9 Contoh Iklan Makanan Menarik untuk Inspirasi

9 Contoh Iklan Makanan Menarik untuk Inspirasi
iklan makanan

Iklan makanan dan minuman harus memiliki strategi menarik untuk membuat konsumen membeli produk tersebut. Tanpa iklan yang menarik, produk Anda akan kalah saing dengan produk lain yang iklannya lebih kreatif. Ingin tahu apa saja contoh iklan yang kreatif di bidang makanan dan minuman? Simak artikel berikut!

Contoh Iklan Makanan

Berikut ini adalah beberapa inspirasi iklan produk makanan yang bisa Anda gunakan sebagai referensi, antara lain:

1. Air Mineral Aqua

Siapa yang tak kenal produk air mineral ini? Hampir semua orang pasti pernah membelinya. Bahkan, nama Aqua sudah sangat melekat dengan produk air mineral sehingga air mineral dengan merek apa pun disebut dengan Aqua.

Desain kemasan Aqua sederhana namun menggambarkan produk dengan baik. Nuansa biru adalah perwujudan air pegunungan yang digunakan sebagai bahan utama pembuatannya. Selain itu, logo gunung juga ditambahkan untuk menambah kesan bahwa Aqua benar-benar berasal dari pegunungan.

Aqua memiliki berbagai bentuk iklan, mulai dari iklan televisi, radio, baliho, hingga iklan digital. Semua desain Aqua konsisten dengan warna biru dan kesederhanaannya. Jargon Aqua yang membekas di dalam pikiran konsumen adalah “Kebaikan berasal dari alam”.

2. Ayam Goreng KFC

KFC atau Kentucky Fried Chicken merupakan salah satu produk ayam goreng asal luar negeri yang berhasil melebarkan sayapnya di Indonesia secara besar-besaran. Bicara mengenai ayam goreng, pasti KFC adalah merk yang muncul pertama kali.

Berikut adalah contoh teks iklan KFC yang menarik:

KFC memberikan pengalaman makan burger tak terlupakan! Perpaduan roti yang lembut dengan daging tebal adalah bagian terbaiknya. Tambahan saus tomat menyegarkan akan membuat rasanya semakin sempurna!

3. Dunkin Donuts

Ngumpul jadi makin happy dengan Dunkin Donuts menemani. Pertemuan dengan teman tak akan lengkap rasanya tanpa kehadiran Dunkin Donuts. Berbagai pilihan rasa yang tak ada dua akan menjadikan pertemuan lebih bermakna.

Teks di atas adalah contoh iklan makanan Dunkin Donuts. Kalimat pertama menunjukkan bahwa cemilan berupa donat akan membangun suasana yang menyenangkan. Berlanjut pada kalimat kedua, suasana akan menjadi lebih menyenangkan apabila donat dimakan bersama teman-teman.

Suasana dan pengalaman makan donat menyenangkan ini hanya bisa Anda dapatkan dari Dunkin Donuts. Dunkin Donuts sangat percaya diri dengan keunggulan yang ia miliki. Sebab, kepercayaan diri penting dalam perancangan iklan.

Baca Juga: 13 Ide Jualan Makanan Kekinian, Modal Kecil Bisa Dapat Untung Besar

4. Oreo

Iklan yang Oreo bangun berhasil menjadikannya salah satu cemilan paling favorit di seluruh dunia. Selain itu, kualitas rasa dari Oreo memang tidak perlu Anda ragukan lagi. Perpaduan biskuit dan krim lembut membuat mulut tidak bisa berhenti menikmatinya.

Bahkan, saat ini Oreo menjadi salah satu pilihan rasa dalam produk makanan dan minuman lainnya. Contoh makanan dan minuman yang menggunakan Oreo sebagai pilihan rasa adalah boba dan kue (sebagai topping).

Tak hanya berhenti sampai di situ, Oreo juga selalu berinovasi dengan rasa-rasa baru meskipun rasa vanilla tetap menjadi paling favorit. Jargon “Diputar, dijilat, dicelupin” sangat membekas di hati Anda bukan?

5. Pizza Hut

Pizza Hut menjadi produk pizza paling diminati karena jarang ada merek yang mampu menyainginya. Merek ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai copy dari iklannya. Bahasa yang digunakan menyesuaikan target yang telah dirancang oleh merek tersebut.

Nuansa iklan Pizza Hut adalah hitam. Background hitam selalu membekas di hati konsumen. Juga dengan foto makanan berupa pizza yang selalu berhasil membuat konsumen menelan ludah saat melihatnya. Berikut adalah contoh iklan dari Pizza Hut:

Nikmati waktu bersama keluarga dengan kelezatan Pizza Hut dalam setiap gigitan. Pilihan pinggiran pizza berbeda, memenuhi semua keinginan anggota keluarga.

6. Kacang Garuda

Makan jajan tanpa takut! Kacang Garuda mengandung omega 9 dan fitosterol yang baik untuk jantung Anda! Kacang Garuda, Ngemil Enak, Jantung Sehat!

Teks di atas merupakan contoh iklan makanan Kacang Garuda. Strategi yang mereka gunakan adalah menjabarkan kandungan gizi yang ada di dalam produk, seperti Omega 9. Klaim seperti ini akan menjadi pilihan bagi orang-orang yang tidak bisa makan makanan sembarangan.

Baca Juga: Foto Katalog untuk Bisnis dan Cara Buatnya

7. Fitbar

Fitbar adalah salah satu jenis makanan yang memiliki klaim rendah kalori. Makanan rendah kalori cocok Anda konsumsi saat sedang menjalani program diet. Fitbar berhasil membangun citra bahwa makanan sehat tidak harus tidak enak. Berikut ini adalah contoh teks iklan dari Fitbar:

Diet seru tanpa takut timbangan makin ke kanan. Fitbar memberikan pengalaman makan snack tanpa takut berat badan akan bertambah. Rasanya enak dan tetap bikin sehat! Si mungil ini sangat cocok dibawa kemana-mana karena tak makan tempat.

Strategi yang Fitbar gunakan adalah membangun mindset bahwa diet pun bisa mengonsumsi makanan ringan yang enak.

8. Beng-Beng

Beng-Beng merupakan salah satu contoh makanan ringan dengan bahan dasar coklat yang mampu membuat konsumen ketagihan. Terdapat banyak tekstur yang ia tawarkan sehingga konsumen tidak akan mudah bosan. Adapun contoh iklan makanan dari Beng-Beng adalah sebagai berikut:

Mau ngemil enak setiap saat? Beng-Beng solusinya! Makan sendiri enak, makan sama teman makin enak! Perpaduan coklat, karamel, dan rice crispy bikin kamu gak bisa berhenti!! Kini tersedia dalam kemasan party. Lebih cocok dinikmati bersama teman-teman!

Keunggulan yang ditawarkan Beng-Beng melalui iklannya adalah rasa ketagihan yang akan konsumen nikmati dalam setiap gigitannya.

9. Es Krim Magnum

Produk es krim ini memiliki kesan berkelas dengan nuansa iklannya yang elegan. Tak heran apabila Magnum bisa memenangkan hati konsumen dengan cepat. Padahal, Magnum termasuk produk yang kelasnya sedikit di atas produk Walls dan lainnya. Berikut teks iklan dari Magnum:

Kelembutan es krim vanilla klasik dengan coklat tebal memberikan pengalaman tak terlupakan. Magnum hadir memuaskan lidah hanya dalam satu gigitan. Dengan ukuran yang besar, Magnum siap memberikan kepuasan tak terbatas!

Dalam teks iklannya, Magnum menjadikan rasa dan tampilan klasik sebagai keunggulan.

Baca Juga: 11 Contoh Iklan Media Cetak untuk Promosi Bisnis

Sudah Tahu Inspirasi Iklan Makanan yang Cocok untuk Anda?

Meskipun terinspirasi dari iklan produk lain, Anda harus tetap membuat iklan yang menunjukkan ciri khas produk Anda sendiri. Satu hal yang penting untuk Anda perhatikan adalah plagiarisme. Jangan sampai membuat iklan dengan menyontek iklan produk lain.

Jadi lakukanlah riset sebanyak-banyaknya. Sebab, riset untuk mencari inspirasi sah-sah saja Anda lakukan. Selanjutnya, buatlah iklan dengan menonjolkan keunggulan produk Anda sekreatif mungkin.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!