10 Cara Sukses Memulai Bisnis di Usia Muda

10 Cara Sukses Memulai Bisnis di Usia Muda

Bidang bisnis memiliki cukup banyak peminat saat ini, tak terkecuali dari kalangan anak muda. Namun terkadang, melakukan bisnis tidak semudah yang dibayangkan, pasti ada risiko gagalnya. Untuk itulah, berikut 10 cara sukses memulai bisnis di usia muda yang bisa membantu Anda dalam meminimalisir kegagalan. 

Tips Memulai Bisnis

Adapun beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam memulai bisnis di usia muda yaitu: 

1. Menetapkan Tujuan

Tujuan adalah salah satu hal yang harus Anda tentukan sebelum memulai bisnis. Tanpa tujuan yang jelas, Anda tidak akan memiliki motivasi dalam menjalankan bisnis. 

Dalam hal ini, Anda bisa mulai dengan mencari tahu untuk apa membangun bisnis dan apa yang ingin dicapai. Melalui tujuan yang jelas, Anda tidak hanya akan termotivasi untuk mencapainya tetapi juga akan lebih terarah dalam menjalankan bisnis. 

2. Bangun Rasa Percaya Diri

Percaya kepada diri sendiri adalah kunci dari sebuah kesuksesan. Begitu juga dalam berbisnis, jika ingin sukses maka bangun rasa percaya diri yang kuat. 

Anda harus percaya bahwa Anda bisa dan mampu dalam memulai bisnis tersebut dengan baik dan lancar. Walaupun ada hambatan di depan, Anda harus yakin bisa mengatasinya. 

Selain itu, Anda juga harus percaya terhadap produk yang ditawarkan. Percaya bahwa produk tersebut berkualitas baik dan akan disukai oleh banyak orang. 

Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya harus percaya bahwa dalam proses membangun bisnis tersebut, Anda akan bisa meningkatkan penjualan setiap harinya. Rasa kepercayaan diri ini akan menjadi sebuah energi positif yang bisa membuat bisnis Anda sukses di masa depan. 

3. Membangun Keberanian Diri 

Tanpa keberanian, bisnis tidak akan berjalan. Bahkan banyak orang yang mengatakan bahwa salah satu modal bisnis adalah keberanian. Untuk itulah, Anda harus membangun keberanian terlebih dahulu untuk menjalankan bisnis.

Pengalaman memang penting untuk menjalankan bisnis jika ingin sukses. Namun tanpa keberanian untuk mengambil risiko, pengalaman bisnis tidak akan bisa didapatkan. 

4. Ambil Peluang Bisnis

Setelah Anda merasa siap untuk menjalankan bisnis, berikutnya adalah jeli dalam mengambil peluang bisnis. Karena ini adalah tahap awal berbisnis, maka sebaiknya Anda tidak mengambil peluang terlalu jauh. 

Cukup mulai dari yang paling dekat seperti melihat lingkungan sekitar. Coba perhatikan apa yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar Anda untuk kemudian bisa Anda jadikan sebagai bisnis yang menjanjikan. 

5. Mencari Partner Bisnis

Cara sukses memulai bisnis di usia muda selanjutnya yaitu dengan mencari partner bisnis. Ini penting karena dengan adanya partner Anda bisa bertukar ide tentang bagaimana menjalankan bisnis tersebut agar sukses di masa depan. 

Namun tentunya Anda harus mencari partner bisnis yang memiliki semangat dan visi yang sama. Alih-alih mencari partner teman dekat tetapi tidak memiliki visi yang sama dan malah akan menghambat bisnis Anda, lebih baik cari yang sevisi walaupun orang baru namun bisa membantu untuk mencapai kesuksesan.  

Dalam hal ini, Anda bisa membuka lowongan pekerjaan dengan beberapa kualifikasi untuk kemudian mendapatkan partner bisnis yang tepat. Anda juga bisa mengikuti beberapa seminar bisnis atau sejenisnya, yang mana biasanya Anda bisa menemukan rekan sevisi untuk menjalankan bisnis yang sama. 

6. Tetapkan Visi dan Misi

Dalam memulai bisnis, Anda juga perlu menetapkan visi dan misi yang jelas. Visi merupakan tujuan dalam jangka panjang. sementara itu, misi adalah cara untuk mencapainya. 

Dengan visi dan misi yang tepat, harapannya bisa membantu dalam menjaga konsistensi pebisnis selama menjalankan bisnisnya. Hal ini karena pastinya di setiap bisnis akan ada banyak godaan yang datang sehingga membuat motivasi akan turun.

Melalui visi dan misi yang jelas, setidaknya bisa mengurangi kemungkinan godaan yang menurunkan motivasi Anda. Hal ini karena Anda akan selalu mengingat tujuan ketika memulai bisnis tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa menempel visi dan misi dalam dinding toko agar bisa mengingatnya terus. 

Baca Juga: Tips Bisnis Laris untuk Para Pengusaha Muda

7. Tentukan Jenis Bisnis

Ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa Anda geluti. Untuk itu Anda perlu menentukannya sebelum memulai bisnis. Mulai dari bisnis makanan, online shop,  dan banyak lagi yang bisa Anda pilih.

Dalam memilih jenis bisnis ini, sebaiknya Anda sesuaikan dengan hobi. Hal ini karena dengan memilih bisnis yang sesuai hobi, Anda akan melakukannya dengan senang hati dan tidak malas-malasan. Misalnya jika Anda hobi memasak, maka Anda bisa memilih bisnis kuliner.

8. Membuat Perencanaan Bisnis

Perencanaan dalam bisnis itu penting untuk mengurangi risiko kegagalan di masa depan. Dalam membuat perencanaan bisnis, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, mulai dari tempat, modal, hingga target pasar. 

Ini penting karena bisa mempengaruhi keberlangsungan bisnis di masa depan. Bisnis yang dijalan tanpa perencanaan matang biasanya tidak akan berlangsung lama. Oleh karena itu, jika Anda ingin bisnis sukses, maka sebaiknya buat perencanaan bisnis yang matang. 

9. Memulai Bisnis

Setelah merasa cukup siap dan sudah membuat rencana bisnis yang akan dijalankan, bisa langsung memulai bisnis. Sebaiknya setelah menemukan bisnis yang tepat, Anda langsung eksekusi atau menjalankannya. 

Hal ini karena sebuah rencana tanpa penerapan hanya akan sia-sia. Menunggu terlalu lama hanya akan membuat Anda tidak akan memulai bisnis tersebut. Untuk itulah, jika ingin sukses dalam berbisnis sebaiknya langsung Anda terapkan. 

10. Konsisten dan Tidak Menyerah

Cara memulai bisnis di usia muda yang terakhir adalah dengan konsisten dan tidak menyerah dalam menjalankan bisnis tersebut. Gagal dalam berbisnis adalah hal yang biasa, namun menyerah tidak akan membuat Anda mencapai kesuksesan di masa depan. 

Untuk itulah, jika memang Anda gagal saat menjalankan bisnis tersebut, sebaiknya coba lagi dan lagi. Selain itu, melalui kegagalan tersebut, Anda juga bisa mengambil pelajaran untuk kemudian digunakan sebagai evaluasi demi memperbaiki bisnis sehingga bisa sukses di masa depan.

Sudah Tahu Cara Memulai Bisnis di Usia Muda?

Setelah mengetahui beberapa tips memulai bisnis tersebut, bisa langsung Anda terapkan sendiri. Berbisnis memang tidaklah mudah, pasti akan ada fase gagal. Namun jika Anda konsisten dan tidak menyerah, maka kesuksesan bisnis pasti bisa diraih.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!