Cara Menambah Plugin Pengiriman di Woocommerce

Cara Menambah Plugin Pengiriman di Woocommerce

WooCommerce merupakan website builder berbasis WordPress yang dikhususkan untuk website dengan fitur jual beli ata saat ini dikenal dengan sebutan website e-commerce, karena transaksi yang terjadi secara online. Dari transaksi yang terjadi di website, tentunya ada barang yang perlu dikirim untuk sampai ke tangan pembeli. Maka dari itu setiap website yang dibangun dari WooCommerce perlu sebuah plugin yang mampu menyediakan fitur pengiriman dari website. Plugin ini biasa disebut dengan plugin ongkir atau plugin pengiriman.

Plugin ongkir atau plugin pengiriman biasanya menyediakan berbagai macam layanan pengiriman seperti pengiriman regular oleh ekspedisi JNE, J&T, dan SiCepat, lalu pengiriman instan oleh Gojek, Grab dan Lalamove, lalu pengiriman kargo oleh SAP Ekspress, Deliveree, JNE Kargo dan lain-lain.

Di artikel ini kita akan memandu untuk cara menambah plugin pengiriman di website woocommerce yang dilengkapi berbagai pilihan ekspedisi.

Install Plugin Pengiriman di WordPress

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menginstall plugin pengiriman di WordPress:

  1. Langkah pertama adalah dengan masuk ke akun WooCommerce kamu dengan masuk ke halaman Log In WordPress.
  2. Setelah masuk, klik pilihan “Plugin” di menu samping
    cara menambah plugin pengiriman di woocommerce
  3. Lalu klik “Add New” di bagian atas
  4. Kemudian cari “Biteship” di kolom pencarian sebelah kanan
  5. Setelah tertampil hasil pencarian, klik “Install Now” untuk menginstall plugin
  6. Setelah proses install berhasil, klik activate untuk mengaktifasi plugin supaya bisa langsung digunakan.

Aktivasi Plugin Pengiriman Dengan Kunci API

Setelah proses instalasi berhasil, kini adalah bagian untuk melakukan aktivasi plugin supaya plugin dapat digunakan di website kamu saat ada user melakukan proses check-out.

  1. Masuk ke menu Plugin, lalu pilih “setting” di bagian plugin Biteship for WooCommerce
  2. Lalu isi semua form mengenai informasi toko online kamu. Seperti nama toko, nama pemilik toko, no hp, email dan alamat toko untuk menjadi default identitas pengiriman paket. Setelah semuanya selesai, klik “Save Adress” untuk menyimpan alamat toko.
  3. Lalu jika kamu telah selesai mengisi identitas tokomu, kamu akan menemukan kolom “Kunci API”. Kolom ini akan diisi oleh suatu kunci berupa tulisan panjang yang khusus digunakan untuk toko onlinemu. Klik “Dapatkan kunci API Biteship di sini” untuk mendapatkan kunci API.
  4. Maka kamu akan diarahkan ke website Biteship. Klik masuk jika kamu sudah memiliki akun di Biteship. Klik “Daftar” jika kamu belum memiliki akun.
  5. Masuk dengan alamat email dan password yang telah digunakan sebelumnya di halaman Log In Biteship.
  6. Setelah berhasil masuk, pilih menu “Integrasi” di bagian samping. Lalu klik “Aktifkan” pada menu di Plugin WooCommerce.
  7. Karena kamu telah menginstall plugin di awal, pada tahap ini klik “Saya Sudah Unduh“.
  8. Pada tahap ini kamu memilih paket mana yang ingin kamu aktifkan. Paket dengan harga lebih tinggi memilik fitur dan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan paket lainnya.
  9. Setelah memilih paket, kamu akan mendapatkan kunci API. Kamu hanya pelu melakukan copy-paste kunci API ini. Klik “Salin Kunci API”.
  10. Setelah itu kembali ke tab WordPress kamu, lalu kunci API tersebut di-paste di kolom “Kunci API” yang sebelumnya masih belum terisi. Setelah paste, jangan lupa untuk klik tombol “Aktivasi”.
  11. Setelah itu, indikator plugin mu telah aktif adalah dengan munculnya keterangan paket yang telah kamu subscribe di bagian bawah kolom kunci API. Dari sini kamu juga bisa mengaktifkan ekspedisi apa saja yang ingin kamu gunakan. Contoh jika kamu hanya ingin mengaktifkan JNE dan TIKI, itu diperbolehkan.
  12. Setelah itu, scroll ke atas untuk mengizinkan plugin ini bekerja dengan klik centang pada menu “Enable”.
  13. Terakhir untuk mengakhiri langkah aktivasi plugin pengiriman WooCommerce, klik “Save Changes” pada bagian bawah kiri
  14. Lalu untuk melihat apakah plugin sudah dapat digunakan atau belum, cobalah untuk melakukan check-out pada website milikmu. Contoh, ini adalah website dummy yang tim Biteship gunakan untuk melakukan testing plugin. Saat proses check-out, sudah ada pilihan ekspedisi yang diaktifkan oleh kamu di langkah-langkah sebelumnya.
  15. Untuk melakukan print resi, kamu dapat kembali ke website Biteship, kemudian lakukan Log In. Dan ketika ada order yang masuk melalui website, akan otomatis terekam pada Dashboard Pengiriman Biteship.
  16. Selamat, toko onlinemu sudah bisa mengirim produk langsung dari website! cara menambah plugin pengiriman di website woocommerce telah selesai.

Fitur Apa Saja Yang Disediakan Oleh Plugin Pengiriman Ini?

Berikut ini adalah beberapa fitur yang ditawarkan oleh plugin pengiriman Biteship:

Cek Ongkir

Plugin pengiriman ini mampu menunjukan estimasi ongkos kirim untuk customer dengan berbagai pilihan ekspedisi. Selain menampilkan harga ongkos kirim, plugin ini pun mampu melakukan pengiriman langsung dari website. Sehingga setiap order yang masuk tidak perlu lagi diinput secara manual. Data order akan terekam langsung di dashboard platform Biteship.

Custom Rate (Bebas Atur Ongkir: Naik atau Turun Harga)

Fitur custom rate adalah fitur yang disukai oleh para pemilik bisnis, karena harga ongkos kirim bisa diatur sedemikian rupa. Jika ada promo ongkir yang dilakukan misalkan pada tanggal kembar, fitur ini dapat membantu menurunkan harga ongkir untuk menarik perhatian pembeli. Karena kami paham bahwa admin di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia sangat menggerus profit dari bisnis yang kamu miliki.

Kurir Instan

Kurir instan sangat disukai oleh pemilik bisnis karena banyak dari mereka yang berbisnis fashion atau F&B, yang memiliki tipe customer yang seringkali membeli barang-barang tersebut secara mendadak. Contoh jika ada acara spesial namun ternyata lupa membawa baju dresscode, banyak customer yang suka membeli secara mendadak dengan membelinya di website.

Membuat Halaman Tracking (Cek Resi) di Website Pribadi

Halaman cek resi di website pribadi menjadi daya tarik yang kuat juga untuk customer. Dengan adanya fitur ini, customer jadi lebih lama berada di website kamu. Sehingga brand kamu akan terus diingat dan customer kemungkinan besar akan menjadi lebih loyal karena banyak hal yang ditawarkan oleh website jualan kamu.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!