Logistik: Pengertian, Komponen dan Manfaat

Logistik: Pengertian, Komponen dan Manfaat
logistik

5. Logistik adalah serangkaian langkah yang sering dimanfaatkan oleh suatu perusahaan. Langkah ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal penting seperti dalam hal pengiriman barang hingga akhirnya bisa sampai pada end user.

Logistik harus diupayakan berjalan dengan baik untuk menghindari masalah. Itulah kenapa, proses pemanfaatan logistik ini harus dilakukan dengan sempurna serta dilakukan proses perencanaan yang matang.

Pengertian Logistik

Logistik adalah serangkaian kegiatan yang dimanfaatkan untuk melakukan proses pengelolaan barang. Ini mencakup proses penyimpanan, memberikan suplai barang pada produksi, hingga melakukan proses pengiriman.

Logistik meruoakan salah satu rangkaian yang cukup kompleks dan menyangkut banyak hal. Itulah kenapa, logistik sangat berperan besar dalam hal produksi hingga dalam hal penjualan.

Tanpa adanya logistik yang baik akan sangat sulit untuk memproduksi barang dengan kualitas tinggi. Selain itu, barang-barang juga tidak bisa didistribusikan secara langsung ke berbagai tempat dengan mudah.

Komponen Utama Logistik

Logistik adalah serangkaian proses yang terdiri dari banyak sekali komponen. Berikut beberapa komponen terpenting yang tidak boleh dihilangkan.

1. Lokasi yang Tepat

Salah satu komponen terpenting dari logistik yakni lokasi yang sangat tepat. Itulah kenapa biasanya pemilihan dari pusat logistik seperti gudang berada di kota besar yang bisa menjangkau beberapa wilayah di sekitarnya.

Selain itu, lokasinya juga harus besar serta mudah diakses oleh kendaraan. Ini akan memudahkan proses pemindahan barang-barang dari pabrik ke gudang atau dari gudang ke beberapa penjual atau distributor.

2. Transportasi

Selanjutnya adalah transportasi yang harus dilakukan dalam melakukan proses pengantaran barang. Transportasi juga tidak bisa diabaikan begitu saja, karena ini akan menentukan kesuksesan dari logistik.

Pengiriman logistik adalah hal penting dan umumnya terbagi menjadi dua. Pertama adalah transportasi dengan menggunakan mobil box ataupun yang memiliki ukuran lebih besar. Selanjutnya adalah transportasi dalam bentuk sepeda motor untuk mengantarkan ke end user.

3. Penyimpanan

Proses penyimpanan bisa dilakukan di dalam warehouse. Itulah kenapa, pemilihan dari Warehouse harus dilakukan dengan tepat untuk menghindari terjadinya kesalahan. Salah satunya adalah terkait dengan keamanan dari produk yang tersimpan.

Warehouse harus memiliki ukuran yang sangat besar serta memiliki beberapa bagian ruangan. Selain itu, warehouse juga harus aman dari banjir hingga beberapa masalah lainnya. Jika tidak, seluruh produk yang tersimpan di sana bisa mengalami kerusakan yang parah.

4. Manajemen Pengelolaan

Selanjutnya adalah manajemen yang harus dilakukan dengan sangat baik. Manajemen logistik adalah salah satu upaya untuk melakukan proses pengaturan dan juga komunikasi. Jadi seluruh rangkaian dari aktivitas ini bisa saling berkaitan.

Biasanya manajemen ini dilakukan untuk melakukan proses pengiriman hingga melakukan pengecekan. Berbagai hal yang berkaitan dengan verifikasi akan dilakukan secara langsung di sini. Jadi, risiko untuk mengalami kesalahan akan semakin kecil.

5. Komunikasi

Komunikasi antar divisi juga sangat penting untuk dilakukan. Dalam logistik, semua hal harus dibicarakan atau sesuai dengan kesepakatan. Dengan begitu, hal-hal yang berkaitan dengan pengiriman bisa sesuai dan tidak mengalami kesalahan.

Karena jika sampai melakukan kesalahan, akan ada banyak sekali kerugian yang didapatkan. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu mempertimbangkan hal ini dengan baik.

Manfaat Logistik Adalah?

Logistik merupakan kegiatan yang memberikan manfaat pada pemilik bisnis ataupun para penggunanya. Berikut beberapa manfaat dari logistik selengkapnya.

  1. Pemindahan Cepat

Proses pemindahan dari barang-barang bisa dilakukan dengan lebih cepat dengan hadirnya logistik. Karena dalam dunia logistik tidak hanya yang berhubungan dengan kurir saja tetapi juga komunikasi intens mulai dari atas hingga bawah.

Dengan komunikasi yang baik serta beberapa hal yang sudah diarahkan dengan sempurna, proses pemindahan bisa berjalan sesuai rencana. Jadi, kegiatan produksi hingga kegiatan penyaluran bisa berjalan dengan baik.

  1. Lebih Ekonomis

Penggunaan jasa logistik biasanya akan lebih memudahkan konsumen. Proses pengiriman bisa lebih ekonomis sehingga mereka bisa melakukan proses pembelian apapun dengan jarak yang cukup jauh.

Tarif yang lebih murah ini bisa terjadi karena proses pengiriman akan berbarengan dengan banyak barang. Jadi, kemungkinan untuk melakukan pemborosan biaya akan semakin kecil.

  1. Berorientasi pada Pemasaran

Kegiatan ini sebenarnya lebih banyak berorientasi pada pemasaran. Jadi, mulai dari pengiriman barang dari pabrik ke distributor hingga ke penjual retail dan end user bisa berjalan dengan baik.

Itulah kenapa, logistik harus benar-benar dijalankan dengan tepat untuk bisa menjalankan kegiatan sesuai dengan keinginan. Jika pemasaran terganggu, kemungkinan besar akan sulit untuk memaksimalkan semuanya

Pemanfaatan logistik harus dilakukan dengan baik agar bisa memaksimalkan bisnis yang dijalankan. Apalagi komponen dari logistik ini juga cukup banyak mulai dari pengiriman barang hingga pada proses penyimpanan dalam warehouse.

Selain itu proses pengaturan dalam hal logistik ini juga harus dilakukan dalam satu tempat. Jadi, semuanya harus terpusat sehingga proses pengecekan ataupun pengelolaan bisa berjalan dengan sangat baik.Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan Biteship. Platform ini akan memudahkan proses pengiriman dari warehouse ataupun dari gudang ke berbagai tempat dan langsung terhubung ke beberapa ekspedisi.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!