Inilah Keunggulan dan Kekurangan Layanan Land Freight Service

Inilah Keunggulan dan Kekurangan Layanan Land Freight Service
land freight

Untuk menunjang berbagai kebutuhan pengiriman, terdapat beberapa jenis layanan logistik yang tersedia. Salah satu diantaranya adalah land freight service. Setiap jenis layanan pengiriman menawarkan keunggulan yang berbeda.

Pengiriman barang bisa dilakukan secara lebih efektif jika menggunakan jenis layanan yang sesuai. Pastikan untuk mengetahui metode, ketentuan, serta harga yang ditawarkan oleh penyedia jasa sebelum mengirim barang sehingga dapat memperhitungkannya dengan baik.

Apa Itu Land Freight Service

Pengiriman cargo merupakan metode kirim barang berukuran besar atau bermuatan banyak ke berbagai wilayah dengan jarak tempuh yang beragam, seperti diantaranya antar provinsi, kota, dan lainnya. 

Jarak tempuh yang cukup yang cukup jauh memungkinkan pengiriman cargo dilakukan melalui beberapa jalur. Land freight service merupakan layanan pengiriman melalui jalur darat. Jenis layanan ini merupakan yang paling umum digunakan. 

Hal tersebut terjadi karena layanan ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Proses pengiriman menggunakan armada darat diantaranya seperti mobil, truk, dan lainnya. Ketersediaan armada disesuaikan dengan layanan yang ditawarkan oleh pihak penyedia jasa.

Baca Juga: Solusi Paket Tidak Bergerak

Kelebihan Pengiriman Cargo Melalui Jalur Darat

Shopee partner umumnya menggunakan layanan pengiriman jalur darat untuk mengirim produk. Terdapat banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh layanan pengiriman cargo darat sehingga mampu memberikan manfaat bagi para pengguna. 

Hal inilah yang membuat sebagian besar orang, bukan hanya umum namun juga perusahaan memanfaatkan layanan pengiriman cargo darat. Adapun berbagai keunggulannya adalah sebagai berikut.

Produk yang Bisa Dikirim Lebih Beragam

Jenis produk yang bisa dikirim melalui jalur ini lebih beragam sehingga Anda bisa menyesuaikannya secara mudah. Beberapa diantaranya seperti pakaian, motor, peralatan rumah tangga, dan lainnya.

Selain itu terdapat berbagai jenis armada darat yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan dimensi dan kapasitas barang.

Cocok Untuk Pengiriman Jarak Pendek

Jalur darat cocok sekali untuk menjangkau pengiriman jarak pendek. Anda bisa memanfaatkan layanan ini untuk mengirim barang dengan jangkauan antar kota dan tidak membutuhkan infrastruktur khusus seperti stasiun, bandara, atau pelabuhan.

Dapat Dilacak dengan Mudah

Pengiriman cargo melalui jalur darat bisa secara mudah dilacak karena umumnya armada sudah dilengkapi dengan fitur GPS. Pelacakan bisa dilakukan melalui sistem online, sehingga Anda bisa mengetahui lokasi barang secara realtime.

Layanan Door to Door

Umumnya, layanan ini menawarkan jasa penjemputan dengan sistem door to door sehingga Anda tidak perlu bersusah payah mengangkut barang ke tempat pengiriman. Anda hanya perlu memesan, kurir mengambil barang, dan kirim. 

Jangkauan Luas

Land freight service area cukup luas sehingga mampu menjangkau berbagai daerah. Layanan ini sangat cocok digunakan untuk pengiriman barang antar kota. Layanan pengiriman jalur ini mampu menjangkau hingga daerah kecil, seperti desa dan lainnya.

Baca Juga: Cara Melapor Pengiriman Yang Terlambat

Prosedur Mudah

Prosedur pengiriman melalui jalur darat cukup sederhana dan tidak membutuhkan dokumen yang rumit. Meskipun membutuhkan beberapa data, namun hal tersebut bisa dilakukan secara singkat tanpa repot.

Informasi tersebut nantinya digunakan dalam proses pengiriman barang sehingga dapat cepat sampai sesuai dengan tujuan. 

Harga Terjangkau

Kelebihan lain yang dimiliki layanan pengiriman darat adalah harganya yang terjangkau. Jika dibandingkan dengan layanan pengiriman lain, jalur darah menawarkan harga yang relatif murah. Biaya pengiriman dihitung berdasarkan jarak dan berat barang.

Perhitungannya yang mudah memungkinkan Anda bisa mengetahui detail biaya pengiriman barang secara cepat. 

Fleksibel

Pengiriman melalui jalur darah jauh lebih fleksibel daripada yang lainnya karena dapat beradaptasi dengan waktu dan kebutuhan. Fleksibilitas yang tinggi memungkinkan Anda bisa mengirim barang secara lebih efektif dan tepat waktu.

Dalam jumlah tertentu, paket bisa langsung dikirimkan sesuai dengan kebutuhan. Armada darat yang tersedia cukup beragam sehingga mampu memenuhi berbagai kebutuhan pengiriman. 

Kekurangan Layanan Pengiriman Cargo Melalui Jalur Darat

Selain memiliki banyak kelebihan, terdapat juga kekurangan dari land freight services. Hal ini tentu harus dipahami dengan baik agar Anda bisa menikmati layanannya secara optimal untuk menunjang berbagai kebutuhan. Simak informasinya di bawah ini.

  1. Kurang Cocok Untuk Pengiriman Jarak Jauh

Jika ingin melakukan pengiriman jarak jauh, jalur darat tidak direkomendasikan karena membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama. Hal ini tentu tidak efektif dan membuat barang lama sampai. Jalur darat efisien jika digunakan untuk jarak dekat.

  1. Kendala Lalu Lintas

Terdapat beberapa kendala yang umumnya terjadi dalam pengiriman jalur darat, seperti lalu lintas yang macet. Apalagi jika harus melewati kawasan yang padat. Hal ini dapat berpotensi terjadinya keterlambatan dalam pengiriman.

Baca Juga: Pengertian Dummy Dalam Berbagai Industri

Namun untuk mengatasinya, berbagai metode sudah diterapkan seperti peningkatan teknologi, pemilihan rute alternatif, dan lain sebagainya.

  1. Perlu Menunggu Loading Barang

Kekurangan lain dari layanan pengiriman darat adalah adanya proses loading barang. Artinya barang yang dikirim tidak bisa langsung jalan karena perlu menunggu loading dari pengirim lainnya. 

Harganya yang relatif murah mengharuskan armada terisi penuh terlebih dahulu sebelum proses pengiriman barang dilakukan.

  1. Kapasitas Terbatas

Dalam pengiriman cargo jalur darat, terdapat aturan kapasitas maksimal yang harus diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan armada yang digunakan memiliki kapasitas yang terbatas. Berbeda dengan metode pengiriman lainnya yang menggunakan armada besar.

Pengangkutan barang melalui darat harus sesuai dengan prosedur dan kapasitas untuk mencegah terjadinya berbagai hal yang tidak diinginkan.

Pengetahuan tentang kelebihan dan kekurangan land freight service dapat membantu Anda untuk mempertimbangkan dan memilih dengan baik jalur pengiriman apa yang cocok untuk produk. Hal tersebut memungkinkan proses pengiriman dapat berjalan lancar dan cepat sampai.

Baca Juga: Arti Delivered dan Status Pengiriman Lainnya

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!