9 Cara Menonaktifkan WA Sementara, Pemula pun Pasti Bisa!

9 Cara Menonaktifkan WA Sementara, Pemula pun Pasti Bisa!
cara menonaktifkan wa sementara

Anda pasti sudah tahu kalau WhatsApp (biasa disebut WA) jadi salah satu platform komunikasi paling populer di dunia karena membuat Anda bisa berkomunikasi dengan mudah. Tapi, ada kalanya mungkin Anda juga perlu melakukan cara menonaktifkan WA sementara karena ingin istirahat atau fokus pada hal-hal lain.

Memangnya WA Bisa Dinonaktifkan Sementara?

Seperti aplikasi lainnya, sebenarnya WA bisa Anda nonaktifkan sementara walaupun bisa berjalan di latar belakang sistem perangkat. Anda harus paham bahwa menonaktifkan tidak sama dengan menghapus akun WA, jadi konsepnya hanya menghentikan aplikasi berjalan untuk sementara.

Sehingga, yang akan terhenti adalah jalur komunikasi pada aplikasi tersebut, yang mana membuat notifikasi dan chat tidak akan muncul hingga kembali Anda aktifkan. Tapi ingat, menonaktifkan WA tak hanya bersifat dari luar ke dalam melainkan juga sebaliknya. Hal ini berarti Anda juga tidak bisa berkomunikasi ke luar.

Apakah Menonaktifkan WA Sementara akan Menghapus Chat?

Untuk beberapa cara sebenarnya chat Anda akan masih tetap aman, walaupun untuk beberapa yang lain mungkin tidak. Secara konsep Anda hanya mematikan aplikasi ini sementara bukan menghapus akun, jadi seharusnya masih aman. 

Tapi, jika Anda ragu, sebaiknya cadangkan riwayat chat sebelum menjalankan cara menonaktifkan WA sementara. Anda bisa memilih directory pribadi, internal ponsel, maupun cloud (sambung ke email yang Anda pilih). Solusi ini lebih bijak daripada harus kehilangan data jika terjadi kesalahan.

Tetapi perlu Anda ingat, untuk beberapa cara Anda mungkin bisa kehilangan beberapa data. Karena chat yang tersimpan hanyalah chat yang Anda simpan pada saat itu, jadi jika ada data atau chat baru setelahnya tidak akan bisa ikut terpulihkan. Untuk waktu dan kondisi tertentu, chat setelahnya juga akan pulih seluruhnya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Bot WA, Cara Kerja, dan Tips Membuatnya

Bagaimana Cara Menonaktifkan WA Sementara?

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menonaktifkan WA, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mematikan Data Internet atau Ponsel

Cara pertama ini akan cocok buat Anda yang tak mau ribet, karena Anda hanya perlu mematikan atau memutus internet pada ponsel atau mematikan daya perangkat terhubung. Karena WA berbasis dan bergantung dengan koneksi internet, jika device mati atau jaringan terputus.

2. Nonaktifkan Fitur Penggunaan Latar Belakang

Setiap ponsel pintar tentunya punya fitur penggunaan latar belakang yang memungkinkan aplikasi tetap berjalan walaupun tidak sedang Anda gunakan. Untuk menonaktifkan fitur tersebut, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mulai dengan mencari menu “Manajemen Aplikasi” di dalam “Setelan”.
  2. Buka dan cari aplikasi WA, lalu cari opsi yang mengandung kata “Penggunaan Baterai” atau sejenisnya (tiap ponsel bisa berbeda letak dan bahasanya).
  3. Lalu, nonaktifkan perizinan aktivitas latar belakang dan aplikasi hanya berjalan ketika Anda buka atau gunakan saja.

3. Paksa Berhenti WA Melalui Pengaturan

Cara menonaktifkan WA sementara berikutnya adalah dengan memaksa aplikasi berhenti dengan mengaktifkan perintah “Force Stop” atau “Paksa Berhenti”. Menu ini juga berada pada setelah “Manajemen Aplikasi”. Setelah Anda buka pengaturan WA di menu tersebut, akan ada menu paksa berhenti di bagian bawah.

4. Nonaktifkan Data Seluler atau WiFi

Langkah berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan melepaskan sambungan internet Anda dengan menonaktifkan data seluler atau WiFi. Caranya tinggal scroll layar dari atas ke bawah untuk mengaktifkan bar menu dan klik tombol yang berlambang data seluler atau WiFi Anda.

5. Aktifkan Mode Pesawat

Cara menonaktifkan WA sementara berikutnya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat, yang mana secara otomatis memutus ke sambungan internet. Sayangnya, cara ini dan cara sebelumnya membuat Anda tidak akan bisa menggunakan ponsel untuk menjalankan aplikasi lainnya.

6. Matikan Ponsel Anda

Jika sebelumnya Anda tidak bisa menjalankan aplikasi online, cara satu ini bakal membuat Anda tak bisa menggunakan ponsel sama sekali. Tapi, menonaktifkan ponsel cukup efektif saat Anda terlalu jenuh dengan segala hal terkait ponsel pintar Anda. 

Nantinya, WA akan menampilkan data dan pesan tertahan ketika ponsel sudah menyala dan tersambung dengan aplikasi. Jadi, beberapa cara ini masih cukup aman dan tidak menghilangkan data dan riwayat chat WA Anda.

7. Logout Akun WA di PC

Cara menonaktifkan WA sementara berikutnya adalah dengan mengeluarkan akun WA dari aplikasi WA komputer Anda. Pasalnya, WA for PC memiliki mekanisme yang sedikit berbeda dengan WA untuk ponsel, sehingga Anda perlu logout akun dengan cara berikut:

  1. Klik icon titik tiga di bagian kanan atas, lalu cari menu “Logout” pada bagian paling bawah.
  2. Setelah menekan tombol tersebut, Anda hanya perlu konfirmasi untuk mengeluarkan akun dari aplikasi.
  3. Biasanya akan ada konfirmasi terakhir untuk menonaktifkan WA sementara, setelah aktif WA akan kembali seperti sebelumnya.

8. Uninstall Aplikasi

Walaupun cara ini cukup ampuh untuk Anda yang ingin terbebas dari aplikasi ini untuk sementara, tapi ada risiko kehilangan data chat sebelum hingga selama penonaktifan. Ada kemungkinan backup yang gagal atau corrupted membuat semua data hilang saat Anda kembali menginstal aplikasi.

Apalagi data setelah uninstall aplikasi tidak akan masuk ke WA yang Anda kelola kembali. Sehingga ada baiknya Anda mempertimbangankan segala kemungkinan dan persiapkan dengan matang sebelumnya.

9. Menonaktifkan Komunikasi WA dengan Orang Lain

Terkadang sumber masalah bukan pada aplikasi atau rutinitas, tapi ada satu dua hal ataupun masalah dengan beberapa individu. Jika Anda mengalami hal ini, sebenarnya Anda tak harus mencoba beberapa cara menonaktifkan WA sementara ini, karena ada fitur blokir kontak. Berikut ini caranya:

  1. Buka kontak dari WA Anda, lalu cari kontak orang yang ingin Anda blokir.
  2. Setelah menekan nomor orang tersebut, klik icon titik tiga dan cari fitur blokir. 
  3. Tunggu beberapa saat dan komunikasi Anda dengan individu tersebut akan terhalangi dari kedua sisi.
  4. Anda juga bisa memanfaatkan menu “Privasi’ pada pengaturan WA.
  5. Dari halaman utama, Anda bisa buka icon titik tiga atau pengaturan, lalu cari opsi “Setelan” dan cari “Privasi”.
  6. Scroll untuk menemukan icon bergambar gembok, lalu amati kontak yang sudah Anda blokir. 
  7. Anda juga bisa menambahkan orang lain dengan mengaktifkan validasi blokir pada nomor terkait.

Baca Juga: 6 Opsi Membuat Link WA dengan Mudah dan Simpel

Sudah Tahu Cara Menonaktifkan WA Sementara?

Dari penjelasan di atas, ternyata ada banyak cara menonaktifkan WA sementara yang bisa Anda coba, mulai dari menghentikan paksa aplikasi, mematikan internet atau ponsel, hingga menginstal aplikasi WA. Tapi, jika Anda jenuh karena beberapa individu, memblokir kontak individu tersebut bisa jadi pilihan paling bijak!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!