Kriteria dan Tips Menjadi Star Seller Shopee yang Sukses

Shopee adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang memberikan tempat bagi penjual dan pembeli untuk bertemu melakukan transaksi. Star Seller Shopee adalah bagian dari program penjual yang bisa Anda coba agar penjualan semakin laris. 

Tidak semua penjual yang ada di Shopee bisa mendapatkan predikat star seller karena ada beberapa kriteria yang harus terpenuhi. Selain itu, Anda harus memahami pengertian dan bagaimana tips menjadi penjual Star Shopee yang sukses.

Apa Itu Star Seller Shopee?

Sebagai marketplace, Shopee memiliki beberapa kategori penjual yang disesuaikan dengan performa toko dan penjualannya. Star Seller dari Shopee adalah salah satu kategori penjual yang ada di Shopee dengan kriteria tertentu untuk bisa masuk dalam kategori tersebut.

Penjual yang sudah masuk dalam kategori penjual Star bisa dikatakan memiliki performa yang baik sehingga mampu meningkatkan kredibilitas toko. Anda bisa melihat apakah toko termasuk penjual Star dari logo yang ada di toko.

Kriteria Star Seller Shopee

1. Memenuhi Seluruh Pesanan dengan Andal dan Cepat

Kriteria pertama yang harus dipenuhi oleh penjual Star adalah mampu memenuhi seluruh pesanan yang masuk dengan andal dan cepat. Andal maksudnya penjual memenuhi pesanan secara profesional dan 3pl adalah kunci pelayanan yang cepat.

2. Membangun Rekor Penjualan yang Kuat

Untuk mendapatkan kepercayaan dari pembeli, penjual Star harus membangun rekor penjualan yang kuat. Artinya, ada kenaikan dari waktu ke waktu sebagai bukti bahwa bisnis atau penjualan toko Anda mengalami peningkatan. 

3. Mematuhi Kebijakan Penjual Shopee

Shopee tentu memiliki kebijakan tersendiri untuk mereka yang ingin menjadi penjual Star jadi kebijakan tersebut harus dipatuhi dengan baik. Setiap kategori penjual memiliki sedikit kebijakan yang berbeda jadi Anda harus mengenal kebijakan Shopee terlebih dulu.

4. Memberikan Layanan Pembeli dengan Sangat Baik

Kriteria lain yang harus dipenuhi Star Seller di platform Shopee adalah mampu memberikan layanan pembeli dengan sangat baik. Bukan hanya produk yang berkualitas, pelayanan yang memuaskan juga harus diberikan agar pembeli kembali lagi dan menjadi pelanggan.

5. Mencapai Persentase Tinggi untuk Performa Toko dan Produk

Terakhir, penjual Star harus memenuhi kriteria dalam meraih persentase performa toko dan produk yang tinggi. Shopee menggunakan persentase untuk menggambarkan bagaimana performa, kualitas dan kepuasan pembeli jadi penjual Star harus bisa menjaganya. 

Target Start Seller Shopee

1. Persentase Chat Dibalas 

Penjual Star harus memberikan pelayanan terbaik bagi para pembeli maupun calon pembeli dengan membalas chat secara cepat. Paling tidak, penjual Star mampu membalas chat pembeli dengan persentase lebih dari 65%.

2. Penilaian Toko 

Sebagai penjual Star di Shopee, Anda memiliki target penilaian toko lebih dari 4.5 atau bintang lebih dari 4.5. Untuk bisa mencapainya, Anda harus memastikan bahwa produk yang dijual berkualitas, sesuai deskripsi dan harganya juga sesuai.

3. Persentase dan Jumlah Produk Pre-Order dalam 30 Hari Terakhir 

Bagi penjual Star yang menyediakan produk pre-order, maka penjualannya dalam 30 hari terakhir akan dihitung, minimal 20% selama maksimal 5 hari. Perhitungan ini akan dilakukan jika toko Anda memiliki lebih dari 300 produk pre-order. 

4. Minimal Jumlah Transaksi Berhasil dalam 30 Hari Terakhir

Dalam 30 hari terakhir, jumlah transaksi berhasil juga menjadi target yang harus Anda penuhi sebagai Star Seller Shopee. Jumlah transaksi berhasil minimal lebih dari 20 pesanan atau pendapatan bersih lebih dari 20 juta dalam 30 hari terakhir.

5. Jumlah Pembeli dalam 30 Hari Terakhir

Bukan hanya itu saja, Shopee juga memberikan target pada penjual Star untuk mendapatkan pembeli berbeda dalam 30 hari terakhir lebih dari 10 pembeli. Jumlah ini sebenarnya cukup ringan jika Anda melakukan penjualan secara konsisten. 

6. Jumlah Poin Penalti

Penjual yang melanggar kebijakan Shopee akan mendapatkan poin penalti yang akan diakumulasi. Sebagai penjual Star, jumlah poin penalti yang diperbolehkan saat ini adalah kurang dari 2.

Tips Jadi Star Seller Shopee yang Sukses

1. Memahami Kebijakan Shopee Tentang Star Seller

Tips pertama yang harus dilakukan adalah memahami kebijakan Shopee tentang Star Seller, mulai dari kriteria hingga target yang harus dicapai. Dengan begitu, Anda bisa fokus untuk memenuhi kriteria dan mencapai target agar masuk dalam kategori penjual Star.

2. Melakukan Penjualan Secara Konsisten

Selanjutnya, lakukan penjualan secara konsisten untuk memenuhi target yang ditetapkan. Tidak mudah memang mendapatkan pembeli di hari-hari pertama tapi jika Anda melakukan secara konsisten maka sedikit demi sedikit akan mendapat pelanggan.

3. Memberikan Kualitas dan Pelayanan Terbaik

Memastikan kualitas produk dan memberikan pelayanan terbaik menjadi bagian yang tidak boleh dilewatkan agar pembeli berubah menjadi pelanggan. Kepuasan pembeli menjadi kunci perkembangan toko atau bisnis yang Anda jalankan. Menjalankan bisnis memang bukan perkara mudah, termasuk bagi para penjual yang memanfaatkan marketplace. Meski begitu, informasi di atas akan membantu Anda untuk menjadi Star Seller Shopee yang sukses.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!