Harga Coret di Marketplace dan Manfaatnya untuk Bisnis

Harga coret adalah salah satu metode yang dilakukan untuk menarik perhatian banyak orang. Dengan menggunakan cara ini, calon pembeli bisa tertarik dan akhirnya memutuskan untuk melakukan transaksi.

Padahal, belum tentu harga coret ataupun diskon ini bisa lebih murah dibandingkan dengan harga yang asli. Beberapa toko bahkan sengaja melakukan proses make up, sehingga harga coret hampir mirip sekali dengan harga asli.

Apa Itu Harga Coret?

Penjualan adalah salah satu komponen terpenting dari supply chain bisnis. Kenapa? Karena rangkaian proses kompleks, salah satu komponen terpentingnya adalah penjualan dan pemasaran.

Nah salah satu teknik pemasaran yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan potongan harga atau harga coret. Pemberian diskon semacam ini akan memudahkan proses penjualan karena bisa menarik minat banyak orang.

Namun dalam penerapannya potongan harga ini harus dipikirkan dengan baik. Salah satunya adalah harga yang nantinya diberikan masih memberikan untung bagi bisnis. Selain itu, juga bisa lebih murah dari harga retail yang disarankan.

Manfaat Harga Coret untuk Bisnis

Manfaat dari harga corak cukup besar dalam dunia bisnis. Berikut beberapa manfaat yang mungkin nanti akan didapatkan.

  1. Meningkatkan Visibilitas

Pemberian harga sore bisa meningkatkan visibilitas dari suatu bisnis. Karena, akan semakin banyak orang yang tertarik untuk melakukan pembelian. Jadi, mereka bisa mengenal lebih dalam dan akan terus menggunakan layanannya.

Itulah kenapa biasanya toko-toko atau pun bisnis yang masih baru sering menerapkan ini. Beberapa potongan harga yang diberikan dilakukan untuk mengenalkan produk dan juga toko itu kepada masyarakat.

  1. Jadi Langganan

Apabila sering memberikan potongan harga yang cukup lumayan, jumlah pembeli akan sangat banyak. Tidak hanya itu, mereka yang sudah pernah membeli bisa melakukan transaksi ulang dan menjadi langganan.

Dalam bisnis akan sedikit sulit untuk mendapatkan langganan dalam jumlah banyak. Itulah kenapa langganan ini bisa meningkatkan penjualan di masa depan dan menjadi jaminan dari produk yang nantinya dibuat.

  1. Meningkatkan Rating

Kepuasan dari pelanggan adalah sesuatu yang sangat penting. Apabila pelanggan puas dengan barang yang diberikan serta memiliki harga murah, kemungkinan besar mereka juga akan memberikan rating tinggi.

Semakin tinggi ratingnya dimiliki oleh suatu bisnis, kemungkinan mereka dikenal akan semakin besar. Bahkan, bisa memiliki kredibilitas yang lebih tinggi.

Meskipun rating tinggi tidak selalu berhubungan dengan kualitas produk, apabila ratingnya besar akan meningkatkan kepercayaan. Jika ini didukung dengan menjaga kualitas, bisnis bisa semakin sukses.

  1. Mudah Menawarkan Produk Baru

Apabila sudah memiliki langganan dalam jumlah banyak, jika di kemudian hari ada produk baru akan lebih mudah untuk dipasarkan. Karena, calon pembeli sudah yakin dengan produk yang nantinya akan dibeli.

Inilah kenapa, sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Apabila ini terus terjaga, bukan tidak mungkin untuk sukses dalam berbagai jenis bisnis.

Hal yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang mungkin harus diperhatikan agar pemanfaatan teknik harga coret ini benar-benar bisa maksimal. Jadi, tidak menjadi bumerang sendiri dalam bisnis yang dijalankan.

  1. Jangan Menipu

Usahakan untuk tidak melakukan proses penipuan. Beberapa penipuan yang sering terjadi adalah sebelum ada harga coret, pemilik bisnis menaikkan harga dari produk.

Setelah dinaikkan, selanjutnya produk tersebut dijual dengan harga yang sebenarnya lebih tinggi. Namun, karena ada harga yang dicoret itu beberapa konsumen menganggapnya sedang diskon cukup besar.

  1. Berikan Kejelasan Harga

Berikan kejelasan harga terlebih dahulu sebelum memberikan diskon kepada orang. Misal jika promonya harus sesuai dengan syarat tertentu ataupun sejenisnya.

Berikan penjelasan seperti syarat dan ketentuan terlebih dulu. Jadi, pembeli yang akhirnya melakukan transaksi tidak akan merasa tertipu. Jadi, mereka bisa memahami apa saja yang bisa dilakukan agar mendapatkan harga yang lebih murah.

  1. Lakukan secara Rutin

Usahakan untuk melakukan ini secara rutin karena bisa berdampak pada branding yang dimiliki oleh suatu bisnis. Ini bisa dilakukan paling tidak setiap satu bulan sekali dan potongan harganya juga tidak perlu terlalu besar. Harga coret biasanya akan menentukan seberapa besar suatu produk bisa dibeli banyak orang. Apabila penjualan sudah banyak, pengelolaan harus dilakukan dengan baik khususnya dalam shipping. Gunakan Biteship untuk memudahkan proses ini.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!