7 Contoh Bot dalam Chat, Lengkap dengan Fungsi Kerjanya

7 Contoh Bot dalam Chat, Lengkap dengan Fungsi Kerjanya
contoh bot

Bot, atau robot software, sudah jadi bagian integral dari kehidupan digital kita sehari-hari. Mulai dari media sosial hingga layanan chat pelanggan, ada banyak contoh bot yang dikembangkan untuk memberi pengalaman paling efisien dan responsif.

Penasaran apa saja aplikasi yang menggunakan bot dalam ekosistem penggunaannya dan bagaimana cara kerjanya? Baca artikel ini sampai selesai, ya! 

Apa Itu Bot dalam Chat?

Sebelum mempelajari contoh bot lebih jauh, ada baiknya Anda mempelajari konsep dasarnya terlebih dahulu. 

Bot merupakan sistem komputer yang dapat membantu suatu server aplikasi bisa berkomunikasi dengan audiens secara otomatis. Terutama dalam hal menjawab pertanyaan monoton, seperti info produk, stok barang, varian dan lain-lain.

Program komputer tersebut akan menjawab pertanyaan audiens sesuai perintah yang sudah sistem sesuaikan sebelumnya. Teknologi ini dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan, karena pelanggan tak harus menunggu jawaban terlalu lama. Sehingga, secara otomatis dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Cara Kerja Bot dalam Chat

Berbagai contoh bot dalam chat memiliki skema kerja yang mirip, yakni Anda terlebih dahulu mengatur template pertanyaan dan jawaban yang akan bot jalankan. Mudahnya Anda bisa simak penjelasan cara kerja bot di bawah ini.

1. Penerimaan Pesan

Bot akan menerima pesan dari pengguna melalui platform chat atau aplikasi pesan instan. Lalu, bot akan memberikan jawaban sesuai dengan tempat yang sudah Anda tanam sebelumnya. Versi paling simpel adalah audiens akan memasukkan angka atau keyword untuk mewakili pertanyaannya.

2. Pemrosesan Pesan

Beberapa contoh bot menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP), untuk memahami pesan yang diterima dari pengguna. Mudahnya, jika Anda menggunakan konsep angka, maka tiap angka yang audiens masukkan mewakili pertanyaan. Respon akan terproses sesuai pertanyaan yang audiens berikan.

3. Penentuan Response

Berdasarkan pemahaman terhadap pesan yang audiens berikan, bot akan menentukan respons yang tepat untuk dikirimkan kembali kepada audiens. Sehingga, informasi akan lebih cepat sampai daripada admin harus balas chat audiens satu per satu.

4. Pengiriman Response

Proses terakhir adalah bot akan mengirimkan respons yang tepat melalui platform chat atau aplikasi pesan instan yang sama. Karena sudah Anda atur sebelumnya, sistem akan menjalankan proses berulang ini secara otomatis.

Baca Juga: 6 Opsi Membuat Link WA dengan Mudah dan Simpel

Apakah Menggunakan Bot dalam Chat itu Aman?

Secara teori, beberapa contoh bot dalam chat sudah membuktikan tingkat keamanannya serta memberikan dampak yang cukup berpengaruh dalam bisnis. Sayangnya, hal ini juga tergantung penyedia layanan yang Anda pilih, karena tak semua penyedia layanan amanah dan dapat Anda percaya.

Semakin besar sebuah layanan, maka semakin besar pula risiko yang Anda tanggung. Karena dari kesempatan tersebut, pastinya banyak oknum nakal yang mencari celah untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan sumber bot dan siapa penyedia layanannya.

Contoh Bot 

Untuk membantu pemanfaatan teknologi ini agar lebih baik, ada beberapa contoh bot yang sudah banyak membantu bisnis dan berbagai bidang lainnya. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Google Assistant 

Contoh pertama adalah Google Assistant yang merupakan chat bot yang Google rancang untuk membantu pengguna dalam menjalankan berbagai kegiatan sehari-hari. Berbagai kegiatan bisa Anda lakukan seperti tanya jawab, mencari informasi, atau menjalankan sistem terhubung. 

Google Assistant menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan machine learning untuk memahami bahasa manusia dan merespons dengan cara yang mirip dengan manusia. 

2. Siri dari Apple

Siri adalah chatbot yang Apple rancang untuk memahami apa yang Anda katakan, berbagai pertanyaan dapat Anda ajukan dan mendapatkan jawaban paling relevan. Dengan sistem ini, Anda juga bisa melakukan beberapa hal dengan lebih mudah. 

3. Chatbot Bawaan WA Business

Bagi Anda yang menggunakan WA Bisnis, tentunya sudah tak asing dengan fitur bot WA, yang mana bisa bantu Anda membuat pesan otomatis saat ada yang mengirim pesan. Umumnya, chatbot ini berguna untuk mengisi kekosongan agar audiens tidak menunggu jawaban saat Anda sibuk atau sekedar perkenalan diri.

Bot dalam WA juga dapat membantu Anda melakukan aktivitas lain, seperti membuat stiker, membuat jawaban cepat, atau blasting pesan. Soal keamanan, tentunya WA mengedepankan sistem verifikasi 2 langkah dan server pribadi untuk menjaga kerahasiaan penggunanya.

4. Bot Telegram

Telegram juga punya chatbot yang membantu para penggunanya melakukan berbagai aktifitas atau memberikan interaksi. Uniknya, Telegram memiliki sistem open source yang mana memungkinkan Anda bisa menambah berbagai plugin bot atau membuat dan mengintegrasikannya dengan Telegram.

Walaupun beberapa contoh bot yang Telegram punya sering kali disalahgunakan untuk menjawab soal instan atau membuat rangkuman otomatis, tapi jika Anda mengembangkan bot dengan benar, maka pasti akan bermanfaat.

5. Futura Chatbot 

Pernah dengar atau pakai Futura Chatbot? Platform asli Indonesia ini memungkinkan para pengusaha membuat chatbot untuk mengotomatisasi berbagai elemen pemasaran dan pelayanan bisnis. 

Anda bisa membuat teknologi bot sendiri, mengintegrasikan chatbot pada berbagai platform pesan singkat, dan menyediakan CMS untuk menyimpan data secara lengkap. Layanan lengkap dari Futura Chatbot membuat banyak brand tertarik dan menggunakan teknologi satu ini.

6. SimSimi 

Tak hanya untuk bisnis, ada juga contoh bot dalam chat yang memang bertujuan untuk hiburan semata. SimSimi membantu orang yang sedang bosan atau ingin curhat saja dengan sistem bot yang akan bantu berikan berbagai respon lucu dan menarik.

Uniknya, saat ini perkembangan SimSimi cukup masif dalam menyediakan berbagai informasi dan bahkan bisa membantu Anda mengirimkan pesan, memesan makanan, atau memesan tiket pesawat. Jadi, sistem SimSimi setara dengan Google Assistant yang masih butuh banyak pengembangan lebih lanjut.

7. EduToys 

Contoh terakhir ada EduToys yang dirancang untuk membantu anak-anak dalam mempelajari bahasa, menjawab pertanyaan mengenai dunia, dan menyediakan konten yang menarik dan informatif. EduToys menggunakan teknologi AI dan machine learning.

Baca Juga: 9 Cara Menonaktifkan WA Sementara, Pemula pun Pasti Bisa!

Sudah Tahu Apa Saja Contoh Bot dalam Chat?

Dari penjelasan di atas, pada intinya chatbot adalah program komputer yang ditujukan untuk melakukan berbagai aktivitas berbasis chat. Banyak contoh bot berguna untuk membantu bisnis, terutama untuk menjawab dan memproses pertanyaan monoton dari audiens.

Secara sekilas, terlihat bahwa peranannya cukup besar untuk kehidupan manusia, namun Anda juga harus waspada saat memilih chatbot. Pastikan sumber bot terpercaya, karena banyak kasus kejahatan yang melibatkan penggunaan bot dalam chat.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!