Digital Skill: Pengertian, Contoh, dan Cara Mengasahnya

Digital Skill: Pengertian, Contoh, dan Cara Mengasahnya

Dunia kerja saat ini sulit dipisahkan dari teknologi. Era digital menuntut kecepatan, kreativitas dan inovasi. Itulah mengapa dibutuhkan banyak keterampilan demi menambah nilai signifikan bagi perusahaan Anda. Nah, digital skill adalah salah satu item pendukung yang harus Anda miliki. Berikut ini kami jelaskan secara rinci.

Pengertian

Pengertian keterampilan digital atau digital skill adalah kemampuan untuk menemukan, menggunakan, membuat, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan konten/informasi dengan keterampilan kognitif dan teknis menggunakan teknologi.

Mengacu pada UNESCO, keterampilan digital didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengakses dan mengelola informasi menggunakan perangkat, aplikasi komunikasi, dan jaringan digital. Keterampilan ini biasanya untuk menciptakan, berkolaborasi, berkomunikasi, memecahkan masalah, dan membagikan konten digital.

10 Contoh Digital Skill yang Menjanjikan di Tahun 2023

Nah, berikut ini beberapa contoh digital skill yang menjanjikan di tahun 2023:

1. Desain Grafis

Digital skill yang paling mudah dipelajari, yakni desain grafis. Karena Anda punya banyak waktu untuk belajar. Selain itu, desain grafis bisa dipelajari dari mana saja, termasuk platform streaming seperti YouTube dan situs pencarian Google. 

Cukup install perangkat lunak desain grafis yang Anda butuhkan dan pelajari keahlian desain grafis lengkap dalam waktu singkat. Untuk software yang kami rekomendasikan, antara lain Adobe Illustrator, Photoshop, InDesign, dan CorelDraw.

2. Video Editing 

Selanjutnya, contoh digital skill adalah yang berkaitan dengan editing, yang wajib dimiliki jika ingin menjadi video editor. Bagi Anda yang baru mengenal bidang ini, perangkat lunak yang biasa digunakan oleh editor, antara lain Adobe Premiere dan Final Cut Pro. 

Kedua program tersebut merupakan program berbayar. Saat ini banyak perusahaan yang mencari skill video editing. Selain itu, kebutuhan akan digital marketing menjadikan skill ini menjadi salah satu alternatif yang saat ini dicari banyak orang.

3. Fotografi 

Jika Anda ingin menjadi seorang fotografer, belajar fotografi sambil bekerja dari rumah bisa menjadi tambahan yang bagus untuk portofolio Anda, sekaligus mengisi waktu luang Anda untuk menghilangkan kebosanan. 

Anda dapat memulai dengan kamera ponsel, tetapi Anda juga dapat memulai dengan kamera yang lebih canggih. Teknik dasar fotografi bisa dipelajari dari buku dan kursus online.

4. Desain UI/UX

Setelah menguasai desain grafis, hal selanjutnya yang bisa dipelajari adalah kemampuan membuat UI/UX. Apa Itu? UI adalah singkatan dari User Interface, sedangkan UX merupakan singkatan dari User Experience.

UI adalah “tampilan” aplikasi atau situs web di layar seperti smartphone. Sistem UI dapat dilihat dan disentuh langsung oleh pengguna. Sebaliknya, UX adalah fungsionalitas yang digunakan sebelum mendesain UI. Kedua keterampilan ini dibutuhkan oleh perusahaan media, digital, dan teknologi saat dunia bergerak ke dunia digital.

Baca Juga: Aplikasi QR Code Generator Gratis untuk Pribadi dan Bisnis

5. Digital Marketing 

Belajar tentang digital marketing sebenarnya adalah belajar tentang ilmu marketing, terutama di era digital. Namun, jika Anda memiliki tiga keterampilan yang disebutkan sebelumnya (desain grafis, pengeditan video, dan fotografi), Anda juga akan meningkatkan kemampuan ini. 

Karena informasi mengenai perusahaan dan produk dapat dengan mudah dijangkau oleh konsumen melalui media digital, maka keberadaan media pemasaran digital memungkinkan bisnis berkembang pesat. Oleh karena itu, kemampuan ini banyak diminati, terutama bagi mahasiswa yang baru masuk perguruan tinggi.

6. Content Writing dan Copywriting 

Selain desain dan pemasaran, kebutuhan akan orang-orang dengan keterampilan menulis yang baik saat ini tumbuh secara masif. Dimulai dengan media sosial, semua orang berbondong-bondong mencoba memasarkan produk dan layanan mereka secara online. 

Agar menarik, Anda membutuhkan keterampilan pemasaran melalui tulisan. Semakin menarik tulisan Anda, semakin banyak orang akan menggunakan barang dan jasa yang Anda tawarkan. Kalimat panjang yang bagus juga dapat digunakan untuk membangkitkan minat pada situs web Anda.

7. Data Analytics 

Data analytics adalah kemampuan menganalisis data untuk sampai pada kesimpulan dan rencana yang akurat, cepat, dan efektif. Hal ini membantu perusahaan meningkatkan pendapatan, efisiensi operasional, program pemasaran, dan merespons tren pasar dengan cepat, untuk meningkatkan kinerja bisnis. 

Industri e-commerce dapat menggunakan kemampuan analisis data ini untuk menentukan sentimen pelanggan tentang produk mana yang dibeli dan produk mana yang paling sering dicari, demi meningkatkan peluang bisnis.

8. Search Engine Optimization

SEO digital skill adalah salah satu karir yang paling menjanjikan di era saat ini, karena banyak orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan produk dan layanan yang mereka butuhkan. Search Engine Optimization adalah proses mengoptimalkan semua aspek situs web Anda, sehingga berperingkat tinggi di mesin pencari.

9. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence atau biasa disingkat AI adalah kecerdasan buatan yang difokuskan untuk mengembangkan kecerdasan mesin yang berfungsi sama seperti manusia dan memudahkan manusia untuk melakukan pekerjaannya. 

Dalam dunia kerja, kecerdasan buatan ini mulai digunakan untuk kontrol, perencanaan, penjadwalan, kemampuan untuk mendiagnosa dan menjawab pertanyaan pelanggan, tulisan tangan, suara, bahkan pengenalan wajah. Saat ini, hampir sepertiga pekerjaan industri telah digantikan oleh AI ini.

10. Pengembangan/Rekayasa Perangkat Lunak

Banyak bisnis kini beralih ke platform digital untuk meningkatkan penjualan dan sebagai landasan untuk memposisikan bisnis mereka di era digital. Sebagai contoh, industri perbankan saat ini fokus pada e-banking dan mobile banking, namun industri e-commerce juga mulai disibukkan dengan aplikasi jual beli barang dan jasa. 

Mempelajari keterampilan ini pasti akan mempersiapkan Anda untuk berkarir sebagai seorang engineer dalam pembuatan dan pengembangan perangkat lunak.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Menyusunnya

Cara Mengasah Digital Skill

Ada dua cara untuk mengasah kemampuan digital Anda, yakni: 

1. Belajar Secara Otodidak

Berkat internet, Anda dapat menemukan informasi online tentang berbagai topik, termasuk membangun keterampilan digital. Belajar secara otodidak memungkinkan Anda menjelajahi dan melatih keterampilan digital Anda dengan kecepatan Anda sendiri. 

2. Pelatihan Bersertifikat

Pelatihan bersertifikat adalah program terstruktur untuk membantu Anda menguasai keterampilan digital. Pilihlah pelatihan yang memberikan sertifikat, setelah Anda menyelesaikan program dan lulus ujian.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Branding Dan Marketing yang Perlu Diketahui oleh Pelaku Bisnis

Sudah Tahu Apa Saja Contoh Digital Skill yang Menjanjikan?

Demikian penjelasan lengkap tentang apa itu digital skill serta contohnya. Pada dasarnya, digital skill adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk digunakan di bidang digital. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!