7 Tips Memenuhi Kebutuhan Konsumen untuk Memajukan Bisnis

7 Tips Memenuhi Kebutuhan Konsumen untuk Memajukan Bisnis

Pepatah mengatakan bahwa konsumen adalah raja. Hal tersebut tidak salah dan memang benar adanya. Karena keberadaan konsumen memiliki peran sangat penting dalam dunia bisnis. Oleh sebab itu, sebagai pebisnis, Anda harus memahami dan memenuhi berbagai kebutuhan konsumen dengan sebaik mungkin.

8 Tips Pahami Kebutuhan Konsumen dengan Baik

Konsumen sendiri merupakan salah satu pemeran dalam bisnis yang membutuhkan banyak hal. Tak hanya itu, kebutuhannya juga menjadi hal penting yang menggerakkan roda bisnis. Sayangnya, beberapa pebisnis masih sulit untuk memahami kebutuhan konsumen. Jika Anda salah satunya, simak tips berikut: 

1. Melakukan Pemecahan Masalah Konsumen

Cara pertama untuk memahami apa yang konsumen butuhkan adalah menganalisa masalah dan melakukan pemecahan serta memberi solusi dari problem tersebut. Setiap konsumen pasti memiliki permasalahan yang berkaitan dengan produk yang Anda pasarkan. 

Nah, dari sini Anda akan mendapatkan banyak keuntungan ketika membuat produk yang dapat mengatasi permasalahan mereka. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengetahui apa yang menjadi alasan mereka membeli suatu produk. Anda dapat melakukan survei singkat terkait permasalahan yang sering dialami oleh konsumen.

Ini juga sangat berguna dalam menentukan target pasar yang sesuai. Anda dapat melakukan survei dengan wawancara secara langsung, maupun wawancara tidak langsung. Caranya dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan Google Form atau survei singkat melalui media sosial.

2. Meminta Testimoni dari Konsumen

Testimoni merupakan suatu umpan balik yang diberikan konsumen atas produk yang telah dibeli dari perusahaan Anda. Keberadaan testimoni ini sangat penting karena menggambarkan sebuah produk apabila sudah digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen. 

Dengan demikian, para pebisnis dapat mengetahui apakah produk sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen atau tidak. Biasanya, konsumen tidak memberikan testimoni secara langsung, sehingga Anda sebagai pebisnis harus memintanya. 

Bentuk testimoni yang diberikan dapat berupa ulasan singkat melalui chat, ulasan melalui foto yang dikirimkan di media sosial, atau ulasan dalam bentuk video. Banyaknya testimoni baik dari konsumen akan mempengaruhi calon konsumen lain untuk membeli produk Anda.

3. Mendengarkan Feedback dari Konsumen

Cara memenuhi kebutuhan konsumen selanjutnya setelah mendapat testimoni adalah harus mendengarkan dengan baik feedback yang diberikan oleh konsumen. Terlebih lagi bila terdapat feedback negatif dari konsumen yang Anda dapatkan. Feedback negatif ini harus Anda respon dengan baik. 

Kenali akar permasalahan dari feedback negatif tersebut. Apabila murni kesalahan dari bisnis, maka sudah selayaknya agar Anda memberikan permintaan maaf dan mengganti produk dengan produk yang lebih baik. Namun, jika permasalahan bukan dari Anda, maka Anda harus dengan sabar menjelaskan pada konsumen tersebut.

Selain itu, dalam memberikan respon, Anda sebaiknya bisa tanggap dan cepat. Biasanya, konsumen akan menghubungi melalui WhatsApp atau telepon apabila ada keluhan terkait produk yang Anda jual. Oleh karena itu, pastikan dua media komunikasi tersebut selalu stand by

Usahakan Anda dapat memberikan respon terkait pertanyaan dan kritik dalam waktu kurang dari 12 jam. Akan lebih baik jika Anda merespon dalam hitungan menit. Apabila merasa kewalahan dengan berbagai pertanyaan dan kritik konsumen, maka Anda dapat merekrut tenaga kerja untuk menjadi admin bisnis Anda.

4. Membangun Budaya Fokus Konsumen

Kiat mendapatkan pemahaman apa yang konsumen butuhkan selanjutnya adalah membangun budaya fokus pada konsumen. 

Budaya fokus konsumen atau customer oriented merupakan salah satu budaya yang mengutamakan kepentingan konsumen pada seluruh lini bisnis yang Anda lakukan. Anda harus mengutamakan pemikiran konsumen dalam mengembangkan bisnis. 

Misalnya, apakah konsumen sudah nyaman jika Anda memberikan pelayanan demikian. Apakah produk yang Anda buat sudah sesuai dengan keinginan konsumen atau belum. Lalu, apakah desain produk dapat menarik perhatian konsumen atau tidak dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 8 Tips Mudah Mengubah Konsumen Menjadi Pelanggan Setia

5. Sering Berinteraksi dengan Konsumen 

Cara memahami apa yang konsumen butuhkan selanjutnya adalah sering berinteraksi dengan konsumen. Dengan melakukan interaksi bersama pelanggan ini, Anda akan lebih memahami keinginan dan kebutuhan mereka terkait produk Anda. Komunikasi ini bisa Anda lakukan secara langsung maupun tidak langsung.

Komunikasi langsung bisa terjalin ketika konsumen datang ke gerai atau toko yang Anda miliki. Sedangkan, komunikasi tidak langsung bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kemajuan komunikasi digital. Misalnya melalui sosial media atau aplikasi chatting. 

Sebaiknya, Anda melakukan komunikasi dengan konsumen secara rutin untuk membangun hubungan dan reputasi yang baik di mata konsumen.

6. Selalu Melibatkan Konsumen dalam Pengembangan Bisnis

Karena konsumen merupakan kunci dalam perkembangan bisnis, maka keterlibatan konsumen dalam pengembangan bisnis merupakan hal yang sangat penting. Apabila Anda melibatkan konsumen dalam pengembangan bisnis ini, maka bisnis Anda akan berjalan lancar sesuai dengan rencana yang ada. 

Nah, agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen, maka ketika akan membuat suatu produk baru penting bagi Anda untuk menganalisa dan melakukan survei. Tujuannya untuk mengetahui apa yang menjadi alasan mereka produk tersebut sesuai dengan kriteria konsumen atau tidak. 

Selain itu, jika Anda ingin membuka store di tempat baru, Anda juga harus mempertimbangkan dan melakukan survei. Tujuannya untuk mencari tahu apakah lokasi tersebut dapat dijangkau oleh konsumen atau tidak.

7. Menganalisa dan Menggolongkan Masalah

Selain memberikan feedback yang baik pada pelanggan atas pertanyaan dan kritik yang dilontarkan, Anda juga perlu melakukan analisa terkait feedback yang diberikan oleh konsumen. Analisa disini bertujuan untuk melihat trend pertanyaan dan kritik yang diberikan oleh konsumen. 

Anda dapat mengumpulkan data hasil review tersebut menjadi satu file yang mudah untuk dibaca. Setelah mengumpulkan data dalam kurun waktu tertentu menjadi satu, maka Anda dapat menggolongkan berbagai permasalahan yang sama menjadi satu. 

Lalu, lihat secara keseluruhan, permasalahan dan jenis respon mana yang paling banyak konsumen berikan. Setelah melihat urutan permasalahan dari yang paling banyak ke yang paling sedikit. Maka, Anda dapat menentukan langkah yang cocok dalam pengembangan bisnis sesuai kebutuhan pelanggan yang ada sebelumnya.

Baca Juga: Kenali 7 Indikator Loyalitas Pelanggan yang Harus Anda Ketahui

Sudah Tahu Cara Memenuhi Kebutuhan Konsumen?

Sekian ulasan mengenai berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hal tersebut penting karena dapat menjadi salah satu kiat dalam mengembangkan dan memajukan bisnis yang Anda miliki. Semoga ulasan di atas dapat menginspirasi Anda untuk memperhatikan kebutuhan pelanggan demi keberlangsungan usaha!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!