Cara Menambah Catatan Toko Tokopedia, Lengkap dengan Contoh!

Cara Menambah Catatan Toko Tokopedia, Lengkap dengan Contoh!
Catatan Toko Tokopedia

Marketplace Tokopedia tentunya tidak ingin kalah saing dengan marketplace lainnya, oleh sebab itu mengeluarkan memberlakukan catatan toko Tokopedia. Apa kegunaan menyelipkan catatan toko di laman jualan Tokopedia? Ternyata catatan toko bisa membantu meningkatkan traffic penjualan.

 

Catatan toko yang ditampilkan pastinya harus terlihat menarik dan mudah dipahami audiens, sehingga hindari model catatan yang bertele-tele. Pada pembahasan kali ini, Anda akan mengetahui cara input catatan toko di aplikasi Tokopedia beserta contoh catatan yang menarik perhatian.

Cara Menambah Catatan Toko Tokopedia

Seller Tokopedia baru dan belum tahu cara menambah catatan toko? Tidak perlu khawatir karena bisa mengisinya melalui aplikasi ataupun website resmi. Catatan toko bisa menarik perhatian calon konsumen untuk lebih tahu banyak mengenai produk, kemudian berminat untuk membelinya.

1.     Menambah Catatan Toko Melalui Aplikasi

Bagi pengguna yang sudah menyimpan aplikasi Tokopedia di smartphone, bisa mengubah catatan toko melalui aplikasi secara langsung. Seller yang ingin menambahkan catatan toko di Tokopedia bisa menambahkannya dengan mengikuti arahan di bawah ini.

 

  • Tap menu “Akun” lalu pilih opsi “Pengaturan” yang terletak di bagian pojok kanan atas aplikasi Tokopedia.
  • Langkah berikutnya, seller bisa langsung tap “Toko” untuk menginput catatan.
  • Pilih menu “Catatan“, kemudian klik tanda “Tambah” yang terletak di bagian kanan atas.
  • Tap menu “Catatan Toko” untuk mengisi judul, konten catatan, dan pilih “Simpan“.

 

Setelah klik simpan, secara otomatis tulisan yang sudah dimasukkan akan tersimpan dalam kolom catatan toko. Pengguna bisa keluar aplikasi sebentar, kemudian mengeceknya kembali untuk memastikan bahwa catatan toko yang dimasukkan sudah sesuai.

2.     Mengunjungi Website Resmi Tokopedia

Cara mengedit catatan toko Tokopedia tidak harus menggunakan aplikasi, namun bisa mengakses website resmi Tokopedia. Biasanya website sering dimanfaatkan para pengguna yang memakai desktop atau tidak dapat menyimpan aplikasi Tokopedia di HP lantaran memori penuh.

 

  • Ketikkan “Tokopedia” pada laman search engine, kemudian temukan web Tokopedia resmi untuk mengedit catatan.
  • Arahkan kursor ke “Toko“, kemudian masuk opsi “Pengaturan Toko“.
  • Tambahkan “Catatan” dengan klik “Tambah Catatan“.
  • Isikan “Judul dan Konten Catatan” untuk menyimpannya dalam jangka waktu lama.

 

Selain memikirkan informasi menarik sebagai catatan toko, Anda juga bisa menyiapkan desain kreatif untuk membuat tampilan tidak monoton. Khususnya untuk jualan produk pakaian anak, desain dan tulisan dalam catatan bisa menarik perhatian setiap pengunjung toko online tersebut.

Beragam Contoh Catatan Toko

Catatan toko aplikasi Tokopedia tentunya tidak bisa diisi asal-asalan karena akan membuat konsumen bosan dan kurang tertarik untuk membeli produk. Berikut ini ada contoh catatan toko di marketplace Tokopedia dari brand besar yang bisa dijadikan referensi untuk membuatnya.

1.     Catatan Maybelline Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan brand kosmetik Maybelline? Dalam catatan tokonya, Maybelline mengungkapkan mengenai tipe produk, nama toko, deskripsi toko, dan sejarah singkatnya. Untuk menarik perhatian konsumen, Maybelline juga menjelaskan beberapa produknya yang viral.

 

Bagi Anda yang menjual berbagai produk kosmetik, mungkin catatan toko dari brand Maybelline bisa dijadikan referensi. Ada kalimat yang membuat banyak orang tertarik dengan produk Maybelline misalnya long lasting, sehingga pembeli tidak sabar ingin mencoba produk langsung.

2.     Catatan Johnson & Johnson

Catatan toko Tokopedia Johnson & Johnson diakui cukup menarik, sehingga membuat banyak produknya mampu bertahan di pasaran. Johnson menjelaskan sudah berdiri sejak tahun 1973 dan menjalankan 4 sektor bisnis meliputi consumer, medical, pharmaceutical, dan vision care.

 

Catatan toko Johnson & Johnson menonjolkan beberapa produknya yang booming dan diminati oleh banyak masyarakat. Catatan tokonya juga diperjelas dengan menampilkan produk unggul lengkap dengan deskripsi toko, sejarah, jam operasional, dan gambar produknya.

3.     Catatan Tone Official Shop

Perlu Anda ketahui, Tone Official merupakan akun resmi dari Tone yang ada di e-commerce. Dalam catatan tokonya, Tone mengklaim bahwa perusahaannya sudah berpengalaman menjual produk kecantikan dan kesehatan bersertifikat asli serta terjamin mutu kualitasnya.

 

Bagian bawahnya, Tone Official Shop mencantumkan mengenai informasi jam operasional mulai Senin sampai Sabtu. Seller juga memberitahukan konsumen untuk menyertakan video unboxing untuk mengklaim pesanan yang bermasalah. Cukup terbuka informasinya, bukan?

4.     Catatan Kue Meisha

Ingin menjalankan bisnis bidang F&B? Ternyata Anda juga bisa menggunakan Tokopedia sebagai platform promosi sekaligus jualan. Seperti yang diketahui, kategori barang Tokopedia tidak hanya sekedar pakaian dan makanan, namun bisa menawarkan layanan jasa bagi masyarakat.

 

Toko Kue Meisha ternyata sudah lama membuka toko di Tokopedia, kemudian mencantumkan catatan khusus bagi para konsumennya. Catatan tokonya cukup simpel, hanya menjelaskan tentang informasi kontak, batas maksimal order, dan jam operasional toko memberikan layanan.

5.     Catatan Bmodis Tas Sepatu Wanita

Bmodis Sepatu Tas Wanita Jakarta menjelaskan bahwa toko menjual berbagai barang fashion langsung dari China. Semua produk yang sudah disediakan dalam katalog tentunya ready di gudang Jakarta, sehingga para konsumen tidak perlu khawatir kehabisan varian.

 

Dalam catatan tokonya tersebut, Bmodis Sepatu Tas Wanita Jakarta juga menjelaskan tentang jenis produk yang tersedia, kondisinya, dan layanan pengantaran yang bisa digunakan. Para konsumen juga sudah mengetahui informasi lengkap mengenai sistem pembayaran produk.

6.     Catatan CPPETINDO

Mengembangkan bisnis makanan khusus untuk hewan peliharaan? Meskipun begitu, Anda harus tetap mencantumkan catatan toko semenarik mungkin. Tujuannya agar banyak pengguna Tokopedia yang tahu tentang produk jualan. Bagaimana model catatan toko CPPENTINDO?

 

CPPETINDO merupakan produsen dan distributor makanan hewan kesayangan. Selain memberi penjelasan mengenai perusahaannya, CPPETINDO juga menjelaskan mengenai layanan kirim dan info kurir yang bisa digunakan para konsumen. Jadinya, bisa lebih bermanfaat, bukan?

Apa Fungsi Catatan Toko?

Sama halnya saat Anda sedang melakukan belanja online, pastinya akan memperhatikan secara detail mengenai catatan yang dibuat oleh seller toko. Pembeli akan merasa tertarik untuk mengetahui info mengenai sejarah toko, produk yang tersedia, deskripsi produk, metode pengiriman, dan operasionalnya.

 

Deskripsi catatan toko online setidaknya bisa memberikan beragam informasi pada calon konsumen yang berniat membeli produk. Tidak sedikit pembeli yang merasa malas untuk checkout barang karena dirasa deskripsi produknya tidak lengkap, sehingga lebih memilih rekomendasi produk dari toko lain.

 

Catatan toko Tokopedia bisa membuat toko tampil profesional, desain lebih menarik, dan menjelaskan konsumen tentang kondisi tokonya. Bagi Anda seller Tokopedia yang ingin lebih mudah dalam mengatur masalah pergudangan dan pengiriman barang, bisa gunakan layanan terpercaya https://biteship.com/id.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!