Data Manifest: Pengertian dan Manfaatnya

Gudang biasanya dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan barang. Namun, dalam bidang logistik, penggunaan gudang juga dipakai untuk proses penyimpanan barang. Untuk memudahkan penataanya maka data manifest adalah diperlukan dalam berbisnis. 

Bagi Anda yang masih belum mengetahui apa itu data manifest untuk logistik, berikut akan disampaikan secara lengkap agar proses pengiriman barang menjadi lebih mudah didapatkan. 

Pengertian Data Manifest Adalah?

Istilah manifest ini sering dipakai untuk umum, tetapi ada juga istilah data manifest yang khusus untuk bidang logistik. 

Secara logistik, arti data manifest yakni sebuah dokumen yang didalamnya terdapat berbagai informasi mengenai berbagai kargo, awak, kapal, pesawat, sampai dengan kendaraan untuk mengantar pengiriman barang. 

Data manifest juga dapat diartikan sebagai daftar muatan barang sehingga setiap barang tersebut akan dicek jumlah dan jenis barangnya dengan baik. 

Dari pengertian tersebut, data manifest dalam penerapan pengiriman barang sangat diperlukan agar pendataan barang dan proses pengiriman menjadi lancar sampai ke tangan pelanggan. Biasanya data manifest digunakan untuk ekspedisi jasa pengiriman serta bea cukai. 

Jasa pengiriman barang di Indonesia yang memerlukan data manifest ini diantaranya adalah JNE, Indah Cargo, J&T, SiCepat, dsb. Untuk lebih jelasnya, arti data manifest oleh tiap jasa pengiriman bisa dilihat di website resminya. 

Status pengiriman logistik dari data manifest ini menunjukkan bahwa paket telah sampai di kantor ekspedisi di wilayah penerima serta menunjukkan bahwa data pengiriman sudah masuk ke dalam sistem. 

Contoh dari data manifest adalah ketika Anda melakukan pengiriman barang dengan menaruh paket tersebut ke kantor. Selanjutnya, Anda akan menerima resi barang yang nantinya digunakan agar dapat mengecek barang sudah sampai dimana. 

Resi tersebut yang akan dipakai untuk mengecek status logistik. Jika sudah tertulis “manifested” tandanya barang sudah sampai di tempat tujuan tetapi masih ada di tangan agen ekspedisi tersebut. 

Manfaat Manifest dalam Sistem Logistik 

Setelah mengenal pengertian data manifest, penting juga untuk mengetahui manfaat dari manifest itu sendiri. Data manifest tersebut dapat diterapkan baik untuk masyarakat dan pelaku bisnis sehingga proses logistik baik di darat, laut, dan udara dapat berjalan dengan lancar.

Manfaat data manifest adalah sebagai berikut: 

1. Memperlancar Proses Pengiriman Barang 

Manfaat pertama yang menjadi dasar pentingnya data manifest adalah agar bisa memperlancar jalannya. Manifest berisi daftar mengenai pengiriman setiap paketnya. Jadi, jika data tersebut direkap dengan baik, maka dapat memperlancar arus pengiriman. 

2. Terhindar dari Masalah Pengiriman Barang 

Pendataan yang rinci terkait dengan logistik akan membantu jasa pengiriman barang bisa melakukan pengecekan paket dengan baik sehingga mengurangi resiko kesalahan dalam proses pengiriman tersebut. 

Di dalam manifest juga sudah tersedia berbagai detail barang seperti alamat paket, jenis paket, dsb. Dengan demikian, akan mempermudah transfer barang ke tempat tujuan yang tepat. 

3. Memudahkan Proses Inbound Warehouse 

Proses pengiriman barang yang terjadi, seringkali tidak hanya mengirim paket untuk perseorangan, tetapi juga untuk sebuah perusahaan. Contohnya adalah pengiriman bahan produks ke berbagai bisnis yang dikelola dalam jumlah yang besar. 

Oleh sebab itu, pengiriman barang ini juga dilakukan untuk stok gudang di suatu perusahaan tersebut. Dalam masalah pergudangan, ada istilah yang disebut dengan outbound dan inbound. Masalah tersebut berkaitan dengan pengiriman dan datangnya barang. 

Data manifest yang dipakai ini akan membantu untuk memperlancar inbound warehouse. Hal ini karena setiap data parang akan dimasukkan ke dalam manifest sehingga data tersebut akan masuk ke sistem warehouse. 

Dengan demikian, pendataan barang yang sudah diterima oleh gudang dapat dilakukan dengan baik. Penting untuk melakukannya karena stok barang di gudang perlu dikendalikan agar proses produksi berjalan lancar. 

Apabila ketersediaan bahan bakunya sedikit tentu ini akan menyulitkan produksi sehingga menyebabkan kerugian. Proses data manifest ini juga akan mempersingkat waktu dari proses pengecekan sehingga lebih efisien. Apalagi jika menggunakan sistem digital, sehingga proses input data menjadi lebih cepat dan efisien. 

Biteship, Pilihan Tepat untuk Memudahkan Data Manifest 

Biteship dapat memudahkan pengiriman barang dapat terpantau dengan jelas. Dengan demikian, data manifest yang dilakukan akan menjadi lebih mudah. Hal ini karena Biteship memberikan layanan dashboard yang dapat diakses secara digital. 

Dashboard ini akan memunculkan berbagai transaksi yang dilakukan dan pengecekan posisi pengiriman barang di saat tersebut. Jadi, barang baik untuk individu maupun perusahaan bisa sampai ke tempat tujuan. 

Apabila digunakan untuk perusahaan, maka stok barang akan sampai ke gudang yang diinginkan dengan selamat. Dengan begitu, tidak akan mengganggu proses produksi yang merupakan tonggak dari berkembangnya perusahaan. Data manifest adalah hal yang penting dan tidak boleh disepelekan dalam logistik. Hal ini karena setiap barang yang dikirim dan diterima bisa didata dengan baik. Selain itu, dapat mempermudah proses identifikasi barang yang ada.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!