Packing Kue Kering: Tips dan Jenis Material Kemasan yang Bisa Digunakan

Salah satu tantangan ketika kirim kue kering ke tempat yang jauh adalah risiko remuk atau pecah. Oleh karena itu, Anda harus paham cara packing kue kering yang benar dan memilih material bungkusan yang cocok. Jenis material yang digunakan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kue kering adalah kue “wajib” yang hampir selalu ada saat hari raya Idul Fitri. Ada beragam jenis kue kering yang disajikan untuk tamu ketika lebaran seperti putri salju, nastar, semprit, kastengel dan sebagainya. Banyak orang menjadikan kue kering sebagai hampers atau bingkisan saat hari raya.

Pilihan Jenis Packing Kue Kering

Jika Anda masih awam dengan jenis-jenis kemasan kue, maka ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dulu berbagai opsi material kemasan. Pemilihan jenis material packaging harus disesuaikan dengan tujuannya, apakah sekedar faktor keamanan atau juga estetika.

1. Toples Bahan Plastik

Salah satu material packing kue kering yang paling lumrah digunakan adalah toples bahan plastik. Toples dari plastik bening ini biasa dipilih UMKM kue kering atau produsen skala rumahan untuk mengemas kuenya karena memang lebih murah. 

Meski murah, namun toples bening bahan plastik ini tetap layak dan tampak manis saat digunakan. Wadah yang transparan juga memudahkan konsumen untuk melihat kondisi kue dari luar.

2. Kemasan dari Mika

Untuk beberapa jenis kue kering yang tidak begitu rentan pecah, maka kemasan dari mika bisa dipilih. Kemasan dari mika bisa menjadi alternatif toples plastik terutama jika pengiriman kue kering tidak begitu jauh. Kelebihan kemasan mika bentuk persegi panjang adalah harga packingnya yang lebih murah.

3. Jar Bahan Kaca

Jika jenis kue kering yang Anda jual termasuk ke dalam kelas premium, maka jar bahan kaca adalah pilihan terbaik. 

Jar berbahan kaca memiliki keunggulan terutama dari sisi estetika atau penampilan yang mewah. Kekurangan jar bahan kaca adalah harga lebih mahal dan rentan pecah ketika pengiriman jarak jauh.

4. Kemasan dari Kaleng

Packing kue kering juga bisa menggunakan bahan kaleng sebagaimana yang biasa kita temui di minimarket atau supermarket untuk brand-brand nasional. 

Kemasan kaleng memiliki kelebihan berupa tutup yang lebih rapat sehingga kue kering lebih tahan lama. Selain itu, kemasan kaleng juga lebih kokoh saat pengiriman.

7 Tips Packing Kue Lebaran yang Aman dan Tepat

Kue kering yang dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi sangat rentan hancur dan remuk ketika perjalanan. Oleh karena itu Anda yang membuka jasa parcel kue kering atau berjualan kue satu ini harus paham tips packing kue kering yang akan dikirim memakai ekspedisi.

1. Wadah Kue Kering Harus Diisi Penuh

Saat menyusun kue kering di dalam wadah kue kering, pastikan Anda menyusun kue di dalamnya hingga penuh dan padat. Jangan sisakan rongga kosong di dalam wadah kue kering karena bisa menyebabkan kue kering saling bertumbukan ketika dibawa perjalanan. 

Kue kering yang bergerak dan bertumbukan tersebut akan menyebabkan kue pecah dan remuk. Tata kue kering dengan rapi dan juga rapat hingga tidak ada celah tersisa.

2. Bungkus dengan Bubble Wrap yang Banyak

Bagaimana cara packing kue kering agar tidak hancur? Salah satu kuncinya ada pada penggunaan bubble wrap yang cukup banyak. Usahakan Anda menambahkan lapisan bubble wrap di seluruh wadah kue kering untuk mencegah terjadinya benturan hingga ke bagian dalam kemasan.

Bubble wrap yang tebal akan menahan benturan sehingga tidak menyebabkan toples dan kue kering di dalamnya rusak. Sebaiknya lapisi dengan lebih dari 2 lapis bubble wrap jika ingin aman.

3. Toples Harus Disusun Rapi

Jika Anda ingin mengirimkan lebih dari satu wadah toples kue kering, maka Anda bisa memasukkan seluruh toples tersebut ke dalam kotak kardus. Ketika Anda memasukkan toples kue kering ke dalam kardus usahakan toples tersebut tersusun rapi di dalamnya. 

Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya benturan ketika perjalanan apabila toples tidak disusun dengan rapi. Hindari ruang kosong terlalu besar antara toples yang bisa membuat toples bergerak dan berbenturan. 

Jika seluruh wadah toples sudah masuk dan masih ada ruang tersisa, Anda bisa mengganjalnya dengan bola dari koran bekas, kardus yang dilipat atau sisa bubble wrap.

4. Tutup Toples Ditambahi Selotip

Jika kue kering sudah disusun di dalam wadah toples, cara packing kue kering ke luar kota selanjutnya adalah memberikan selotip atau lakban pada tutup toples. Tujuan diberikannya selotip pada tutup toples adalah agar penutup toples tidak terlepas ketika perjalanan. 

Apabila penutup toples terlepas, maka hal tersebut bisa menyebabkan kue kering berhamburan keluar dan remuk. Sehingga Anda disarankan untuk memasang segel dari selotip pada sekeliling tutup toples. Beri tanda berupa kertas yang ditempel di ujung selotip sehingga selotip mudah dilepas.

5. Atur Tata Letak Wadah Toples Kue

Ketika Anda menyusun wadah toples kue kering di dalam kardus, pastikan Anda mengatur tata letak wadah tersebut dengan benar. Untuk wadah kue kering yang lebih berat, letakkan wadah tersebut di bagian paling bawah kardus. 

Sementara wadah kue kering dengan isi yang lebih ringan diletakkan di bagian atas. Tujuannya untuk untuk mencegah kue kering hancur akibat tekanan berlebihan dari bagian atasnya.

6. Pasang Label Barang Mudah Pecah (Fragile)

Setelah seluruh wadah toples kue kering disusun di dalam kardus, Anda bisa menutup kardus dan menambahkan isolasi di bagian luar agar lebih rekat. Cek seluruh sisi kardus untuk memastikan tidak ada bagian yang terbuka. 

Langkah terakhir, berikan label barang mudah pecah atau fragile di bagian luar kardus. Label ini sebagai penanda kepada pihak ekspedisi agar memperlakukan barang yang Anda kirimkan dengan lebih hati-hati. 

Hal ini mengingat kurir ekspedisi terkadang kurang hati-hati saat memindahkan barang sehingga risiko pecah saat perjalanan.

7. Memilih Jasa Pengiriman yang Tepat

Setelah tahap packing sudah selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya yang harus dipikirkan adalah pemilihan jasa kirim yang tepat. Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, kirim kue kering pakai apa? Sebenarnya Anda bisa menggunakan kurir ekspedisi mana saja untuk mengirimkan parcel kue kering. 

Namun, karena pilihan kurir ekspedisi banyak, ada kalanya konsumen bingung menentukan kurir yang tepat.  Untuk itulah Biteship hadir menjembatani antara konsumen dan juga jasa ekspedisi ternama di tanah air. 

Biteship adalah perusahaan yang sudah terintegrasi dengan puluhan jasa ekspedisi utama Indonesia, mulai dari ekspedisi regular hingga kargo. Anda bisa membandingkan langsung harga dan pelayanan dari masing-masing ekspedisi di https://biteship.com/id/. Jika Anda berencana untuk menjadikan kue kering sebagai bingkisan lebaran bagi sanak saudara atau sahabat, pastikan Anda tahu cara packing kue kering yang aman dan tepat. Selain cara pengemasan, Anda juga harus paham jenis-jenis material atau bungkusan yang bisa digunakan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!