Logo Brand: Jenis, Fungsi, dan Situs Pembuat Logo Gratis

Logo Brand: Jenis, Fungsi, dan Situs Pembuat Logo Gratis

Ada banyak hal yang perlu dipikirkan dengan matang sebelum memulai bisnis, salah satunya logo brand. Bukan sekedar pajangan, logo memiliki beragam fungsi dan peran penting bagi setiap bisnis.

Namu bukan hanya fungsi yang beragam, logo juga memiliki banyak jenis. Agar tidak salah membuat logo, Anda perlu tahu dulu apa saja jenis-jenis serta fungsinya di bawah ini.

Definisi

Definisi dari logo brand adalah sebuah lambang yang terdiri dari gambar dan teks yang menjadi identitas dari suatu bisnis/perusahaan/organisasi/produk. Bisa dibilang bahwa logo merupakan identitas bisnis. Inilah mengapa logo harus sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Jenis-jenis Logo Brand

1.     Logo Simbol

Logo jenis ini berbasis grafik atau ikon. Contoh paling populer adalah gambar burung biru yang menjadi logo Twitter. Bukan hanya gambar yang relevan dengan bisnis Anda, namun juga implikasi yang lebih luas serta everlasting (tetap relevan dalam jangka panjang).

2.     Logo Kata

Logo ini berbasis font dan tidak disertai gambar. Kata pada logo mengandung nama perusahaan yang biasanya bukan berupa inisial, melainkan nama utuh. Jika merk dagang atau nama bisnis Anda cukup pendek, maka logo jenis ini cocok digunakan. Contohnya logo Adidas, Samsung, Google, PayPal.

3.     Logo Monogram

Mirip dengan jenis sebelumnya, logo monogram juga mengandung huruf. Namun, kata pada logo jenis ini biasanya bukan nama perusahaan secara utuh, melainkan singkatan saja.

Logo jenis ini banyak dipilih oleh bisnis dengan merk atau nama perusahaan yang cukup panjang. Contohnya, SCTV, RCTI, dan HBO. Singkatan ini dibuat agar nama perusahaan lebih mudah diingat oleh masyarakat. Karena fokus logo ini terletak pada inisial, maka jenis font akan menjadi poin penting.

4.     Logo Abstrak

Logo jenis memiliki tampilan abstrak yang bisa terdiri dari gambar dan huruf atau huruf saja. Contohnya adalah logo-logo mobil, seperti Audi, BMW, Toyota, Mercedes Benz, dan Lexus.

Logo abstrak biasanya dipilih untuk menyampaikan visi misi perusahaan namun secara simbolis. Saat memikirkan logo abstrak, Anda tidak harus berpatokan pada implikasi budaya pada gambar tertentu.

Baca Juga: Cara Membuat Logo Olshop yang Mudah dan Sederhana

5.     Logo Maskot

Logo jenis ini mengandung karakter bergambar. Anda bisa menampilkan gambar wajah pada logo Anda, bisa berupa wajah hewan, manusia, atau juga karakter fiktif. Beberapa bisnis besar yang menggunakan logo maskot adalah Hoka-Hoka Bento, KFC, Wendy’s, dan Tokopedia.

Masing-masing perusahaan ini memiliki logo yang bagus dan sangat mewakili jenis bisnis yang dijalankannya. Jika target pasar dari bisnis Anda adalah anak-anak atau keluarga dengan anak, maka logo maskot adalah pilihan yang tepat.

6.     Logo Lambang

Logo jenis ini mengandung font yang ditempatkan di dalam sebuah ikon atau gambar. Biasanya, desain logo ini mirip seperti segel atau lencana. Dibanding dengan beberapa jenis logo sebelumnya, logo lambang memiliki tampilan yang lebih tradisional dan justru tampak lebih mencolok.

Contoh logo lambang adalah logo sekolah dan lembaga pemerintahan. Jangan khawatir, Anda juga bisa menggunakannya sebagai logo bisnis. Contoh brand yang menggunakan logo lambang adalah Harley-Davidson dan Starbucks. Keduanya tampak sangat berkarakter dan memiliki kesan yang kuat.

7.     Logo Kombinasi

Tidak harus memilih salah satu, Anda juga bisa berkreasi dengan membuat logo kombinasi, yaitu menggabungkan logo kata, abstrak, simbol, monogram, dan maskot secara bersamaan.

Anda bisa menempatkan teks dan gambar secara berdampingan atau ditumpuk, dan bisa juga diintegrasikan bersama untuk menghasilkan sebuah gambar baru.

Baca Juga: Brand Exposure: Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Aplikasi/Situs Pembuat Logo

Tidak harus menyewa tenaga ahli, Anda bisa mencoba membuat logo brand gratis dengan aplikasi atau situs yang tersebar di internet, seperti:

1. Canva.com

Canva menjadi salah satu aplikasi paling populer untuk membuat logo sendiri, yang tersedia juga dalam bentuk situs. Ada beragam template unik dan gratis yang bisa Anda coba.

2. Zarla.com

Tanpa perlu skill khusus, Anda bisa membuat logo brand sendiri dengan mudah dan cepat lewat situs Zarla.com. Ada banyak tool online yang menarik dan ratusan contoh logo yang bisa dijadikan referensi.

3. Logomaster.ai

Desain logo seperti buatan profesional bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Logomaster.ai. Ada 100+ template siap pakai sehingga proses membuat logo akan menjadi jauh lebih cepat dan mudah, serta tentu saja gratis.

4. Turbologo.com

Cukup buka situs, lalu masukkan nama perusahaan/merk dagang Anda dan logo Anda akan jadi hanya dalam hitungan detik. Tersedia juga pilihan edit logo yang memungkinkan Anda untuk mengubah warna dan memilih jenis font. Situs ini mengklaim hasil file beresolusi tinggi dan file vektor siap pakai.

5.  Mybrandnewlogo.com

Sama mudahnya dengan situs sebelumnya, Mybrandnewlogo.com juga memungkinkan Anda untuk membuat logo sendiri dengan tools pembuat logo otomatis. Anda hanya harus melakukan 3 langkah berikut:

  • Masukkan nama
  • Lihat hasil logo
  • Edit/sesuaikan jika ada yang kurang.

Baca Juga: Inilah Rekomendasi Website Gambar Terbaik 2023

Fungsi Logo Bagi Bisnis

Menarik Perhatian

Rentang perhatian konsumen terhadap sebuah merk/brand/logo yang dilihat sangatlah singkat, yakni 2 detik. Jadi, Anda hanya memiliki 2 detik untuk menarik pelanggan lewat logo. Jika Anda memiliki logo yang unik atau lain dari yang lain, maka 2 detik pun sudah cukup untuk mencuri perhatian target pasar.

1. Kesan Pertama

Kesan pertama sangat penting dalam membangun hubungan dengan target audiens. Dengan kesan pertama yang kuat, target audiens menjadi penasaran dan akan mencari informasi lebih mengenai logo yang dilihatnya. Adanya ketertarikan dan rasa penasaran ini dapat mendorong tindakan pembelian.

2. Dasar Keseluruhan Narasi

Logo yang unik memang dapat menarik perhatian konsumen dengan cepat, namun unik saja tidak cukup. Anda perlu membuat logo brand yang dapat menjadi dasar dari keseluruhan narasi mengenai bagaimana atau seperti apa bisnis Anda dibangun.

Misalnya, logo KFC yang menggunakan logo Kolonel Sanders menarasikan tentang kisah emosional dibalik sebuah bisnis yang kini sudah sangat terkenal di berbagai negara.

Lewat logo tersebut, konsumen jadi tahu mengenai kisah Kolonel Sanders yang jatuh bangun berkali-kali sampai akhirnya dapat menciptakan resep ayam goreng yang disukai oleh berbagai kalangan dan bahkan lintas generasi.

3. Media Pengenalan

Logo menjadi salah satu media pengenalan paling pertama bagi konsumen, sehingga dikatakan juga bahwa logo merupakan titik identifikasi. Inilah mengapa logo harus dibuat sedemikian rupa agar mudah diingat.

4. Pembeda dari Kompetitor

Misalnya Anda berkecimpung di bidang kuliner dengan memilih menu ayam bakar. Menu ini bukan hanya Anda yang menjual, alias kompetitornya ada banyak. Nah, adanya logo yang akan menjadi pembeda bisnis Anda dari para kompetitor.

Selain logo brand, perhatikan juga kualitas pengiriman. Gunakan Biteship untuk memproses pengiriman dari berbagai kurir terbaik. Manajemen dan pengelolaan stok menjadi lebih mudah dan ada bantuan integrasi API. Anda juga dapat memonitor tarif dan lokasi pengiriman dari semua ekspedisi di Indonesia.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!