Kalkulator TikTok, Aplikasi Viral untuk Para Konten Kreator TikTok

Kalkulator TikTok, Aplikasi Viral untuk Para Konten Kreator TikTok
kalkulator tiktok

TikTok mendapatkan banyak perhatian sejak pandemi beberapa tahun belakangan. Sejak TikTok menjadi media sosial yang viral, banyak orang yang beralih ke TikTok untuk membuat beragam konten dalam bentuk video pendek. Seiring dengan perkembangannya, muncullah kalkulator TikTok.

Bagi para konten kreator TikTok pemula, kehadiran kalkulator tersebut memang belum banyak dipahami. Namun, kalkulator itu bisa memberikan banyak kemudahan dan manfaat jika Anda sudah bisa menghasilkan uang dari TikTok. Agar lebih jelas, maka kami berikan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Inilah yang Dimaksud dengan Kalkulator TikTok

Jadi, kalkulator ini merupakan alat yang berfungsi untuk menganalisis dan menghitung estimasi penghasilan yang diperoleh dari konten-konten video TikTok Anda. 

Tentu saja, ini sangat membantu para konten kreator TikTok untuk bisa mengetahui berapa besar perkiraan pendapatan dari video-video yang mereka buat di platform viral tersebut.

Tak hanya bagus untuk digunakan oleh perorangan, kalkulator tersebut juga sangat cocok untuk dipakai oleh para pebisnis. Bagi bisnis, kalkulator tersebut bisa membantu pebisnis untuk mengetahui kelayakan dari akun TikTok bisnis sebagai media untuk memasarkan produk. 

Dengan kalkulator itu, Anda bisa mengetahui tingkat engagement, jumlah pengikut, total likes, dan juga komentar pada akun TikTok bisnis. Dari situlah, Anda dapat menentukan content creator TikTok yang sesuai untuk diajak berkolaborasi dalam membantu pemasaran produk atau brand di platform tersebut.

Jadi, kalkulator ini memang merupakan sebuah tool yang bisa membantu bisnis dan perorangan untuk mengetahui data statistik dari TikTok, entah itu berupa uang ataupun data engagement TikTok. 

Dengan menggunakan tool yang satu ini, pemilik akun TikTok akan bisa menentukan harga jual akun TikTok, biaya endorse, dan juga memahami keinginan atau minat audiens.

Beginilah Cara Kerja Kalkulator Tiktok

Sebenarnya, bagaimana cara kerja dari kalkulator tersebut? Ternyata, tool ini mempunyai cara kerja yang sederhana meskipun manfaatnya cukup luar biasa seperti itu. Anda hanya perlu memasukkan username akun TikTok pada kalkulator tersebut. 

Kemudian, sistem kalkulator akan membaca semua data akun dengan cepat. Hal itu termasuk membaca aktivitas akun, melakukan ekstraksi ke semua konten, dan menghitung rata-rata keterlibatan audiens. 

Lalu, hanya dalam waktu beberapa detik saja, algoritma pada kalkulator tersebut bisa memberikan nilai untuk setiap parameter dengan cara terpisah.

Tak hanya sampai di situ, total like dan komentar di akun TikTok juga akan dicocokkan dengan niche lain untuk meminimalkan bias yang bisa mempengaruhi validitas data yang ditampilkan. 

Angka yang diperoleh dari hasil tersebut akan dibagi dengan jumlah dari penayangan semua video di akun TikTok Anda. Lalu, hasilnya dikalikan dengan 100%.

Baca Juga: Terungkap! Inilah Cara Dapat Uang dari TikTok untuk Tambah Uang Jajan

Berbagai Faktor yang Mempengaruhi Penghasilan di TikTok

Banyak pengguna TikTok yang menginginkan pendapatan tinggi dari video-video mereka di platform tersebut. Padahal, ada beberapa faktor yang mempengaruhi penghasilan dari TikTok. Apa saja itu?

1. Keterlibatan Pengguna

Tingkat keterlibatan pengguna TikTok pada video Anda menjadi salah satu faktor penentu tingkat penghasilan di TikTok. Jika video tersebut memperoleh banyak komentar, likes, dan shares, maka video itu akan viral.

Nah, viralitas dari video tersebut akan menjadikan lebih banyak pengguna di TikTok yang melihatnya. Itulah yang bisa menjadikan Anda memperoleh lebih banyak penghasilan dari sana.

Oleh karena itu, buatlah video yang memang menarik, unik, dan bisa mendapatkan banyak komentar, likes, serta shares. Jangan lupa untuk rajin berinteraksi dengan para pengguna atau pengikut di TikTok.

2. Jumlah Pengikut dan Total Penayangan Video

Faktor lain yang menentukan tingkat penghasilan TikTok adalah jumlah pengikut dan penayangan video di TikTok. Semakin besar jumlahnya, maka semakin besar juga pendapatan yang akan diperoleh dari platform tersebut.

Pasalnya, jumlah pengikut dan penayangan yang tinggi menunjukkan kredibilitas dan popularitas akun yang juga tinggi. Nah, itulah yang menjadikan TikTok Creator Fund ataupun berbagai program monetisasi lain tertarik untuk memberikan pendapatan yang tinggi kepada konten kreator tersebut.

3. Negara atau Area Tempat Tinggal

Hal lain yang mempengaruhi penghasilan TikTok adalah negara tempat tinggal. Hal itu dikarenakan setiap negara mempunyai pasar sendiri untuk TikTok. Ada negara yang mempunyai jumlah pengguna TikTok yang besar. Ada juga yang mempunyai total pengguna TikTok yang sedikit. 

Jika jumlah pengguna TikTok di negara tersebut masih sedikit, tentu saja jumlah pendapatan yang diperoleh juga lebih kecil dibandingkan dengan negara yang mempunyai jumlah pengguna TikTok yang banyak. Beberapa negara yang mempunyai pasar TikTok yang besar antara lain India, Cina, dan AS.

4. Niche Konten

Selain beberapa faktor di atas, tentukan juga niche atau topik konten yang sesuai dengan minat para pengikut TikTok Anda. Dengan memilih topik konten yang sedang trending atau banyak disukai oleh pengguna TikTok, maka video tersebut berkemungkinan besar untuk mendapatkan banyak penonton.

Baca Juga: 7 Cara Live di Tiktok untuk Pemula, Bisa Tanpa 1000 Followers!

Cara Menggunakan Kalkulator untuk Akun TikTok

Ini merupakan pembahasan yang penting untuk Anda, yaitu terkait dengan cara mengambil uang dari kalkulator TikTok

Gunakan tahapan berikut ini untuk bisa menarik penghasilan dari TikTok. Cara ini bisa dilakukan jika Anda menggunakan TikTok Money Calculator dengan menggunakan aplikasi TikTok itu sendiri.

1. Buka Tool TikTok Money Calculator

Pertama, Anda perlu membuka TikTok Money Calculator. Tool tersebut bisa dibuka melalui aplikasi ataupun situsnya. Beberapa contoh dari tool tersebut adalah Likegram, Exolyt, atau Influencer MarketingHub. Namun, ada juga beberapa jenis tool kalkulator TikTok lainnya yang bisa digunakan.

2. Masukkan Username TikTok

Setelah membuka kalkulator, masukkan username akun TikTok di laman yang tersedia di sana. Pastikan bahwa username akun TikTok itu merupakan username milik akun Anda yang ingin dilihat estimasi pendapatannya.

3. Cek Estimasi Penghasilan TikTok

Setelah memasukkan username TikTok, silakan lakukan pengecekan terhadap jumlah estimasi penghasilann konten video di TikTok. Cara adalah dengan melakukan klik pada “calculate earnings.” Fitur tersebut terdapat di sebelah menu username.

4. Ambil Uang

Nah, setelah estimasi penghasilan TikTok sudah diketahui, selanjutnya adalah melakukan pengambilan uang tersebut.. Pengambilan uang itu bisa dilakukan dengan menggunakan TikTok secara langsung. Ikuti cara pengambilannya seperti di bawah ini.

  • Bukalah platform TikTok dari smartphone.
  • Kemudian, login terlebih dahulu ke akun TikTok.
  • Jika sudah berhasil masuk, bukalah profil TikTok dengan cara melakukan klik atau ketuk bagian ikon Profil. Bagian itu ada di kanan bawah dari halaman FYP di TikTok.
  • Selanjutnya, silakan masuk ke menu Koin RP TikTok. Caranya adalah dengan melakukan klik atau ketuk pada ikon Koin RP yang terdapat di bagian atas pada halaman profil TikTok Anda.
  • Lalu, pengambilan uang di TikTok sudah bisa dilakukan. Masukkan jumlah uang yang ingin diambil. Tuliskan juga nomor rekening dan bank tujuan untuk penarikan uang tersebut. Pengambilan uang juga bisa dilakukan dengan menggunakan e-wallet.

Baca Juga: Rekomendasi 200+ Nama TikTok Aesthetic dan Unik Terbaru 2023

Bagaimana? Aplikasi kalkulator TikTok tersebut sangat mudah digunakan, bukan? Jadi, segera buat konten viral untuk mendapatkan penghasilan jutaan dari TikTok sekarang.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!