Ketahui Yuk, Berbagai Macam Status Pengiriman Logistik!

Saat mengirim barang logistik, Anda tentu sering mendengar mengenai status pengiriman logistik. Status pengiriman ini sering muncul karena untuk mempermudah pelanggan mengetahui sampai dimana paket mereka berada. 

Untuk itulah, setiap jasa pengiriman biasanya sudah menyediakan berbagai status yang biasanya terlihat ketika Anda memasukkan nomor resi atau struk pengiriman barang ke perangkat atau ke petugas untuk dicek. 

Pentingnya Nomor Resi untuk Status Pengiriman Logistik 

Setiap Anda mengirimkan barang. Tentu saja akan mendapatkan struk. Struk itu nantinya akan berisi nama penerima, alamat, sampai dengan biayanya. Tak lupa, dalam setiap struk barang tersebut dapat diketahui nomor resi. 

Nomor resi adalah data yang paling diperlukan untuk memantau status pengiriman barang atau logistik. Hal ini karena nomor resi dipakai untuk memantau sejauh mana paket tersebut dikirimkan oleh petugas tersebut. 

Setelah memasukkan nomor resi tersebut ke platform, Anda bisa menemukan berbagai jenis status pengiriman logistik. Dalam pengiriman barang, nantinya paket akan dibawa oleh truk pengiriman tetapi harus memperhatikan beberapa aturan. 

Barang yang sudah pengirim berikan ke jasa pengiriman bisa saja tidak langsung dikirim waktu itu juga karena harus memperhatikan over dimension overload

Tidak boleh membawa barang terlalu banyak dan melebihi kapasitasnya sehingga apabila paket tidak dikirim, bersabarlah untuk menunggu dan cek status pengiriman karena bisa jadi mengalami masalah tersebut. 

Jenis Status Pengiriman Logistik 

Berikut ini adalah beberapa status beserta artinya dari pengiriman barang. Setiap status tersebut menunjukkan arti yang berbeda-beda. Bagi pengirim dan penerima barang wajib untuk mengeceknya terutama jika barang tersebut mahal dan dalam jumlah yang besar. 

Berikut adalah jenis dan artinya: 

1. On Process 

Status pertama yang biasa muncul ketika baru selesai melakukan pengiriman barang, yaitu muncul tulisan On Process. Istilah tersebut ditampilkan ketika barang masih dalam proses ke tempat tujuan. 

Terkadang, sampai paketnya sampai tulisannya masih saja On Process karena pihak penyedia jasa pengiriman barang masih belum melakukan update. 

2. Delivered 

Jika tulisan statusnya menjadi delivered, itu tandanya paket sudah dikirim oleh kurir. Selain itu, status ini juga menunjukkan bahwa barang sudah diterima oleh penerima yang sesuai dengan alamat tersebut. 

Dengan demikian, pihak jasa pengiriman barang sudah melakukan tugasnya dengan baik. 

3. Bad Address (BA)

Selain status tentang perjalanan paket, muncul juga status masalah yang biasa terjadi saat proses pengiriman barang. Contohnya adalah Bad Address. Sesuai dengan namanya, status ini ditujukan ketika kurir sudah dalam pengantaran paket. 

Tapi, dalam perjalanannya, kurir tidak bisa menemukan alamat yang tertulis di paket tersebut. Hal ini bisa terjadi apabila pengirim salah memasukkan alamatnya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan kroscek lebih lanjut oleh pengirim dan berikan alamat secara benar. 

4. Criss Cross (CC) 

Jika menemui status ini, tandanya adalah paket yang telah dikirim ternyata salah atau tertukar dengan barang lainnya. 

5. Misroute 

Setelah mendapatkan status ini, itu berarti rute dari pengiriman yang ada di paket tersebut salah. Jadi, pengiriman nantinya akan dikirim ke alamat yang sesuai ditulis. 

6. Antar Ulang (AU) 

Antar Ulang (AU) yang tertera di status pengiriman menandakan bahwa barang sudah dibawa oleh kurir, tetapi barangnya belum diantar. Jadi, paketnya akan dikirim ulang keesokan harinya. 

7. Shipment Received By JNE Counter Officer At

Bagi pengguna jasa JNE, Anda bisa mendapatkan status pengiriman ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa paketnya sudah diantar dan diterima oleh agen JNE. Di akhir kata, akan tertulis nama kota tempat barang tersebut sampai. 

8. Departed From Transit 

Jika tertulis status tersebut, artinya paket sudah sampai di transit. Selanjutnya akan dikirimkan ke kota tujuan sesuai dengan alamat barang tersebut. 

9. Shipment Picked Up By JNE Courier 

Berikutnya adalah status yang menunjukkan bahwa barang sudah dijemput oleh kurir JNE. Untuk selanjutnya diantarkan ke agen. Untuk lebih lengkapnya tentang status pengiriman JNE ini bisa mengunjungi website resminya. 

10. Received At Sorting Center 

Jika paket yang dicek statusnya tertulis Received At Sorting Center, artinya adalah paket sudah ada di tempat sortir barang dan dilakukan pemisahan. Tujuannya agar mempermudah pengiriman barang oleh kurir sesuai dengan kota tujuannya. 

11. Received At Warehouse 

Status ini biasa muncul untuk menunjukkan bahwa barang sudah ada di gudang wilayah atau kota tujuan. Nantinya, paket tersebut akan siap dikirimkan ke agen tingkat kabupaten. 

12. Shipment Forwarded to Destination 

Status yang terakhir menunjukkan bahwa proses pengiriman paket tersebut akan dikirimkan ke tingkat kabupaten. 

Fitur Dashboard Biteship Mudahkan Cek Pengiriman Barang 

Bagi developer pengiriman barang, tidak perlu cemas untuk mendapatkan platform digital yang baik dalam membangun bisnis. Biteship menyediakan berbagai setup pengiriman barang sehingga lebih mudah untuk memonitornya dengan baik. 

Selain itu, disediakan juga pengaturan untuk kegiatan operasional perusahaan pengiriman barang. Baik Anda sebagai pelaku bisnis dan tim bisa melakukan pengawasan terkait dengan transaksi dan pengiriman yang dilakukan. Selain itu, aplikasi ini bersifat user friendly yang membuat pengguna bisa dengan mudah mengoperasikannya. Dengan demikian, status pengiriman logistik dapat dengan mudah diawasi dengan baik.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!