Digital Ads: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Keunggulannya

Digital Ads: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Keunggulannya
digital ads

Pada dunia bisnis, kemajuan teknologi dan digitalisasi bagaikan saudara yang tidak bisa dilepaskan. Digital ads adalah salah satu ‘produk hasil’ dari kemajuan teknologi dan digitalisasi dalam dunia bisnis. 

Pengertian Digital Ads

Sebenarnya digital sendiri memiliki banyak sekali arti dan makna. Namun yang paling relate atau berhubungan dengan topik pembahasan kita kali ini yaitu suatu teknologi elektronik yang mampu menyimpan, menghasilkan, dan mengolah berbagai data yang terdapat dalam dua keadaan, yaitu positif dan negatif. 

Sedangkan ads sendiri adalah singkatan dari advertisement yang secara mudah, artinya adalah periklanan atau iklan. Advertisement memiliki makna yaitu iklan berbayar yang dibayarkan oleh sebuah platform media yang sangat besar dan luas jangkauannya. 

Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa pengertian dari digital ads yaitu suatu kegiatan pemasaran atau marketing yang menggunakan teknologi terkini seperti internet atau perangkat elektronik yang berfungsi untuk mempromosikan suatu bisnis. 

Bisa dikatakan juga bahwa digital ads ini adalah suatu bentuk komunikasi yang dibuat untuk mempromosikan atau menawarkan suatu brand atau bentuk usaha dengan menggunakan alat elektronik sebagai media dan saluran digital oleh suatu perusahaan. 

Fungsi Digital Ads

Digital ads seringkali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki fungsi sebagai media promosi serta memberikan informasi kepada para pembaca dan atau konsumen terkait suatu hal atau produk dari badan usaha. 

Selain itu, iklan berbasis digital wajib dibuat se-menyenangkan mungkin untuk dilihat, dibaca, atau bahkan didengar karena hal tersebut dapat mengundang konsumen untuk menyukai produk yang dipasarkan. 

Semakin banyaknya pengguna internet di era ini, digital ads adalah salah satu media pemasaran yang jauh lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan media konvensional yang biasa untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.  

Cara Kerja Digital Ads

Setelah kita mengerti pengertian serta fungsinya, lalu bagaimanakah kerjanya? Iklan digital dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti memasang iklan banner pada beberapa platform, iklan dalam bentuk video, bahkan iklan PPC atau pay-per-click. 

Pemilik suatu brand atau produk dapat mengatur pasar yang ingin dijadikan target pemasaran. Biasanya target pasar ini menggunakan informasi dari pengunjung suatu platform agar iklan yang ditampilkan atau dimunculkan dalam platform tersebut relevan dengan perilaku para target di dunia digital. 

Teknik ini membutuhkan pengumpulan data dari beberapa sumber di mesin pencari atau history dari beberapa platform media sosial. Selain mencari target pasar untuk suatu produk, target konteks juga diperlukan dalam cara kerja digital ads ini. 

Target konteks ini yang akan membuat iklan pada halaman suatu platform yang sedang digunakan. Seperti saat Anda membuka suatu halaman web, lalu di halaman web yang Anda buka terdapat iklan bergambar. Seperti itulah yang disebut dengan target kontekstual. 

Target kontekstual membantu pemilik suatu usaha untuk membuat strategi pemasaran yang kuat sehingga pemilik usaha dapat mengiklankan produknya pada suatu halaman yang relevan. 

Selain itu, target kontekstual juga bisa menggunakan kata kunci sebagai target untuk menampilkan iklan di halaman pencarian. 

Contoh yang sangat relevan dan ideal untuk melakukan iklan atau promosi jenis konteks target yaitu Google Adsense. Pada platform tersebut, sangat memungkinkan bagi para pemilik usaha untuk meletakkan iklan dalam bentuk gambar atau bahkan video. 

Orang-orang juga akan mulai tertarik dan menelusuri usaha atau bisnis yang sedang diiklankan. Tentunya, dengan syarat iklan yang dipasang harus menarik dan informatif. Sehingga iklan tidak dianggap spam yang mengganggu kegiatan target pasar saat menelusuri dunia maya.

Manfaat serta Keunggulan Digital Ads 

Semua orang bisa melihat, menemukan, mengakses, bahkan terbiasa dengan iklan yang kita pasang di beberapa platform pilihan. Itulah hebatnya teknologi digital ads sehingga memiliki banyak sekali manfaat dan keunggulan. 

1. Komunikasi dan Interaksi secara Tidak Langsung dengan Konsumen 

Tidak peduli jarak dan waktu yang menghalangi, digital ads mampu menjangkau permasalah waktu dan tempat yang menghambat kegiatan pemasaran. Dengan adanya digital ads ini, interaksi secara tidak langsung atau secara online dengan konsumen yang dibutuhkan oleh perusahaan bisa tertangani dengan sangat mudah 

2. Dapat Meningkatan Penjualan secara Spesifik 

Tentu saja dengan digital ads, penjualan bisa meningkat secara spesifik karena jangkauan konsumen bisa sangat tidak terbatas. Konsumen atau calon konsumen bisa berasal dari seluruh penjuru dunia, sehingga produk atau proyek yang dimiliki perusahaan akan memiliki tingkat penjualan yang sangat tinggi.

3. Menghemat Biaya Pemasaran 

Mencetak brosur, mengumpulkan beberapa orang, dan membuat forum untuk mempromosikan suatu produk atau jasa adalah cara-cara pemasaran yang sangat konvensional dan tentu memerlukan biaya yang tidak kecil. Semakin luas jangkauan yang ingin kita raih, tentu saja semakin besar jumlah biaya yang diperlukan. 

Digital ads dapat memangkas semua biaya tersebut. Tentu saja pemilik usaha masih tetap membutuhkan biaya untuk mengoperasikannya. Namun, dengan biaya yang sama dengan pemasaran secara konvensional, cakupan dan jangkauannya dapat melampaui jauh dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional.

4. Meningkatkan Pelayanan dengan Cepat

Produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan pasti tidak luput dari kekurangan. Dengan digital ads, umpan balik dari konsumen dapat diterima perusahaan dengan jauh lebih cepat dan tepat sasaran. Sehingga perbaikan pun dapat dilakukan sesegera mungkin.

5. Jangkauan Luas pada Pengguna Alat Elektronik

Penggunaan alat elektronik adalah salah satu alat yang dapat dikatakan sebagai pasangan terbaik digital ads. Digital ads adalah senjata pemasaran yang bisa menembak sasaran dengan tepat jika sasaran tersebut menggunakan alat elektronik. 

Dengan menghadirkan konten periklanan yang menarik dan dapat diakses semua orang menggunakan alat elektronik, maka iklan digital ini dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pemasaran suatu produk atau jasa

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa pemasaran yang digabungkan dengan teknologi terkini membuat cakupan promosi atau pemasaran produk menjadi sangat luas. Dengan biaya yang jauh lebih hemat dan ringan, digital ads dapat menjangkau konsumen jauh lebih banyak dengan memanfaatkan teknologi dan alat elektronik yang tidak berhenti berinovasi di zaman ini. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!