8 Fitur dan Manfaat Pinterest yang Bantu Menunjang Aktivitas Anda

Dalam era digital yang penuh dengan informasi dan konten, Pinterest telah menjadi platform yang unik dengan fokus utama pada visual. Namun, lebih dari sekadar album gambar, Pinterest memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa, baik untuk individu maupun bisnis.

Sebab, Anda bisa menemukan berbagai tren kekinian melalui platform ini. Jika Anda ingin mengetahui manfaat lain dari Pinterest, baca artikel ini sampai selesai, ya!

8 Manfaat Pinterest untuk Berbagai Kebutuhan

Umumnya, Pinterest kerap disebut sebagai virtual pinboard karena memungkinkan para penggunanya dapat membuat album atau koleksi foto yang diinginkan. Baik itu dari unggahan pribadi atau dari ungguhan akun lainnya. Berdasarkan hal tersebut, manfaat Pinterest meliputi:

1. Manfaat Pinterest dalam Promosi Jasa atau Produk

Menurut data Refinitiv, jumlah pengguna platform Pinterest yang aktif setiap bulan secara global mencapai 463 juta orang. Bayangkan, betapa banyaknya engagement yang bisa hilir mudik dan berpeluang menonton postingan Anda. Oleh sebab itu, melalui Pinterest, unggahan foto ataupun video Anda berpotensi viral.

2. Manfaat Pinterest dalam Meningkatkan Traffic

Banyak yang belum tahu bahwa satu pin di Pinterest memiliki potensi penyebaran seratus kali lebih mudah daripada satu tweet. Oleh karena itu, platform yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan traffic website. Apalagi setiap pin yang dilakukan bisa menghasilkan dua kunjungan dan enam pageviews.

3. Memberikan Banyak Inspirasi

Manfaat Pinterest selanjutnya adalah dapat memberikan banyak inspirasi. Platform tersebut telah memiliki miliaran inspirasi foto ataupun video yang bisa Anda adaptasi ataupun modifikasi. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai macam tema yang bisa langsung Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

4. Up to Date dengan Tren

Menyambung dari manfaat sebelumnya, keberadaan aplikasi ini sebagai sumber inspirasi sangatlah penting karena kontennya selalu up-to-date. Setiap hari, ada banyak konten foto dan video dari berbagai individu dengan ide-ide yang bervariasi. Tak jarang, postingan dari platform inilah yang memulai kemunculan tren.

Baca juga: Foto Katalog untuk Bisnis dan Cara Buatnya

5. Media Berbagi Informasi

Sudah jelas bahwa manfaat Pinterest juga bisa Anda gunakan sebagai media berbagi informasi. Dari satu pin yang Anda buat, akan ada ribuan bahkan jutaan orang yang bisa melihatnya, begitu pula sebaliknya. Sangat mungkin juga bahwa pin tersebut dapat memberikan informasi maupun inspirasi bagi penonton yang tepat.

6. Manfaat Pinterest dalam Menambah Conversion Rates

Jika Anda memiliki usaha dan bermaksud menggunakan Pinterest sebagai alat promosi, maka Anda dapat memaksimalkan potensi melalui fitur Promoted Pins dan Promoted Videos. Kedua fitur ini memungkinkan Anda untuk bisa berinteraksi dengan audiens yang sejalan dengan target pasar yang Anda tuju dalam bisnis.

7. Meningkatkan Brand Authority

Manfaat menarik lainnya yang bisa Anda peroleh dari Pinterest terkait bisnis adalah meningkatkan brand authority atau otoritas merek. Anda bisa menggunakan strategi marketing melalui foto dan video yang memungkinkan adanya kreasi tanpa batas. Dengan begitu, konten yang Anda buat bisa berbaur dengan audiens lain.

8. Manfaat Pinterest dalam Meningkatkan Visibilitas Online

Orang-orang dapat mencari ide di Pinterest melalui kata kunci. Apabila Anda mampu menggunakan kata kunci dengan tepat, maka konten yang Anda buat bisa “menyentuh” penonton dengan optimal. Apalagi ketika konten tersebut dibagikan secara berulang, maka konten akan memiliki tingkat visibilitas yang sangat tinggi.

Baca juga: Alternatif Adobe Photoshop Terbaik untuk Foto Produk

Fitur-fitur Utama Pinterest

Supaya Anda bisa memaksimalkan manfaat Pinterest, maka Anda perlu mengenali fitur-fitur yang ada pada platform ini. Setidaknya terdapat tujuh fitur yang siap menemani Anda menghasilkan engangement terbaik. Berikut ini penjelasannya:

1. Koleksi dan Berbagi Foto

Fitur pertama yang mungkin harus Anda gunakan adalah Pin. Fitur Pin ini sama artinya dengan cara kerja fitur posting. Oleh sebab itu, jika pada platform lain disebut postingan, maka di Pinterest disebut Pin. 

Platform ini menyediakan berbagai kategori umum, tetapi Anda juga berkesempatan untuk membuat kategori sendiri. Postingan dapat Anda pin berdasarkan kategori atau board yang sesuai dengan preferensi Anda.

2. Pertemanan

Fitur standar yang selalu ada pada setiap platform media sosial adalah pertemanan. Hanya saja, ada sedikit perbedaan pada Pinterest. 

Bila media sosial lainnya menandai dengan mem-follow akun pemilik. Maka di Pinterest pengguna cukup mengklik follow pada board yang dimiliki oleh orang lain tanpa harus mengikuti akun.

3. Pesan

Jika Anda ingin mengirimkan sesuatu kepada pengguna lainnya, maka Anda bisa memanfaatkan fitur pesan. Fitur ini juga menjadi sisi lain dari manfaat Pinterest yang sebenarnya bisa Anda jadikan sebagai media komunikasi yang anti mainstream.

4. Hati

Sama halnya dengan media sosial lainnya, apabila ada orang lain yang menyukai atau ingin memberikan apresiasi atas postingan yang diunggah, maka mereka akan diberi hati. Pinterest pun juga demikian di mana Anda bisa mengungkapkan rasa suka dengan mengklik simbol hati yang tersedia di setiap pin.

5. Lens

Apakah Anda ingin menemukan foto atau video tertentu? Jika iya, maka Anda tidak perlu khawatir karena keberadaan fitur lens akan memungkinkan Anda dapat menemukan foto atau video yang Anda cari berdasarkan kata kunci tertentu. Adanya fitur ini juga sangat membantu para pengguna menemukan produk yang diinginkan.

6. Pinterest Browser

Saat menjelajah Pinterest dan menemukan pin dari pengguna lain yang menarik perhatian, maka Anda bisa menyimpannya alih-alih mengunduhnya. Fitur ini sangat membantu para pengguna yang malas mengunduh gambar atau video karena alasan kapasitas memori.

7. Group Boards

Apakah Anda sedang memiliki projek bersama rekan pengguna Pinterest lainnya? Jika iya, maka Anda harus memanfaatkan fitur group boards yang berfungsi sebagai media kolaborasi dengan pengguna lainnya. Pada fitur tersebut, beberapa akun bisa mengunggah atau memberi pin pada foto dan video dalam satu album yang sama.

Baca juga: 100+ Nama Instagram Aesthetic, Unik, Simple, dan Keren

Sudah Siap Merasakan Berbagai Manfaat Pinterest?

Pada intinya, Pinterest telah membuktikan diri sebagai alat yang luar biasa dalam menghubungkan orang dengan ide-ide yang tak terbatas. Dengan fitur-fitur yang canggih dan konten yang selalu segar, Pinterest memberikan manfaat yang tak ternilai baik untuk individu yang mencari inspirasi maupun bisnis yang ingin tumbuh.

Akan tetapi, berbagai fitur dan manfaat Pinterest tidak akan bisa Anda nikmati sebelum mendaftarkan akun terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya di aplikasi Play Store atau App Store atau mendaftar melalui website.

Setelah paham mengenai cara kerja dan berbagai fitur-fitur yang tersedia, Anda bisa meningkatkan akun menjadi Pinterest for Business. Menarik, bukan?

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!