Panduan Cara Cek Resi Tikindo Cepat dan Mudah 2022

Jika Anda merupakan pengguna layanan pengiriman dari Tikindo, akan sangat mudah untuk melakukan pelacakan terhadap barang yang dikirimkan. Karena Tikindo menyediakan fasilitas cek resi Tikindo melalui layanan Tracking yang memungkinkan penggunanya memantau pengiriman paket.

Tikindo sendiri merupakan salah satu penyedia jasa pengiriman yang sering dijadikan alternatif pilihan untuk kebutuhan pengiriman barang. Dengan banyaknya agen di berbagai daerah, pelanggan bisa dengan mudah menggunakan jenis layanan yang disediakan.

Sekilas Tentang Tikindo

Tikindo merupakan perusahaan jasa pengiriman yang telah berdiri sejak Maret tahun 2001. Sekilas namanya memang mirip dengan TIKI, namun rupanya kedua jenis jasa pengiriman ini merupakan perusahaan yang berbeda.

Di awal usahanya, Tikindo menyediakan layanan pengiriman barang dan dokumen dengan jalur darat, laut maupun udara. Mulai tahun 2011 Tikindo menyediakan jasa kurir dengan keagenan yang telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Jenis Layanan Pengiriman Tikindo

Sebelum mulai membahas cara cek resi Tikindo, ada baiknya Anda mengetahui jenis layanan yang disediakan sehingga bisa memilih yang paling tepat. Dalam hal ini Tikindo menyediakan 4 jenis layanan pengiriman seperti berikut:

  1. Tikindo Same Day Delivery

Sesuai dengan namanya, SDD (Same Day Delivery) dari Tikindo menawarkan pengiriman dalam waktu cepat dengan garansi paket kiriman sampai di hari yang sama. Tentunya jenis layanan ini sangat cocok untuk keperluan yang mendesak dan terburu-buru.

  1. Tikindo One Night Express

Meskipun tidak secepat SDD, namun pengiriman One Night Express (ONE) dari Tikindo juga masih terbilang cepat. Karena barang yang dikirimkan bisa sampai di alamat tujuan keesokan harinya sebelum pukul 00.00 waktu setempat.

  1. Tikindo Two Days Service

Jenis layanan selanjutnya adalah Tikindo Two Day Service yang memungkinkan barang kiriman bisa sampai di tempat tujuan dalam waktu dua hari kerja saja. Untuk klaim paketnya sendiri tidak melebihi pukul 00.00.

  1. Tikindo Reguler

Jika dibandingkan dengan jenis layanan sebelumnya, Tikindo Reguler menawarkan tarif pengiriman yang paling murah. Hanya saja, untuk jenis layanan ini membutuhkan waktu pengiriman yang lebih lama dibandingkan dengan Two Day Service (2D) Tikindo.

Cara Cek Resi Tikindo

Untuk melakukan pengecekan dan pelacakan barang kiriman, Anda perlu mengakses situs resmi Tikindo terlebih dahulu di www.tikindo.co.id. Cara cek resi via Tikindo secara online ini tentunya sangat menguntungkan karena mampu menghasilkan informasi yang cepat dan akurat.

Setelah masuk ke situs resmi Tikindo, akan terlihat halaman utama yang memuat menu Tracking. Anda hanya perlu memasukkan nomor resi sesuai yang dimiliki dan kemudian menekan tombol Track This untuk melacak keberadaan paket pengiriman.

Selanjutnya akan terlihat informasi lengkap terkait nama pengirim, alamat asal serta alamat yang dituju, nama paket, berat barang dan jumlah barang secara detail. Dengan demikian Anda bisa mengetahui dengan jelas keberadaan paket melalui fitur Tracking yang disediakan Tikindo.

Bagaimana Cara Cek Biaya Pengiriman Tikindo?

Selain mencari tahu cara cek resi Tikindo, tentunya Anda juga ingin mengetahui bagaimana cara cek biaya pengiriman menggunakan jasa Tikindo. Caranya pun cukup sederhana sehingga Anda bisa dengan mudah mengeceknya melalui perangkat mobile.

Pertama Anda harus mengakses situs resmi Tikindo. Jika berhasil masuk, maka bisa langsung menuju ke menu Cek Biaya Kiriman yang berada samping kanan. 

Selanjutnya tinggal isi pada daerah asal, daerah tujuan, dan berat barang yang dikirim dalam satuan kilogram. Kemudian tekan pada tombol Cek.

Nantinya akan muncul informasi mengenai rincian dan estimasi tarif pengiriman yang harus dikeluarkan sesuai dengan daerah asal, tujuan serta berat barang yang diisikan. Tarif yang muncul juga disesuaikan dengan jenis layanan yang akan Anda gunakan.

Cara Cek Resi Tikindo dengan Biteship

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara mengecek resi Tikindo melalui situs resmi dan juga estimasi biaya pengirimannya, sebaiknya Anda juga mengetahui cara cek resi melalui Biteship sebagai alternatif jika situs resminya sedang bermasalah atau tidak bisa diakses.

Biteship sendiri merupakan platform yang menyediakan layanan cek resi untuk semua ekspedisi, termasuk cek resi Cito Express, TIKI, JNE, J&T, Pahala Express, SAP Express dan lain sebagainya. Sebagai penyedia layanan yang terpercaya, informasi yang diberikan tentunya lebih akurat.

Cara melacak pengiriman melalui Biteship juga cukup sederhana dan praktis karena Anda bisa mengaksesnya secara online di perangkat mobile. Berikut ini adalah proses pengecekannya:

  • Pertama silakan akses situs Biteship dan masuk ke menu Cek Resi.
  • Nantinya akan muncul halaman Cek Resi Berbagai Ekspedisi.
  • Anda hanya perlu memasukkan nomor resi secara lengkap bahkan bisa sampai 50 resi.
  • Selanjutnya tinggal klik pada kolom Cek Resi dan informasi yang dibutuhkan akan muncul secara otomatis.

Pada dasarnya cek resi Tikindo hampir sama dengan berbagai jenis layanan pengiriman lainnya. Karena di situs resmi biasanya sudah tersedia fasilitas cek resi sehingga memudahkan penggunanya untuk melacak paket. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur cek resi layanan Biteship.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!