin dimasukkan ke dalam katalog telah dikumpulkan dan dicatat dengan rinci untuk menghindari adanya produk yang terlewat sehingga tidak masuk ke dalam katalog.

2. Buat Visual yang Menarik

Visual adalah salah satu jendela untuk membangkitkan minat pelanggan. Pemilik bisnis bisa mempersiapkan desain atau foto produk yang jelas dan sesuai. Kamu bisa menambahkan aksen atau properti khusus yang sesuai dengan tema produk sehingga produk yang ditampilkan menjadi lebih menarik.

Mencantumkan foto produk yang berkualitas mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis yang dijalankan karena memberikan kesan yang lebih profesional dan kredibel.

3. Siapkan Informasi Detail Produk

Selain daftar produk beserta visualnya,kamu juga perlu mempersiapkan informasi detail dari masing-masing produk. Informasi tersebut dapat berupa deskripsi singkat atau penjelasan yang lebih detail untuk membantu pelanggan memahami produk yang akan dibeli dari katalog.

Dari sekian banyak informasi tentang produk tersebut, pemilik bisnis bisa melakukan kurasi tentang informasi penting apa saja yang akan dicantumkan dalam katalog. Pastikan informasi tersebut memberikan kesan positif pada produk kamu dan membuat pelanggan terhindar dari kebingungan.

4. Gunakan Aplikasi Katalog Online

Setelah seluruh materi terkumpul dengan baik, pemilik bisnis bisa memanfaatkan aplikasi untuk membuat katalog yang diinginkan. Salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan adalah aplikasi mobile Instapay by iFortepay yang bisa didownload di App Store atau Play Store.

Instapay

Instapay by iFortepay adalah platform pembayaran online dan penyedia katalog online untuk bisnis baik untuk bisnis dengan transaksi lokal maupun pembayaran internasional yang didukung dengan pengalaman transaksi terpercaya.

Pemilik bisnis bisa membuat katalog langsung dari ponsel dan membagikannya ke pelanggan dalam bentuk link. e-Catalog ini sudah terhubung dengan berbagai metode pembayaran dan opsi jasa pengiriman untuk memberikan pengalaman belanja yang mudah dan ringkas.

Seluruh pesanan akan tercatat otomatis dan dapat dipantau dengan mudah dalam aplikasi Instapay by iFortepay kamu. Dapatkan notifikasi real-time setiap ada pesanan yang dibayar pelanggan. 

 

Artikel ini hasil kerja sama Biteship dan Instapay

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!