Cara Dropship Shopee dan Jenis Barang yang Bisa Ditawarkan

Memulai usaha saat ini semakin mudah dengan maraknya sistem penjualan online. Ada satu sistem yang membuat penjualan online semakin banyak digemari, yakni dropship. Sebagai salah satu e-commerce terbesar, sistem dropship Shopee menjadi salah satu pilihannya.

Tidak hanya mudah, memulai usaha dropship di Shopee bisa mendapatkan banyak keuntungan. Apalagi Shopee memiliki program kelas untuk para pemula yang ingin memulai usaha. Pasar Shopee yang luas juga menjadi salah satu keuntungannya.

Apa itu Sistem Dropship?

Dropship merupakan salah satu sistem berjualan yang banyak menyita perhatian. Sebab, memulai usaha dengan sistem ini, para pelaku usaha tidak perlu lagi menyimpan barang di tokonya. Apalagi sejak sistem belanja online semakin merajalela.

Sistem dropship menjadi pilihan orang yang ingin menambah penghasilan dari berjualan. Jika Anda memulai sistem ini, Anda tidak perlu lagi menyetok barang di rumah. Namun, Anda tinggal bekerjasama dengan produsen untuk mengirimkan barang yang diinginkan pembeli.

Jadi, Anda hanya bertugas untuk mencari pembeli dengan gencar mempromosikan barang-barangnya. Setelah itu, Anda menghubungi produsen untuk mengirim barang yang sesuai pesanan pembeli. Intinya, pelaku dropship disini tugasnya menghubungkan penjual dan produsen atau supplier barang.

Pelaku dropship disebut sebagai dropshipper. Dropship Shopee adalah sistem berjualan online sebagai dropshipper di aplikasi Shopee. Jika tertarik dengan sistem ini, Anda hanya perlu membuka akun Shopee dan mencari supplier barang yang diinginkan.

Tidak ada syarat khusus untuk menjadi dropshipper di Shopee. Akun Shopee dan produsen atau supplier barang adalah dua hal penting yang diperlukan untuk memulai usaha ini. Lalu, bagaimana cara memulai usaha ini? Simak artikel ini hingga selesai, ya.

Cara Dropship Shopee

Agar usaha dropship berjalan dengan baik, maka seorang dropshipper harus membuat perencanaan. Sebab, semua usaha bisa dijalankan dengan adanya perencanaan yang dibuat. Maka dari itu, ada rangkaian cara yang harus dilakukan untuk memulai usaha ini.

Meskipun terdengar sangat mudah, usaha dropship tetap harus direncanakan dengan matang. Mulai dari membuat akun dan memasarkannya, semuanya butuh proses yang tidak instan. Agar proses usaha ini berjalan lancar, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Buat Akun Shopee

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja membuat akun Shopee. Pastikan Anda langsung mendaftar di aplikasi atau website resmi Shopee. Penggunaan aplikasi lebih dianggap efisien dan mudah. Anda bisa menginstalnya melalui ponsel dari Play Store.

Buatlah akun dengan nama yang ingin Anda gunakan sebagai dropshipper. Tujuannya agar produsen mengenal Anda sebagai salah satu dropshippernya. Akun Shopee inilah yang nantinya akan Anda gunakan untuk memesan barang dari supplier atau produsen.

  1. Cari Supplier Barang yang Dijual

Langkah selanjutnya adalah mencari pemasok barang atau supplier. Carilah produsen yang memproduksi barang yang sesuai dengan target pasar Anda. Meskipun banyak yang tahu bahwa memulai usaha dropship Shopee terkesan tidak memiliki modal.

Padahal modal utama dari seorang dropshipper adalah mencari pemasok yang dapat dipercaya dan berkualitas. Jangan sembarangan bekerjasama dengan pemasok, Anda harus memastikan kualitas dan kredibilitas dari supplier tersebut.

Dengan begitu, usaha dropship yang Anda kembangkan akan lebih mudah dipercaya oleh calon pembeli. Ada beberapa tips lainnya yang bisa diterapkan ketika ingin mencari supplier, di antaranya:

  • Lakukan riset pasar yakni mencari produk-produk yang sedang digemari konsumen.
  • Ketahui target pasar Anda sehingga produk yang ditawarkan bisa menjangkau kalangan yang memang membutuhkan produk tersebut.
  • Buat daftar barang-barang yang memungkinkan untuk Anda tawarkan.
  • Cari supplier yang memproduksi atau memasok barang-barang tersebut. Lihatlah rekam jejak penjualan supplier tersebut dan respon konsumen terhadap penjualan barang yang telah dilakukan.
  • Pilih supplier yang memiliki penjualan stabil, mendapat penilaian baik dari konsumen, serta sesuai target pasar Anda.
  • Jalin hubungan yang baik dengan supplier agar usaha dropship yang dilakukan dapat berkembang dengan baik.
  1. Tawarkan Barang

Sistem dropship Shopee hanya memerlukan koneksi internet untuk memasarkan barang. Caranya, Anda cukup buat sosial media dengan nama yang ingin digunakan sebagai dropshipper. Lakukanlah promosi dengan maksimal di sosial media tersebut.

TikTok dan Instagram menjadi sosial media unggulan yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan barang. Buat berbagai konten menarik dari produk-produk yang ditawarkan. Konten yang bisa dibuat di antaranya unboxing dan review produk.

Selain itu, tentu saja Anda harus membuat daftar produk yang ditawarkan di sosial media tersebut. Selain konten-konten menarik itu, buatlah deskripsi produk yang menyertakan bahan, cara menggunakan, serta hal lain yang berhubungan dengan barang tersebut.

Gambar maupun deskripsi produk, bisa Anda dapatkan dari supplier atau produsen. Anda tinggal mempostingnya melalui sosial media yang telah dibuat. Agar calon konsumen semakin percaya, Anda juga bisa memposting review dan respon konsumen terhadap produk yang telah dibeli.

  1. Buat Catatan Pemesanan Barang

Apabila barang berhasil dipesan, tentu saja Anda harus membuat catatan siapa saja yang melakukan pemesanan barang. Jenis dan jumlah barang serta alamat pembeli adalah hal-hal penting yang harus Anda catat.

Agar pemesanan bisa tercatat dengan baik, manfaatkanlah teknologi yang ada. Cantumkan link WhatsApp di sosial media. Link tersebut digunakan untuk memudahkan calon konsumen melakukan pemesanan.

Selain itu, catatan pemesanan barang juga tercatat dengan baik melalui link pemesanan ini. Sehingga, Anda bisa lebih terbantu untuk mencatat pemesanan barang.

  1. Pesankan Barang

Cara terakhir yang harus dilakukan, tentu saja melakukan pemesanan barang. Setelah membuat catatan pemesanan, Anda langsung melakukan pemesanan barang melalui aplikasi Shopee. Lakukan pemesanan dengan akun yang telah dibuat sebelumnya.

Adapun cara melakukan pemesanan sebagai dropshipper di Shopee diantaranya sebagai berikut:

  • Masuk ke akun Shopee yang telah dibuat.
  • Cari toko supplier atau pemasok barang yang ditawarkan.
  • Pilih barang yang dipesan konsumen.
  • Tentukan jumlah barang yang dipesan.
  • Lakukan pemesanan dengan mengklik tombol ‘Chekout’.
  • Isi alamat penerima sesuai alamat konsumen yang memesan barang.
  • Klik kotak ‘Kirim sebagai dropshipper’ di bagian pengisian alamat jika melakukan pemesanan di website. Sedangkan, fitur kotak ini akan terlihat di bagian paling bawah pada aplikasi Shopee.
  • Pastikan barang dan alamat sudah sesuai. Jangan lupa tulis nama penerima dan nomor ponselnya.
  • Klik tombol ‘Buat pesanan’.
  • Proses pemesanan barang selesai.

Jenis Barang yang Bisa Ditawarkan

Berbagai barang kebutuhan sehari-hari menjadi salah satu jenis barang yang bisa ditawarkan ketika membuka usaha sebagai dropshipper. Pilihlah satu kategori barang yang sesuai dengan target pasar Anda. Adapun ide jenis barang-barang yang bisa ditawarkan di antaranya:

  • Berbagai model jilbab
  • Berbagai jenis buku
  • Perlengkapan rumah tangga, seperti sapu, alat makan dan lain sebagainya
  • Pernak pernik seperti jepit rambut, gunting kuku dan sebagainya
  • Aksesoris, mulai dari cincin hingga kalung
  • Berbagai jenis pakaian
  • Dan lain sebagainya

Selain melakukan pembayaran biaya admin Shopee, penjual di aplikasi Shopee juga bisa menawarkan jasa dropship Shopee. Bagi dropshipper, sistem ini sangat menguntungkan dan memudahkannya dalam memulai bisnis online tanpa harus menyetok barang. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!