Ketahui Tips Memberi Added Value di Marketplace pada Produk yang Dijual

Ketahui Tips Memberi Added Value di Marketplace pada Produk yang Dijual

Semua penjual barang dan jasa mengharapkan keuntungan mereka untuk mendukung perekonomian. Untuk melakukan itu, Anda harus bisa memberi added value di marketplace terhadap produk yang Anda jual. Bagaimana caranya? Baca lebih lanjut untuk memahaminya!

Apa Itu Added Value?

Added value atau nilai tambah mengacu pada peningkatan utilitas suatu produk saat melewati berbagai tahap produksi. Ini bisa dalam bentuk fitur tambahan pada produk atau layanan untuk meningkatkan kualitas yang dirasakan pelanggan.

Sebuah bisnis dapat menggunakan cara yang berbeda untuk menambah nilai produk mereka. Misalnya, penjual komputer mungkin menawarkan perangkat lunak dan aksesori gratis untuk meningkatkan nilai suatu produk bagi pembeli.

Tips Memberi Added Value di Marketplace 

Mari kita lihat 7 cara berikut ini agar Anda dapat memberi added value di marketplace terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan:

1. Berikan Kecepatan dalam Hal Pelayanan

Kecepatan proses transaksi menjadi nilai utama bagi konsumen, karena ini adalah pengalaman pertama mereka dalam memutuskan apakah akan membeli suatu produk dan menjadi pelanggan. 

Banyak konsumen bersedia membayar lebih, selama mereka mendapatkan jaminan bahwa pembelian mereka akan tiba lebih cepat. Contohnya, layanan same-day delivery menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen dan tentunya harus sesuai dengan kecepatan pelayanan dari penjual.

Harus diingat bahwa jaminan kecepatan yang ditawarkan kepada konsumen harus diperhitungkan dengan cermat, agar bisa tetap memenuhi janji, namun tidak memberi jaminan yang berlebihan kepada konsumen.

2. Berikan Kemasan Edisi Khusus

Kemasan tidak hanya melindungi produk, tetapi juga berperan sebagai silent seller yang menarik bagi konsumen. Sebagai pemilik produk, Anda tentunya tidak ingin produk tersebut tidak menarik konsumen, hanya karena kemasan produknya yang juga tidak menarik, bukan?

Nah, di sini Anda bisa memanfaatkan hari-hari spesial dan event-event khusus untuk membuat kemasan produk yang berkaitan dengan edisi spesial tersebut. Jika anggaran Anda terbatas, Anda juga dapat memberi added value dengan menambahkan kartu ucapan pada kemasan produk Anda.

3. Tambahkan Manfaat Materi Kepada Pembeli

Ini adalah kesempatan Anda untuk memberi pembeli lebih banyak pengalaman untuk menjadi pelanggan setia. Cara yang Anda bisa lakukan adalah dengan memberikan manfaat materi tambahan pada produk yang Anda jual.

Misalnya, jika Anda menjual jilbab dan biasanya jilbab hanya tersedia dalam satu warna. Anda dapat menambahkan keuntungan materi kepada pembeli dengan menawarkan dua warna jilbab untuk digunakan dalam situasi yang berbeda. 

Anda bahkan dapat memberikan sampel produk lain kepada pembeli Anda, sehingga mereka dapat memutuskan apakah akan mengulangi pembelian produk yang Anda jual.

Baca Juga: Harga Coret di Marketplace dan Manfaatnya untuk Bisnis

4. Berikan Program Loyalty Kepada Pelanggan

Setelah Anda berhasil menarik pembeli dan mengubahnya menjadi pelanggan dengan menambahkan keuntungan materi, tantangan selanjutnya adalah bagaimana meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap merek dan produk Anda di marketplace.

Salah satu cara melakukannya adalah dengan membuat program loyalty, seperti memberikan keuntungan khusus kepada pelanggan Anda atau membuat kartu anggota yang memberikan keuntungan khusus kepada pelanggan Anda.

5. Memberikan Program Konsultasi Gratis

Jika Anda menjual produk kesehatan dan kecantikan, salah satu cara Anda dapat memberi added value di marketplace kepada pelanggan Anda adalah dengan menawarkan konsultasi gratis kepada calon pelanggan. Demi mengetahui masalah apa yang mereka hadapi dan bagaimana produk Anda dapat membantu mereka.

Lebih efektif untuk bekerja dengan seseorang yang memiliki pengalaman di bidang ini, karena meningkatkan kepercayaan konsumen. Tentunya harus disesuaikan dengan informasi dari produk bersangkutan.

6. Maksimalkan Alat Pemasaran 

Alat pemasaran penting dalam menentukan reaksi konsumen terhadap produk. Oleh karena itu, ketika melihat ulasan negatif tentang produk, Anda harus menetralisirnya sesegera mungkin dengan mengedukasi pelanggan. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi dampak negatif dari produk yang dijual, sekaligus mengevaluasinya. 

7. Ekspresikan Keramahtamahan dalam Obrolan

Pada platform marketplace digital, proses jual beli dapat diatur secara seragam oleh sistem. Namun, selama proses tersebut, pemilik usaha memiliki kendali sepenuhnya untuk menyapa pelanggan melalui fitur obrolan di marketplace tersebut.

Tidak ada salahnya memulai percakapan dengan calon pelanggan untuk menunjukkan bahwa sebagai penjual, Anda peduli. Misalnya, sekadar berterima kasih kepada pelanggan atas pembeliannya atau menanyakan apakah pelanggan menginginkan kemasan khusus untuk pembeliannya.

Gunakanlah tema obrolan yang variatif untuk membangun interaksi positif, agar bisa memberikan nilai tambah terhadap toko Anda di platform marketplace tersebut.

Baca Juga: Cara COD di Tokopedia dengan Cepat dan Mudah

Manfaat Memberi Added Value di Marketplace Pada Produk

Memberi added value di marketplace sangat menguntungkan bisnis. Kemudian, ketika Anda bisa menjadi lebih baik dari pesaing dan mempertahankannya dari waktu ke waktu, Anda dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan lagi dan lagi. Berikut manfaatnya:  

1. Menghasilkan Lebih Banyak Keuntungan

Pemberian added value biasanya berbanding lurus dengan keuntungan. Oleh karena itu, semakin banyak nilai tambah yang Anda berikan, semakin besar keinginan konsumen untuk membayar lebih. Sebaliknya, tanpa added value, konsumen tidak akan membeli produk lagi, mereka akan memilih produk yang memiliki added value lainnya.

2. Perusahaan Dapat Memberikan Biaya Tinggi

Produk dan layanan yang bernilai tinggi juga mahal. Harga yang lebih tinggi ini nantinya akan mendatangkan keuntungan lebih bagi perusahaan, jika dapat menjual produk tersebut dalam jumlah banyak.

3. Produk Terlihat Lebih Menonjol

Nilai tambah suatu produk, baik dari segi kualitas, fungsi, maupun pelayanan, menjadikannya unggul dan unik dibandingkan dengan produk pesaing sejenis. Secara tidak langsung, keunggulan dan keunikannya dapat meningkatkan minat pelanggan terhadap produk tersebut.

4. Efisiensi Biaya Jangka Panjang

Produk bernilai tinggi membantu perusahaan untuk mengeksploitasi peluang pasar dan mendominasi pasar melalui keunggulan dan keunikannya. Inisiatif nilai tambah, sukses menciptakan basis pelanggan. Hal ini memungkinkan perusahaan menghemat budget advertising dan promosi lainnya saat akan meluncurkan produk baru nantinya.

Baca Juga: Kenali Ecommerce Enabler, Tipe, dan Layanannya

Sudah Tahu Bagaimana Cara Memberi Added di Marketplace?

Ada banyak cara untuk memberi added value di marketplace terhadap produk yang Anda jual. Jangan ragu untuk menawarkan promosi khusus juga kepada konsumen Anda untuk menjadikan bisnis Anda lebih unik dari para kompetitor Anda. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!