7 Ide Kirim Hampers Natal yang Menarik dan Tips Kemas Hampers

7 Ide Kirim Hampers Natal yang Menarik dan Tips Kemas Hampers
kirim hampers

Tradisi kirim hampers merupakan salah satu tradisi yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang hari raya atau hari besar agama. Hampers sendiri merupakan bingkisan berisi hadiah seperti kue, minuman, makanan, aksesoris dan sebagainya yang dikirim ke orang lain.

Bingkisan hampers biasanya disusun semenarik mungkin sehingga tampak menawan ketika dilihat. Anda bisa membeli hampers yang sudah jadi dan dijual di pasar ataupun menyusunnya sendiri di rumah. Tentunya ada beberapa tips yang harus Anda pahami sebelum kirim hampers ke luar kota

7 Ide Bingkisan untuk Kirim Hampers 

Natal merupakan momen spesial dan penuh suka cita. Untuk membuatnya lebih berkesan, Anda bisa kirim hampers ke sanak saudara, sahabat atau rekan kerja. Berikut adalah beberapa ide menyusun hampers yang sederhana namun unik dan cocok diberikan kepada siapa saja.

1. Hampers Kue Kering

Kue kering merupakan salah satu isian hampers natal yang paling populer dipilih. Apalagi hari raya Natal memang sangat identik dengan kue-kue kering yang disajikan kepada sanak saudara atau tamu yang datang berkunjung. 

Ada banyak jenis kue kering yang bisa Anda sajikan kepada tamu yang datang seperti kue jahe, kastengel, lapis legit dan sebagainya. Anda bisa mengkombinasikan kue kering klasik dengan kue kering ala pastry yang sedang populer hari ini.

2. Hampers Makanan Ringan

Selain kue kering, sajian Natal lainnya adalah makanan ringan atau snack. Ada banyak jenis makanan ringan yang bisa Anda sajikan, seperti keripik, biskuit, kue, dan sebagainya.

Memberikan snack sebagai isian hampers dijamin akan sangat bermanfaat bagi si penerima. Anda bisa mengisi hampers dengan berbagai jenis snack tersebut dan ditata dalam kemasan-kemasan berukuran sedang.

3. Hampers Buah Segar

Siapa yang tidak senang makan buah? Buah segar bisa menjadi pilihan isian hampers yang dijamin bermanfaat bagi si penerima. Buah segar kaya akan gizi dan vitamin yang menyehatkan badan. Hampers satu ini tentu akan sangat disukai oleh penerima. 

Anda bisa memadukan berbagai jenis buah-buahan seperti apel, jeruk mandarin, anggur, pir dan sebagainya dalam satu bingkisan. Pastikan buah yang dipilih adalah buah cukup keras sehingga tidak mudah hancur. Selain itu, sebaiknya pilih buah yang tidak begitu berair sehingga bisa tahan lama.

4. Hampers Bunga dan Buah

Bunga dikombinasikan dengan buah segar bisa menjadi pilihan hampers yang sangat direkomendasikan. Anda bisa memilih berbagai jenis bunga untuk diberikan sebagai penghias seperti bunga lily, bunga mawar, dan bunga matahari yang tahan lama. 

Bunga dikemas dengan secantik mungkin kemudian ditambahkan buah-buahan segar di atasnya seperti buah anggur dan apel. Jika takut bunga rusak, Anda bisa menggunakan bunga yang sudah dikeringkan sebagai parcel.

5. Hampers Kerajinan Tangan

Parcel berisi kerajinan tangan juga bisa menjadi pilihan terbaik bingkisan untuk sanak saudara maupun kolega terdekat Anda. Kerajinan tangan yang dibuat dari anyaman bambu tentu memiliki nilai lebih tersendiri. 

Apalagi jika kerajinan tangan tersebut dibuat sangat indah dan bernilai guna. Anda bisa memberikan bingkisan kerajinan tangan bambu yang dibuat sebagai piring, wadah, dan lainnya.

6. Hampers Perawatan Tubuh

Kini banyak produk perawatan tubuh seperti skincare dan bodycare yang menawarkan paket hampers khusus momen tertentu, salah satunya perayaan Natal. Anda dapat mengirim paket perawatan tubuh lengkap mulai dari body lotion, parfum, pelembab, toner, hingga bath bomb kepada orang terkasih.

Memberikan hampers perawatan tubuh adalah cara yang indah untuk mengungkapkan perhatian dan mengajak orang lain untuk merayakan diri mereka sendiri.

7. Hampers Dekorasi Natal

Dekorasi Natal tidak hanya sekadar ornamen untuk mempercantik ruangan, tetapi juga merupakan simbol kehangatan dan kegembiraan. Dekorasi seperti pohon Natal mini, hiasan bergantung, atau lampu-lampu berwarna cerah tidak hanya mempercantik rumah penerima, tetapi juga menciptakan atmosfer festif yang penuh semangat Natal.

Dengan memberikan dekorasi Natal sebagai hampers, kita memberikan lebih dari sekadar barang, tapi juga membagikan momen sukacita dan kehangatan Natal kepada orang yang kita sayangi.

Baca Juga: 10 Ide Kirim Parcel Lebaran Terbaik dan Tipsnya

Tips Kirim Hampers Sendiri dengan Aman

Selain membeli hampers yang sudah jadi, Anda juga bisa mencoba menata hampers sendiri di rumah. Dengan membuat hampers sendiri, Anda bisa lebih bebas untuk berkreasi dan juga memberikan nilai lebih karena hampers terlihat personal.

1. Mengusung Tema Tertentu

Tips pertama saat menyusun hampers adalah usung tema tertentu ke dalam bingkisan Anda. Beberapa tema hampers yang biasa dipilih adalah tema Natal, tema piknik, tema vintage, sederhana dan sebagainya.

Jika Anda memilih tema Natal, hampers dapat dipercantik dengan pita dan pernak-pernik khas Natal, seperti Santa Claus, pohon natal, atau rusa.

2. Tentukan Warna Utama Hampers

Agar isian hampers tidak tampak saling bertabrakan satu dengan yang lainnya, sebaiknya tentukan warna utama dari hampers tersebut. 

Misalnya, untuk tema Natal hampers dapat didominasi warna merah, hijau, atau putih. Dengan mempraktikkan tips kemas hampers ini, tampilannya akan jauh lebih cantik.

3. Hampers Dibuat Sesuai Karakter Penerima

Ketika membuat hampers, Anda harus sangat memperhatikan siapa orang yang akan menerima hampers tersebut. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan meliputi usia penerima, hal yang disukai, warna favorit, kebutuhan dan sebagainya. 

Misalnya jika Anda akan memberikan hampers ke sahabat perempuan yang suka warna merah muda, maka Anda bisa mengirim hampers hijab yang dibungkus dengan warna merah muda.

4. Kirim Jauh-Jauh Hari

Anda yang berencana ingin memberikan bingkisan kepada sanak saudara atau teman yang berada jauh dari kota tempat tinggal mungkin bingung kapan kirim hampers yang tepat? Sebaiknya kirim hampers jauh-jauh hari sebelum Hari Natal. 

Pasalnya, jasa ekspedisi biasanya mengalami penumpukan volume barang yang sangat besar menjelang hari raya. Hal ini bisa menyebabkan barang Anda tertahan lama di jasa ekspedisi dan tidak sampai tepat waktu. 

Disarankan mengirim setidaknya 10 sampai 7 hari sebelum Hari Raya Natal terutama jika Anda mengirim barang antar pulau.

5. Pilih Jasa Ekspedisi yang Tepat

Jasa ekspedisi di tanah air saat ini memang sudah sangat banyak pilihan. Namun kadang kala hal tersebut justru membuat kita bingung memutuskan jasa ekspedisi mana yang tepat. Anda bisa menggunakan Biteship untuk menemukan jasa ekspedisi terbaik sesuai keperluan. 

Biteship adalah e-commerce logistik yang sudah terintegrasi dengan lebih dari 30 jasa ekspedisi utama di tanah air. Anda bisa langsung membandingkan ongkos kirim antar jasa ekspedisi hingga melacak barang di https://biteship.com/id/. Pastikan Anda memilih barang yang sekiranya dapat bermanfaat untuk si penerima hampers dan juga tahan lama. Ketika kirim hampers, Anda juga disarankan memilih keranjang atau kotak wadah yang bisa digunakan kembali sehingga tidak menjadi tumpukan sampah saja.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!