SPX Resi: Cara Mengecek dan Menghubungi Kurir

SPX Resi: Cara Mengecek dan Menghubungi Kurir
SPX resi

Sekarang ini kegiatan dalam membeli barang dari rumah atau online, sudah menjadi aktivitas yang biasa dijumpai. Salah satu e-commerce yang banyak orang kunjungi yaitu Shopee dengan jasa ekspedisinya bernama Shopee Express atau SPX. Nah, berikut ini akan membahas mengenai cara cek SPX resi dan lainnya. 

Nantinya penjelasan di bawah ini dapat membantu Anda dan membuat nyaman serta aman ketika menggunakan jasa ekspedisi Shopee Express. Maka dari itu, simak dan pahami mengenai cara melacak atau mengecek resi Shopee Express, menghubungi kurirnya, dan yang membuat resi tidak bisa dilacak.

Cara Mengecek SPX Resi

Dalam mengecek resi SPX, Anda dapat melakukannya dengan dua cara, yaitu melalui website dan aplikasi. Agar Anda lebih paham, simak langkah-langkah di bawah ini.

1. Cek Resi Melalui Website

Langkah-langkah mengecek resi, yaitu:

  • Buka browser dan masuk ke website Shopee Express atau https://spx.co.id/.
  • Kemudian ketikkan atau paste nomor resi Anda pada kolom “Nomor Resi”.
  • Setelah itu klik “Lacak”.
  • Jika sudah, tunggu sebentar dan akan tampil status pengiriman paket Anda.

2. Cek Resi Melalui Aplikasi

Langkah-langkah mengecek resi, yaitu:

  • Buka aplikasi Shopee di smartphone Anda.
  • Klik “Pesanan”.
  • Jika terdapat beberapa pesanan, pilih salah satu yang ingin Anda lacak. 
  • Kemudian klik “Lacak”.
  • Nantinya aplikasi akan memperlihatkan status pengiriman paket Anda.

Adapun beberapa informasi atau keterangan yang akan tampil ketika cek resi SPX, antara lain:

  • Nomor resi.
  • Status pengiriman: Menunggu Dikemas, Dalam Proses Pengiriman, Diterima Kurir, Dalam Perjalanan, dan Telah Sampai.
  • Tanggal pengiriman.
  • Nama pengirim 
  • Nama penerima.
  • Alamat pengiriman.

Baca Juga: 3 Cara Cek Resi Tokopedia dengan Akurat

Lalu, Kenapa Resi Shopee Express Tidak Bisa Dilacak?

Ketika Anda mengecek resi Shopee Express, namun tidak bisa, perlu dipahami beberapa penyebabnya, yaitu sebagai berikut.

  • Sedang dalam proses verifikasi. Ketika Anda mengirimkan paket melalui kantor Shopee Express, maka perlu verifikasi paket sebelum diantar ke tujuan. Sehingga tidak bisa terlacak, karena belum masuk proses pengiriman. 
  • Nomor resi belum diproses. Ketika Anda mendapatkan resi, bisa saja diberikan untuk bukti pengiriman. Namun, resi tersebut belum diproses, sehingga tidak bisa dilacak oleh pihak pengirim nantinya.
  • Salah memasukkan nomor resi. Seperti yang Anda ketahui bahwa resi memiliki beberapa kombinasi huruf dan angka, terutama pada resi dari e-commerce. Sehingga ketika ada salah satu angka atau huruf yang salah atau kurang, maka tidak bisa terlacak.
  • Sistem Tracking SPX masih manual. Jadi, kendala ketika tidak bisa melacak SPX resi paket Anda bisa disebabkan sistem yang masih manual atau belum real time. Biasanya yang mengalami hal tersebut, dari pihak agen dengan koneksi internet yang buruk. 
  • Server SPX bermasalah. Jika Anda memiliki resi yang benar dan sudah sesuai menulisnya, namun tetap tidak terlacak. Bisa jadi server SPX mengalami masalah yang bisa disebabkan dari koneksi internet buruk, maintenance, atau traffic server padat. 
  • Resi yang palsu. Anda perlu berhati-hati ketika tidak bisa mengecek resi karena palsu. Tindakan tersebut dilakukan oleh pihak pengirim karena ingin menipu demi keuntungan pribadi. 

Baca Juga: 5 Panduan Cek Resi Lazada Terlengkap

Cara Menghubungi Kurir Shopee Express

Penjelasan berikutnya mengenai cara untuk menghubungi kurir Shopee Express ketika terjadi kendala dalam proses pengiriman. Nantinya Anda tidak perlu panik, karena terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghubunginya, yaitu sebagai berikut.

1. Melalui Call Center Shopee Express

Cara yang pertama, Anda bisa menghubungi melalui Call Center Shopee Express, karena dapat terhubung langsung dengan bagian ekspedisi yang memproses pengiriman paket. Kemudian, untuk nomor Call Center Shopee Express yang bisa dihubungi yaitu (021) 1500 702. 

Saat menghubungi Call Center, Anda dapat menyampaikan kendala yang terjadi dalam pengiriman saat menggunakan kurir Shopee. Selain itu, Anda bisa menanyakan resi paket jika memang belum mendapatkannya. 

Ketika sudah mendapatkan resi paket, Anda bisa tanyakan juga nomor yang bisa digunakan untuk menghubungi kurirnya. Biasanya, kurir sudah mendapatkan bagian sendiri, sesuai dengan resi paket yang diberikan. 

Akan tetapi, tidak semua data kurir bisa Anda dapatkan seperti nomor telepon pribadinya, jika perusahaan ekspedisi merahasiakannya. Maka dari itu, ketika terjadi kendala, Anda cukup menghubungi Call Center saja.

2. Mengirim Email ke Customer Service

Cara lainnya menghubungi kurir untuk mendapatkan SPX resi atau ketika terjadi kendala pengiriman bisa melalui email Customer Service Shopee Express. Sehingga, Anda tidak hanya menghubungi Call Center secara langsung, tapi juga mengirim pesan melalui email

Kemudian dalam mengirim email ke Customer Service Shopee Express, ada beberapa hal yang perlu dicantumkan seperti nama pengguna, kendala, nomor resi jika sudah ada, dan nomor telepon Anda. Kemudian Anda bisa menuliskan apa saja keluhan yang dialami saat pengiriman paket  

Lalu untuk alamat email Customer Service yaitu [email protected]. Dari menghubungi Customer Service tersebut, Anda juga bisa meminta nomor telepon kurir yang bersangkutan agar bisa berkomunikasi. 

3. Menanyakan Langsung ke Kurir

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan SPX resi atau menyampaikan kendala pengiriman, bisa langsung tanya ke kurir. Tidak jarang, kurir yang sering mengirim atau membawa paket, nomor teleponnya akan tersimpan di perangkat Anda. 

Biasanya, kurir yang akan mengirimkan paket akan menghubungi pihak penerima untuk menanyakan alamat dan memastikan penerimanya. Sehingga, secara otomatis nomor telepon kurir tersebut akan ada di perangkat Anda.

Saat menghubungi pihak kurir, Anda siapkan dahulu nomor resi paket agar mudah memperoleh data paket. Kemudian sampaikan juga jenis layanan pengirimannya seperti instan, same day, atau reguler untuk mempermudah penanganannya.

4. Datang Langsung ke Kantor Shopee Express

Cara terakhir untuk mendapatkan SPX resi atau menyampaikan kendala pengiriman bisa datang langsung ke kantor Shopee Express terdekat. Nantinya, dengan cara tersebut, proses pengiriman yang terkendala dapat ditangani dengan cepat dan mudah karena langsung bertemu pihak ekspedisi. 

Sudah Tahu Cara Cek SPX Resi?

Itulah beberapa penjelasan yang bisa Anda pahami dari cara mengecek atau melacak resi hingga cara menghubungi kurir ketika terjadi kendala pengiriman. Tentunya tidak jarang masalah yang menyangkut pengiriman paket, bisa berupa tindakan kejahatan, sehingga Anda perlu waspada dan teliti.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!