Mengenal TikTok Shop yang Makin Diminati Banyak Pembeli

Siapa yang tidak kenal dengan media sosial bernama TikTok? Bukan hanya sebagai media sosial, TikTok juga melebarkan sayapnya sebagai marketplace yang menguntungkan. TikTok Shop adalah fitur marketplace yang memungkinkan penjual dan pembeli bertemu. 

Sebagai media sosial, TikTok mungkin sudah memiliki banyak pengguna, termasuk di Indonesia. Meski begitu, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara menggunakan TikTok sebagai marketplace dan berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

Apa Itu TikTok Shop?

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya Anda tahu apa yang dimaksud TikTok Shop, yakni platform e-niaga sosial yang memberikan fasilitas bagi penjual untuk menawarkan produknya kepada pengguna TikTok dengan berbagai ketentuan yang harus terpenuhi.

Toko di TikTok memberikan akses ke pusat penjual dengan berbagai fitur atau layanan yang bisa Anda manfaatkan. Penjual juga bisa mengunggah, mengelola informasi maupun daftar produk agar pengguna TikTok bisa melihatnya. 

Sebagai marketplace, TikTok berperan dalam penerimaan pesanan, penyelesaian penjualan, melacak pengiriman, menyusun rencana promosi dan lain sebagainya. Berbagai fitur menarik juga bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan penjualan, seperti fitur afiliasi dan etalase.

Keunggulan TikTok Shop

Dalam dunia komersial online, keberadaan TikTok memberikan kemudahan pembuatan akun sekaligus bisa disambungkan pada akun toko setelah proses verifikasi. Bagi Anda yang masih ragu menggunakan toko TikTok, maka bisa menyimak beberapa keunggulan berikut ini. 

  • Gratis ongkir dan faktur adalah layanan yang bisa didapatkan
  • Promosi berbayar dengan fitur TikTok Ads
  • Memudahkan indeks konten atau produk dengan fitur hashtag atau tagar
  • Potensi pasar yang tinggi karena pengguna TikTok yang makin bertambah
  • Jangkauan pasar luas karena TikTok mudah diakses
  • Mudah digunakan dan populer di generasi muda
  • Bentuknya praktis dan bisa dihubungkan dengan media sosial lain
  • Tempat membangun bisnis yang tepat

Jenis Iklan di TikTok Shop

1. Collection Ads

Jenis iklan TikTok yang satu ini memungkinkan brand menyertakan slides yang menampilkan berbagai produk dalam bentuk video in-feed. Pengguna akan dibawa pergi ke halaman galeri ketika klik slide sehingga Anda bisa menelusuri produk hingga melakukan pembelian.

Iklan ini cocok untuk meningkatkan traffic pengguna ke website brand dengan penawaran waktu terbatas, peluncuran produk terbaru atau penjualan musiman. 

2. Dynamic Showcase Ads (DSA)

Jenis iklan TikTok kedua yang bisa Anda manfaatkan adalah Dynamic Showcase Ads (DSA) yang memungkinkan brand menggunakan konten video yang dipersonalisasi untuk menawarkan ribuan hingga jutaan produk dengan spesifik audiens sebagai targetnya.

Target audiens dibentuk berdasarkan aktivitas belanja dan minat mereka karena produk dalam keranjang bisa terlihat. Berbagai rangkaian template DSA telah disediakan TikTok untuk membantu pemilik brand membuat video. 

3. Lead Generation

Jika Anda ingin mendapatkan informasi pengguna TikTok melalui formulir online, maka jenis iklan lead generation adalah pilihan yang tepat. Iklan video in-feed ini paling cocok untuk brand dengan siklus penjualan lebih lama, seperti menawarkan jasa atau layanan.

Misalnya saja, iklan video yang mengajak pengguna TikTok untuk menginstall aplikasi atau melakukan pendaftaran.

Cara Mendaftar TikTok Shop

Pengguna TikTok semakin hari bertambah pesat hingga membuat peluang bisnis makin terbuka lebar jika Anda bisa memanfaatkan toko TikTok ini. Sebelum menjual produk di TikTok, Anda harus mendaftar atau memiliki akun terlebih dahulu di aplikasi TikTok.

Setelah itu, Anda akan menjumpai fitur Informasi Orientasi selama proses pendaftaran di mana pihak TikTok akan menilai apakah akun TikTok Anda berhak menggunakan fitur toko ini. Berikut ini tahapan membuat akun toko di TikTok.

  • Jika Anda sudah memiliki akun TikTok, tinggal buka halaman utama pendaftaran lalu klik “Daftar dengan akun TikTok”.
  • Masukkan nomor ponsel atau surel untuk masuk ke akun TikTok dan jangan lupa lakukan verifikasi terlebih dulu.
  • Masukkan informasi terkait nomor kontak dan alamat gudang toko.
  • Tambahkan produk yang akan ditampilkan pada etalase.
  • Jika Anda merupakan badan usaha atau korporasi gunakan Nomor Induk Berusaha sebagai verifikasi dokumen, namun bagi penjual individu bisa menggunakan KTP.
  • Setelah proses verifikasi dokumen disetujui, jangan lupa untuk menghubungkan rekening bank untuk pencairan dana. 

Tips Berjualan di Toko TikTok 

1. Optimalkan Etalase pada TikTok

Etalase yang ada di TikTok sama dengan toko offline yang sangat berpengaruh dalam menarik minat pelanggan. Tips yang bisa Anda lakukan adalah menampilkan produk dengan gambar yang berkualitas dan unik sehingga banyak pengguna TikTok yang tertarik membeli.

Pastikan Anda menggunakan gambar produk yang unik dengan ciri khas brand yang dimiliki. Jangan lupa untuk menambahkan nama produk dengan maksimal 34 karakter. Sertakan pula informasi lengkap dan detail terkait produk yang Anda tawarkan dalam etalase.

2. Berikan Informasi tentang Toko Anda

Tidak mudah bagi toko yang baru memulai bisnis atau penjualannya. Jangan hanya menunggu audiens menemukan sendiri toko TikTok milik Anda karena ini membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi persaingan bisnis yang cukup ketat di TikTok.

Tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah membuat beberapa konten TikTok yang mengarahkan audiens untuk berbelanja di akun TikTok.

3. Promosikan Produk di Etalase

Hal mutlak yang tidak boleh dilewatkan dalam berbisnis adalah melakukan promosi, apalagi Anda berada dalam platform TikTok. Lakukan promosi katalog produk jika Anda sudah memiliki akun Toko di TikTok untuk memperkenalkan toko maupun produk.

Anda bisa membuat video kreatif sambil menyebutkan produk yang ditawarkan lalu arahkan pengguna TikTok menuju toko Anda. Sentuhan humor dalam video akan memberikan keunikan tersendiri yang bisa menarik pengguna TikTok. 

4. Kerja Sama dengan Influencer

Peran influencer terhadap penjualan sangatlah penting, bahkan bisa meningkatkan penjualan dalam jumlah yang fantastis. Tidak ada salahnya Anda melakukan kerja sama dengan influencer TikTok untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan sesuai target.

Pastikan Anda memilih influencer yang cocok dengan produk yang ditawarkan dan mampu bekerja secara profesional dengan memahami brand terlebih dahulu.Pesanan TikTok Shop yang banyak membuat Anda akan kesulitan mengelolanya sehingga membutuhkan perusahaan logistik yang terpercaya, seperti Biteship. Kami akan membantu Anda mengurus hal-hal tentang pengelolaan logistik dengan pelayanan terbaik kami.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!