Email Marketing: Pengertian, Jenis, Cara Membuat dan Manfaatnya

Email Marketing: Pengertian, Jenis, Cara Membuat dan Manfaatnya

Persaingan didunia bisnis yang semakin ketat menuntut pelaku usaha membuat strategi marketing yang efektif. Salah satu cara promosi dan pemasaran produk yang efektivitasnya cukup tinggi adalah melalui email marketing.

Bisnis akan semakin sukses dan mendapatkan keuntungan besar jika bisa menjual produk dalam jumlah yang banyak. Artinya, pemilik bisnis harus bisa meraih hati konsumen supaya berminat untuk membeli produk yang dijualnya.

Apa yang Dimaksud Email Marketing?

Sesuai namanya, email ini berisi pesan maupun konten komersial yang sifatnya promosi dan dikirimkan kepada pelanggan. Promosi bisa berupa penawaran produk, event yang akan diselenggarakan, promo yang berlangsung dan lain sebagainya.

Pihak yang mengirimkan email tersebut adalah pemilik bisnis yang ditujukan kepada para konsumennya, terutama konsumen loyal. Tujuan email marketing cukup luas, mulai dari pemasaran produk, branding, hingga edukasi yang diberikan kepada konsumen secara cuma-cuma.

Marketing email merupakan salah satu bentuk pemasaran online untuk menjalin kedekatan secara emosional dan personal antara pemilik bisnis dengan konsumennya. Dengan adanya kedekatan personal tersebut, diharapkan konsumen merasa dihargai dan menjadi pelanggan loyal.

Melalui email yang sifatnya marketing ini, konsumen menjadi lebih tertarik untuk mengenal bisnis Anda dan akhirnya melakukan pembelian berulang. Agar menarik minat calon konsumen, hendaknya email dibuat sebagus mungkin, kalau perlu disertai dengan konten-konten digital.

Baca Juga: Apa Itu CRM? Pengertian, Tujuan serta Contoh Penerapannya

Jenis-Jenis Email

Karena memiliki tujuan yang cukup luas, isi email dalam rangka marketing tersebut sebaiknya dibuat sesuai dengan fungsinya, apakah untuk mengenalkan produk, penawaran diskon dan sebagainya. Marketing email ada beberapa jenis yang dapat disesuaikan dengan fungsi dan tujuannya, yaitu:

1. Welcoming Email

Email jenis ini berisi ucapan selamat datang sebagai bentuk penyambutan kepada pelanggan baru. Harapannya, dengan memberikan email tersebut konsumen bisa lebih tertarik untuk mengenal produk maupun layanan yang ditawarkan oleh pemilik bisnis.

2. Newsletter

Bentuk email marketing yang cukup sering digunakan adalah newsletter. Apa yang dimaksud newsletter dalam pemasaran? Newsletter adalah email pemasaran yang isinya informasi tentang produk maupun layanan yang ditawarkan kepada konsumen.

Pengirim bisa juga melengkapi newsletter ini dengan tautan menuju blog ataupun website bisnisnya, agar konsumen makin mengenal profil perusahaan. Ada juga newsletter yang isinya kumpulan testimoni dari pelanggan yang sudah membeli produk maupun menggunakan jasa dari perusahaan.

3. Digest Email

Pengertian digest email adalah surat elektronik yang telah diatur pengirimannya dalam suatu periode tertentu beserta jumlah penerimanya. Contohnya, email yang dikirimkan dalam periode 1 minggu dengan tujuan 1000 konsumen.

Biasanya pengiriman email seperti ini akan diatur sedemikian rupa, misalnya dalam sehari mengirimkan 100 email dalam waktu bersamaan. Cara seperti ini cukup efektif untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak.

Digest email juga sangat cocok digunakan oleh pemilik toko online yang memiliki beragam produk. Melalui digest email ini, pemilik toko online bisa mengajak calon konsumen untuk mengetahui apa saja produk dan jasa yang ditawarkan, termasuk event yang akan berlangsung.

4. Invitation Email

Namanya saja email undangan pastinya berisi ajakan kepada calon konsumen untuk mengikuti program yang diselenggarakan. Program tersebut bisa berupa peluncuran produk terbaru, pameran, seminar dan lain-lain.

Invitation email bertujuan untuk membuat masyarakat sebagai calon konsumen potensial supaya tertarik mengikuti berbagai program yang ditawarkan penjual.

5. Promotional Email

Jenis marketing email lainnya yaitu promotional email yang berisi promosi-promosi produk maupun jasa. Email jenis ini pada umumnya digunakan untuk menjangkau konsumen dalam jumlah relatif besar dan sering digunakan oleh pemilik bisnis.

Apa isi email promosi? Tentu saja isinya berupa pemberitahuan dan informasi mengenai produk serta layanan jasa terbaru yang ditawarkan kepada konsumen. Sebaiknya, email promosi ini dibuat semenarik mungkin agar konsumen tergoda dan ingin membelinya.

6. Email Khusus

Email khusus dalam pemasaran adalah email yang dikirimkan kepada konsumen khusus. Maksud dari konsumen khusus disini yaitu konsumen yang baru pertama kali melakukan pembelian, konsumen yang sudah lama tidak aktif, ataupun pelanggan baru.

Baca Juga: Apa Itu CRM? Pengertian, Tujuan serta Contoh Penerapannya

Langkah untuk Membuat Email Marketing

Supaya tujuan tercapai, maka harus dibuat semenarik mungkin supaya calon konsumen menjadi tertarik dengan isinya dan ingin mengetahui lebih dalam lagi. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat email pemasaran yang bagus dan efektif:

1. Siapkan Toolsnya

Email yang tujuannya untuk marketing harus dibuat sebagus dan semenarik mungkin. Email yang disertai dengan konten seperti foto, gambar maupun video tentunya lebih menarik dibandingkan kalau hanya teks saja.

Tidak perlu pusing membuatnya secara manual, gunakan saja tools email yang sudah tersedia, seperti Sumo, Opstin Monster dan sebagainya.

2. Buat Daftar Penerima

Selanjutnya, buat daftar siapa saja yang akan menerima email tersebut. Biasanya, daftar ini mencakup profil dan data diri calon konsumen potensial bagi bisnis Anda. Siapa saja konsumen potensial itu? Tentunya yang sesuai dengan target pasar produk maupun jasa yang ditawarkan.

3. Membuat Segmentasi

Langkah membuat email pemasaran yang berikutnya yaitu membuat segmentasi dari daftar yang dibuat sebelumnya. Segmentasi ini bertujuan untuk memilih calon konsumen potensial sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Tujuan pembuatan segmentasi ini adalah membuat strategi pemasaran yang dilakukan melalui email menjadi lebih efektif.

4. Mengirimkan Email Blast

Selanjutnya, tinggal mengirimkan email blast kepada pelanggan atau konsumen sesuai daftar serta segmentasi yang dibuat. Email blast adalah email dalam jumlah banyak yang dikirimkan kepada beberapa orang secara bersamaan.

Manfaat email blast adalah untuk mendapatkan konsumen dengan jangkauan yang lebih banyak secara masif, mudah, dan cepat. Email blast dikirimkan kepada konsumen yang telah ada pada daftar dan sesuai segmentasi.

Baca Juga: Perbedaan Sales dan Marketing, Apa Saja?

Manfaat Email Marketing

Lalu, sebenarnya apa manfaat dari pemasaran melalui email tersebut? Pemilik bisnis akan mendapatkan manfaat. Di antaranya yaitu:

1. Meningkatkan Jumlah Penjualan

Dari data yang dilansir oleh Constant Contact, email berhasil meningkatkan penjualan hingga 60% besarnya. Tentu saja ini menjadi kabar gembira bagi pemilik bisnis karena produk maupun jasa yang ditawarkannya menjadi lebih laku.

2. Membentuk Hubungan Baik dengan Konsumen

Konsumen hendaknya diperlakukan dengan baik agar bisa menjadi pelanggan loyal yang akan selalu membeli produk dan menggunakan jasa Anda. Salah satu cara untuk menjalin hubungan yang baik secara personal dengan konsumen adalah dengan rajin mengirimkan email.

Email marketing terbukti mampu membuat pemilik bisnis menjangkau konsumen lebih luas dan lebih banyak, sehingga memberikan keuntungan bagi usahanya tersebut. Gunakan https://biteship.com/id plaltform pengiriman terintegrasi untuk menunjang bisnis Anda.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!