5 Cara Membuat QRIS dengan Mudah

5 Cara Membuat QRIS dengan Mudah

Pelaku usaha yang ingin bertahan di era kemajuan digital seperti sekarang ini, perlu mengetahui cara membuat QRIS. Sebab, sebagian orang lebih suka menyimpan uangnya melalui e-wallet atau dompet digital daripada membawa uang tunai saat berbelanja. Jadi, Anda perlu mengimbanginya dengan membuatkan kode QR scan. 

Membuatkan QRIS untuk pembayaran transaksi akan menjadi poin plus bagi pelaku usaha yang menerapkannya. Mengapa demikian? Karena tindakan tersebut akan memudahkan pelanggan saat membayar dan juga diri Anda sendiri, sebab tidak perlu repot-repot mencari uang kembalian. 

Pengertian QRIS

Sebelum masuk ke pembahasan cara, Anda perlu tahu apa itu QRIS. QRIS atau singkatannya Quick Response Indonesian Standard merupakan kode QR yang diatur oleh BI (Bank Indonesia) dan ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia) untuk pembayaran cashless

Sistem pembayaran QRIS yang dapat Anda baca sebagai kris, menyatukan berbagai macam kode QR dari PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) dengan kode QR. Kehadiran QRIS sangat membantu para pelanggan yang berbelanja dengan mengandalkan uang elektronik seperti DANA, OVO, GoPay, dll. 

Cara melakukan pembayaran transaksi dengan QRIS amatlah mudah. Anda tinggal melakukan pemindaian kode QR menggunakan aplikasi yang mendukung QRIS sebagai metode pembayarannya. Aplikasi yang mendukung QRIS umumnya e-wallet hingga mobile banking yang telah dilengkapi dengan fitur scan QR. 

Apalagi, saat ini pelanggan tidak hanya suka membayar tanpa uang tunai (cashless) pada saat belanja online saja. Melainkan juga saat membeli sesuatu di toko fisik. Jadi, Anda bisa mendaftarkan QRIS untuk usaha Anda, sehingga pembayaran transaksi jadi lebih mudah, praktis, dan efisien. 

Baca Juga: Sistem Pembayaran: Pengertian, Tujuan, hingga Prinsipnya

Langkah-Langkah Cara Membuat QRIS

Banyak pelaku usaha yang ingin meregistrasikan bisnisnya supaya dapat menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran dengan satu kode QR untuk semua pembayaran. Tahapan cara membuat QRIS sendiri bukanlah hal yang rumit dan sulit. Banyak panduan yang bisa Anda ikuti, salah satunya penjelasan berikut ini:

1. Melakukan Registrasi pada Website

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan QRIS, yaitu dengan mengunjungi situs website www.qris.id dan memahami terlebih dahulu semua informasi yang berkenaan dengan QRIS. 

Setelah Anda memahami informasi tentang QRIS, pada halaman awal akses menu untuk daftar QRIS atau di website www.qris.id/register, akan muncul halaman baru berupa form pendaftaran. Isi semua pertanyaan pada form pendaftaran dan pilih jenis usaha yang ingin Anda registrasikan. 

Jenis usaha tersebut meliputi perorangan, badan usaha, pendidikan, dan lain sebagainya. Pilih sesuai bidang usaha Anda sekarang. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan berbagai keperluan dokumen sesuai dengan pilihan jenis usaha yang telah terpilih. 

2. Pembayaran QRIS

Nah, apabila Anda sudah selesai mengisi semua jawaban di form pendaftaran, berikutnya Anda perlu melakukan pembayaran QRIS. Pembayaran ini bisa melalui dompet digital seperti ShopeePay, DANA, OVO, GoPay, LinkAja, dan lain sebagainya yang biasa Anda gunakan. 

Perlu Anda ketahui, jika sudah mengisi form pendaftaran, tetapi belum melakukan pembayaran QRIS, maka pendaftaran akan ditahan maksimal 14 hari sebelum data tereset. Jadi, setelah selesai mengisi form, Anda bisa segera melakukan pembayaran. 

3. Tunggu Notifikasi Registrasi

Langkah berikutnya yaitu menunggu notifikasi registrasi masuk melalui email dan WhatsApp yang terdaftar pada form pendaftaran. Anda akan memperoleh username dan kata sandi, apabila sudah selesai melakukan pembayaran QRIS. 

Apabila Anda sudah mendapatkan username dan kata sandi, maka bisa mencoba login pada halaman dashboard. Anda perlu melakukan login terlebih dahulu, agar bisa mengunggah kelengkapan dokumen fisik administrasi. 

4. Unggah File Dokumen

Nah, jika Anda sudah berhasil masuk ke halaman dashboard QRIS, cara membuat QRIS berikutnya adalah mengunggah file dokumen untuk melengkapi keperluan administrasi sebelum proses pengajuan. 

Pastikan bahwa Anda sudah mengisi dan mengunggah dokumen yang benar. Proses pengajuan untuk mendapatkan NMID akan terhitung ketika semua data telah lengkap. 

Namun, jika Anda mengalami kendala dalam mengunggah data, dalam waktu 1×24 jam, pemberitahuan perbaikan akan diinformasikan melalui email dan WhatsApp. 

5. Tunggu Notifikasi Hasil Kelengkapan Dokumen

Anda akan menerima notifikasi maksimal dalam rentang 7 hari kerja melalui email dan WhatsApp. Hasil kelengkapan dokumen akan menunjukkan apakah data sudah lengkap, benar, atau masih ada yang kurang Anda unggah. 

Jika masih ada data yang salah, Anda perlu melakukan revisi dan melengkapinya kembali. Nah, jika semua data Anda sudah benar dan lengkap, maka bisa langsung mencetak QRIS mandiri. Kemudian, Anda bisa memonitoring transaksi uang yang masuk di QRIS melalui dashboard QRIS. 

Itulah langkah-langkah cara untuk registrasi QRIS hingga proses pencetakannya. Ikuti step by step cara di atas untuk mendapatkan QRIS, agar bisa diaplikasikan pada usaha Anda. 

Baca Juga: Apa Itu E-wallet? Pengertian, Kelebihan & Kekurangan serta Contohnya

Manfaat Menggunakan QRIS

Tahukah Anda bahwa QRIS bermanfaat bagi kedua pihak, baik itu pihak merchant maupun pengguna aplikasi pembayaran? Bagi merchant yang menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran untuk semuanya, berarti melek akan perkembangan teknologi dengan mengikuti trend pembayaran secara non tunai. 

Pihak merchant juga tidak perlu memikirkan uang kembalian, sehingga transaksi dapat berjalan lebih cepat dan efisien. Karena pembayaran dilakukan secara non tunai, risiko uang tunai hilang, dicuri, atau mendapatkan pembayaran uang palsu akan menurun. 

Selain itu, semua transaksi pembayaran akan tercatat melalui riwayat transaksi, sehingga sebagai pihak merchant tidak perlu melakukan pencatatan lagi. Oleh karenanya, merchant-merchant yang ada, harapannya tahu cara membuat QRIS untuk memudahkan pembayaran transaksi pada era digital. 

Sedangkan untuk pihak pengguna aplikasi pembayaran yang lebih suka menyimpan uang dalam bentuk saldo digital daripada membawa uang tunai saat berbelanja, tentu ada manfaatnya. Beberapa manfaatnya, antara lain cepat, praktis, efektif, dan aman. 

Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan uang kembalian. Selain itu, Anda juga tidak perlu membawa uang tunai ke mana-mana dan mengandalkan scan kode QRIS menggunakan aplikasi pembayaran yang mendukung. 

Baca Juga: Apa Itu Sistem Transaksi? Ini Dia Pengertian, Jenis, dan Buktinya

Anda Tertarik Membuat QRIS?

Jadi, itulah pengertian, cara membuat QRIS, dan manfaat menggunakan QRIS yang dapat Anda pahami. Anda bisa mulai beralih menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran yang lebih efisien dan praktis, sekaligus mengikuti arus perkembangan teknologi yang semakin maju. 

Bagaimana panduan cara membuat QRIS untuk pemula? Simak langkah-langkahnya berikut ini!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!