Cara Menjadi Lazada Affiliate, Syarat, dan Tips

Cara Menjadi Lazada Affiliate, Syarat, dan Tips

Lazada menjadi salah satu e-commerce yang terpercaya. Aplikasi belanja online ini memiliki berbagai cara untuk menarik penggunanya, termasuk melalui program Lazada Affiliate. Program tersebut menjanjikan keuntungan yang bisa didapatkan tanpa modal sedikitpun.

Anda hanya perlu memiliki akun Lazada yang aktif dan melakukan pendaftaran. Syarat yang diajukan juga tidak terlalu sulit. Intinya, Anda siap bertanggung jawab terhadap isi surat perjanjian yang telah dibuat. Tertarik menjadi salah satu pelaku program ini? Simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian Lazada Affiliate

Sistem belanja online semakin banyak digemari oleh berbagai kalangan. Tidak hanya proses membeli, orang-orang juga mulai tertarik untuk memulai usaha online. Caranya yang mudah dan praktis, membuat sistem belanja online menjadi primadona berbagai kalangan.

Menariknya, belanja online memiliki berbagai sistem lain yang bisa dijalankan. Anda tidak hanya bisa memasok barang dan menawarkannya pada calon pembeli. Namun, Anda juga bisa bekerja sebagai dropshipper yang menghubungkan penjual dan pembeli.  

Hampir sama dengan sistem dropship, Lazada juga memiliki satu program yang cukup menarik perhatian, yakni Lazada Affiliate. Pelaku program ini hanya bertugas mempromosikan produk Lazada dengan berbagai sosial media yang dimilikinya.

Setiap penjual produk, affiliator, sebutan untuk pelaku program affiliate ini akan mendapatkan komisi. Bahkan, besaran komisi yang dijanjikan bisa mencapai 7% dari nominal setiap pesanan barang yang berhasil dibeli dari promosi tersebut.

Bisa dikatakan, keuntungan dari program ini sangatlah menarik. Dimana, para affiliator bisa menghasilkan uang tambahan dari proses promosi barang yang ada di Lazada. Cara ini sangat cocok bagi kalangan yang senang bermain sosial media dan membutuhkan uang tambahan.

Baca Juga: Tiktok Shop Affiliate: Definisi dan Tata Cara Daftarnya

Syarat Menjadi Affiliator Lazada

Layanan Lazada Credit adalah sistem pembayaran secara non-tunai untuk mendapatkan barang yang diinginkan secara cepat dan praktis. Untuk mendapatkan keuntungan dari layanan ini, pengguna Lazada harus memenuhi berbagai persyaratan.

Sama seperti layanan tersebut, program affiliate dari Lazada juga memiliki persyaratan tersendiri yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut tidak lepas dari dokumen data diri dan surat perjanjian kerjasama. Untuk informasi lengkap tentang syarat yang diperlukan, simak informasinya berikut ini:

1.     Melengkapi Dokumen

Sebelum resmi menjadi affiliator di Lazada, Anda harus menyiapkan berbagai dokumen. Syarat utama ini digunakan sebagai proses konfirmasi identitas. Cara ini dilakukan untuk menghindari penipuan yang hingga saat ini terus marak dengan berbagai modus baru.

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan juga tidak banyak dan tidak merepotkan. Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk dokumen-dokumen tersebut di antaranya:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dalam bentuk foto atau scan.
  • Nomor ponsel yang aktif digunakan.
  • Alamat surel untuk mengirim berbagai kepentingan selama bekerjasama dengan Lazada.
  • Nomor rekening bank untuk mentransfer keperluan bagi hasil dari keuntungan sebagai affiliator.

2.     Mengisi Formulir

Selain mempersiapkan dokumen, syarat Lazada Affiliate yakni mengisi formulir yang diajukan. Semua dokumen yang telah disiapkan sebelumnya akan digunakan untuk mengisi bagian formulir ini. Adapun sumber untuk mendapatkan formulir yakni di bagian website resmi Lazada.

Jika sudah mendapatkan formulir, Anda harus mengisinya dengan teliti. Beberapa informasi yang diminta untuk dilengkapi sebagai berikut:

  • Informasi pribadi, berupa nama lengkap dan alamat sesuai KTP, nomor ponsel yang aktif digunakan, hingga foto KTP yang jelas dan bisa dibaca.
  • Informasi akun sosial media untuk melakukan promosi, bisa berupa akun Youtube, Instagram, Blog atau website, hingga TikTok. Calon affiliator juga bisa menggunakan berbagai jenis akun untuk mendaftar. Jadi, tingkat diterima sebagai affiliator Lazada semakin tinggi.
  • Informasi bank, mulai dari nama bank, nama pemilik rekening, hingga foto buku tabungan dengan nama pemilik rekening tabungan tersebut.

3.     Menyetujui Perjanjian

Tidak hanya sampai mengisi formulir pendaftaran, calon affiliator juga harus menyetujui surat perjanjian yang telah disusun tim Lazada. Maka dari itu, baca berbagai poin-poin yang dicantumkan dalam surat tersebut secara teliti.

Perjanjian ini akan berisi tanggung jawab terhadap konten yang dibuat di sosial media berhubungan dengan promosi produk Lazada. Konten-konten tersebut diharapkan tidak melanggar hukum dan moral yang berlaku di masyarakat Indonesia.

Selain itu, calon affiliator juga diharapkan bisa menyetujui pembayaran pajak. Dimana, komisi dari pemesanan barang yang diterima affiliator adalah jumlah bersih dari pemotongan pajak yang telah dilakukan.

Baca Juga: Mengenal Shopee Affiliate, Prosedur Kerja, dan Keuntungannya

Cara Melakukan Pendaftaran

Apabila sudah memahami apa saja syarat yang harus dipenuhi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran sebagai peserta program Lazada ini. Adapun cara yang harus dilakukan adalah:

  • Buka aplikasi Lazada dan login. Apabila belum memiliki aplikasinya, buat akun baru dengan klik ‘Sign Up’.
  • Buka halaman resmiLazada Affiliate’ di mesin pencarian.
  • Lakukan registrasi dengan memasukkan email serta kode verifikasi. Kemudian, klik lanjutkan.
  • Isi formulir dengan membagi informasi data diri, serta deskripsi akun untuk promosi produk.
  • Baca persyaratan dan perjanjian kerjasama dengan Lazada pada bagian ‘Syarat dan Ketentuan’.
  • Klik menu ‘Submit Now’ setelah semua persyaratan lengkap dan formulir selesai diisi.
  • Jangan lupa isi bagian informasi bank dengan nomor rekening dan sebagainya.
  • Proses pendaftaran selesai dan pemilik akun bisa mengunjungi dashboard akunnya untuk mendapat informasi seputar tambahan produk dan jumlah penghasilannya.

Baca Juga: Tokopedia Affiliate: Cara Daftar, Komisi, dan Keuntungannya

Tips Menjadi Affiliator

Meskipun menjalani pekerjaan sebagai affiliator di Lazada terdengar mudah untuk mendapatkan uang tambahan, tetapi Anda harus pandai menyusun konten. Jangan sampai konten yang dibuat tidak menarik dan terkesan membosankan.

Jika sudah begitu, Anda akan sulit mendapatkan pembeli. Buatlah konten yang seru dan menarik. Anda juga bisa berinteraksi dengan pengikut untuk mengetahui pendapat dan keinginan para calon konsumen. Kemudian, buatlah konten yang sesuai keinginan tersebut.

Semakin menarik konten yang dibuat, semakin banyak orang yang tertarik dengan produk yang dijual. Tidak menutup kemungkinan, jika promosi Anda berhasil dan menaikkan grafik penghasilan. Maka dari itu, Anda harus menguasai berbagai keterampilan untuk membuat konten.

Editing foto dan video, serta keterampilan copywriting adalah beberapa hal yang harus dikuasai. Jadi, calon pembeli bisa terhibur dan mengerti dengan konten yang Anda sajikan. Dengan begitu, calon pembeli akan mencoba produk yang sedang ditawarkan.

Menjalani usaha sampingan sebagai bagian dari Lazada Affiliate sangatlah mudah. Bahkan, menjadi mitra afiliasi Lazada ini tidak membutuhkan modal besar. Hanya perlu dokumen pendukung, formulir, dan jaringan internet, Anda sudah bisa menjadi affiliator di Lazada. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!