Payment: Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaatnya

Payment: Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaatnya
payment adalah

Sebagai masyarakat yang hidup di era modern saat ini, pastinya sudah tak asing lagi dengan istilah payment bukan? Payment adalah istilah lain dari pembayaran. Istilah ini banyak digunakan dalam kegiatan atau aktivitas jual beli. Pembayaran yang dilakukan masyarakat saat ini banyak bentuknya. 

Tentu saja seiring kemajuan teknologi sistem pembayaran atau payment system sekarang juga jadi lebih canggih. Pembayaran saat ini bahkan tidak hanya bisa dilakukan secara tunai, namun juga non tunai. Payment yang dulunya hanya bisa dilakukan face to face, kini bisa dilakukan dengan jarak jauh. 

Macam Jenis Sistem Payment Adalah?

Setelah mengetahui arti payment itu apa secara mendasar, kini yang tak kalah penting untuk dipelajari adalah tentang sistem payment itu sendiri. Seperti yang sudah dikatakan di awal ada banyak sistem payment yang saat ini bisa digunakan, mulai dari tunai hingga non tunai. 

Jika dilihat dari jenisnya, apa saja sebenarnya Jenis sistem payment ini? Mari simak berikut ini macam-macam sistem payment beserta sekilas penjelasannya: 

  1. Payment Tunai

Sistem pembayaran paling mendasar yang digunakan sejak dulu hingga eksis sampai sekarang adalah pembayaran tunai. Pembayaran tunai ini juga bisa dikategorikan sebagai jenis pembayaran konvensional. Sistem pembayaran ini menggunakan alat pembayaran langsung. 

Payment tunai hanya bisa dilakukan secara face to face atau kedua belah pihak yang bertransaksi harus langsung berhadapan. Meskipun bisa digunakan dalam jumlah nominal berapapun, namun payment tunai ini tentu masih punya kelemahan. 

Salah satu kelemahannya adalah tidak efektif waktu dan tenaga ketika jumlah nominal tunainya terlalu besar atau banyak. Untuk itu jika transaksi dengan nominal banyak, saat ini banyak orang lebih memilih menggunakan non tunai. 

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

  1. Online Payment

Berbanding terbalik dengan sistem payment tunai, kali ini ada sistem online payment. Online payment adalah salah satu sistem pembayaran yang memanfaatkan teknologi digital seperti komputer, internet, dan layanan pembayaran online lainnya. 

Online payment juga sering dikenal dengan istilah e-payment. Sistem pembayaran ini bisa dilakukan secara jarak jauh atau tidak perlu face to face. Pembayaran secara online ini biasanya dilakukan melalui payment gateway. Payment gateway sendiri dimaknai sebagai jembatan. 

Jembatan di sini maksudnya adalah perantara untuk melakukan pembayaran online. Contoh payment gateway adalah seperti e-pay BRI, Faspay, Midtrans, dan lain-lain. 

  1. Kartu Debit atau Kredit

Selanjutnya ada sistem pembayaran menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Sesuai dengan namanya, pembayaran kartu debit atau kredit ini cukup menggunakan kartu khusus saja tanpa harus mengeluarkan uang tunai. 

Sama halnya dengan pembayaran tunai, pembayaran dengan kartu ini juga harus dilakukan face to face. Hanya saja pengguna tidak perlu membawa uang dengan jumlah banyak dalam bentuk cash. 

Namun saat ini sudah banyak bank yang menyediakan kartu debit atau kredit sekaligus menyediakan akun virtualnya seperti aplikasi khusus. Nantinya kartu tersebut akan terintegrasi dengan aplikasi sehingga bisa melakukan online banking payment secara lebih mudah. 

Lantas apa arti online banking payment? Online banking payment adalah salah satu layanan pembayaran oleh bank yang dilakukan secara online. Seperti saat Anda punya saldo pada rekening bank. 

Kemudian Anda membayar transaksi online dengan akun aplikasi khusus yang sudah terintegrasi dengan kartu debit atau sejenisnya. 

  1. QRIS

QRIS ini menjadi salah satu sistem pembayaran terbaru yang ada di Indonesia. QRIS sendiri punya kepanjangan Quick Response Code Indonesian Standard. Sistem pembayaran ini dilakukan dengan cara yang sangat mudah. 

Para pengguna QRIS hanya perlu menginstal aplikasi. Kemudian saat bertransaksi, pengguna harus membuka aplikasi dan melakukan pemindaian kode QR pada kasir yang sudah melayani pembayaran dengan QR. 

Baca Juga: Cara Membuat Barcode QRIS Untuk Pembayaran

  1. Virtual Account 

Virtual account payment adalah sistem pembayaran yang mengandalkan satu ID atau kode unik dari bank. Pengguna hanya perlu memasukkan virtual account sebagai tujuan pembayaran. Dalam hal ini virtual account hampir sama seperti nomor rekening. 

Hanya saja virtual account biasanya digunakan pada aplikasi tertentu, seperti misalnya pembayaran pada e-commerce yang menggunakan dompet digital DANA. 

Apa Saja Digital Payment di Indonesia?

Indonesia sendiri dalam hal payment sudah mulai mengikuti kemajuan teknologi. Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya digital payment yang ada di Indonesia. Agar tidak penasaran, berikut di bawah ini bisa disimak macam-macam digital payment yang ada di Indonesia beserta penjelasannya: 

  1. Kartu Kredit

Digital payment yang satu ini tak hanya digunakan di Indonesia namun juga sudah populer digunakan di seluruh dunia. Biasanya penggunaan pembayaran dengan kartu kredit ini akan memberikan beberapa benefit atau keuntungan, seperti poin dan tempo bayar. 

Kartu kredit ini tak hanya bisa digunakan secara langsung atau face to face, namun juga bisa digunakan untuk berbelanja di situs e-commerce. 

  1. Mobile Banking

Contoh e-payment yang selanjutnya adalah mobile banking. Bentuk e-payment ini disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi. Jadi hanya orang yang punya rekening dan saldo di bank tertentu saja yang bisa menggunakan digital payment ini. 

Hampir semua bank saat ini sudah menyediakan layanan mobile banking yang bisa diunduh di Playstore dan pengurusan akun bisa melalui bank target. 

  1. Internet Banking

Sebenarnya internet banking ini hampir sama dengan mobile banking. Hanya saja biasanya internet banking diakses melalui situs khusus dari bank. Sedangkan mobile banking bentuknya aplikasi. 

Meski begitu fungsi atau fitur payment ini sama, misalnya transaksi transfer dana, beli pulsa, cek saldo, bayar tagihan, dan lain sebagainya. 

  1. E-Wallet

E-wallet payment adalah alat pembayaran seperti dompet namun sifatnya digital atau online. Biasanya e-wallet ini bentuknya aplikasi. Pengguna bisa menyimpan dana atau saldonya di dalam e-wallet tersebut. 

Berbeda dengan rekening, saldo yang disimpan di dalam e-wallet ini tidak ada kaitannya dengan bunga apapun. Namun beberapa transaksi menggunakan e-wallet akan membutuhkan dana administrasi yang tidak mahal. 

Beberapa contoh aplikasi e-wallet adalah seperti DANA, GoPay, dan ShopeePay, dan lain sebagainya. ID e-wallet umumnya menggunakan nomor virtual atau virtual account untuk bisa melakukan transaksi. 

Setelah belajar tentang jenis sistem payment beserta contohnya tersebut, lantas tahukah Anda apa maksud dan manfaat dari e-payment ini? Ada banyak manfaat e-payment bagi semua lapisan masyarakat, diantaranya seperti:

  • Transaksi lebih hemat tenaga dan waktu karena bisa dilakukan jarak jauh menggunakan sistem yang sudah terintegrasi. 
  • Transaksi apapun jadi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, jadi lebih fleksibel digunakan. 
  • Lebih aman digunakan karena pengguna tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah banyak kemana-mana. 
  • Banyak fitur yang disediakan untuk berbagai transaksi. 

Dari berbagai penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa online payment adalah sistem pembayaran yang jauh lebih aman dan mudah digunakan oleh masyarakat modern saat ini. Berbagai contoh dan bentuk pembayaran online tersebut sudah populer digunakan di Indonesia, bahkan di berbagai negara. 

Baca Juga: Pengertian Faktur Penjualan

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!