Apa itu Peluang Usaha? Pengertian, Ciri-Ciri, dan Tips Menemukannya

Apa itu Peluang Usaha? Pengertian, Ciri-Ciri, dan Tips Menemukannya

Sukses menjadi pengusaha bukan hal yang mudah. Butuh perjuangan dan konsistensi untuk bisa mewujudkannya. Dari sekian banyak cerita, mungkin Anda bisa mengetahui peluang usaha adalah pondasi pertama yang akan menjadi jembatan meniti karir menjadi entrepreneur.

Pengertian Peluang Usaha

Peluang usaha terdiri dari dua suku kata, yakni peluang yang memiliki arti kesempatan dan usaha yang bermakna upaya untuk mencapai tujuan. Jadi, peluang usaha adalah kesempatan yang banyak dicari oleh seseorang dengan tujuan mendirikan suatu bisnis untuk memperoleh keuntungan.

Melalui peluang ini Anda bisa memetakan bisnis apa yang sekiranya hendak dijalankan. Kesempatan ini tidak datang secara tiba-tiba, butuh usaha untuk mendapatkannya. Mulai dari riset pasar hingga mencari tahu kesempatan berkembangnya harus Anda lewati terlebih dahulu.

Ciri-Ciri Peluang Usaha

Peluang usaha adalah emas yang harus digali, diolah, kemudian dijual. Mungkin selama ini Anda sudah memiliki ide untuk membuka bisnis, namun belum tentu ide tersebut masuk ke dalam peluang potensial. Bagaimana cara mengetahui apakah ide yang Anda miliki potensial? Perhatikan ciri-ciri berikut ini:

  • Tidak meniru bisnis orang lain.
  • Dapat berinovasi sesuai dengan trend yang berkembang.
  • Mempunyai harga atau nilai jual.
  • Modal yang Anda keluarkan tidak besar.
  • Keuntungan menjanjikan.
  • Dapat bertahan lama dan memiliki prospek kedepannya.
  • Sesuai dengan keinginan dan didasari keyakinan serta kesuksesan.
  • Dapat mengatasi perubahan dan persaingan yang ada di pasar.

Tips Menemukan Peluang Usaha

Setelah mengetahui tentang pengertian dan ciri-cirinya, Anda juga harus membaca tentang tips menemukan peluang bisnis. Informasi ini bisa membantu Anda mendapatkan ide bisnis yang bagus dan potensial. Adapun tips menemukan peluang usaha adalah sebagai berikut:

1. Mulai dari Diri Sendiri

Ide bisnis bisa datang dari mana saja. Akan tetapi, jauh lebih baik apabila ide tersebut berasal dari kemampuan diri Anda sendiri sehingga lebih mudah untuk dijalankan. Tidak perlu jauh-jauh, cukup sesuaikan saja dengan keahlian, hobi, latar belakang pendidikan, keterampilan, dan lain sebagainya.

Memulai dari diri sendiri akan membuat Anda lebih dalam mengetahui peluang bisnis tersebut. Agar lebih yakin, Anda dapat mencarinya dengan membuat daftar list terlebih dahulu. Urutkan hal apa yang menjadi kesukaan, hingga kelebihan yang Anda miliki.

2. Cek Ada Fenomena Apa yang Terjadi

Setelah mencatat beberapa list dan hal yang dapat Anda jadikan ide, langkah kedua dalam menemukan peluang bisnis adalah cek fenomena apa yang terjadi saat ini. Karena pada dasarnya, bisnis bukan hanya kegiatan menjual barang, menemukan konsumen, lalu mendapatkan keuntungan saja.

Akan tetapi, bisnis harus menjadi jawaban atas kesulitan orang lain. Artinya, bisnis yang Anda kembangkan wajib menyediakan produk yang dibutuhkan orang. Jadi, dengan mengetahui fenomena yang terjadi Anda bisa memberikan solusi.

3. Sesuaikan dengan Bidang

Dalam menentukan peluang bisnis ada hal penting yang harus Anda perhatikan, yakni membandingkan antara kemampuan dan fenomena yang terjadi. Keduanya bisa Anda sandingkan dengan bidang yang dimiliki. Bidang bisa berupa background pendidikan atau pelatihan yang Anda lakukan sebelumnya.

Misalnya saja, Anda memiliki hobi menulis dan kuliah di jurusan jurnalistik. Seperti yang kita tahu bahwa digital marketing saat ini membutuhkan konten untuk meningkatkan ranking website atau menjadi penarik perhatian pengunjung. Maka dari itu, Anda bisa melihat adanya peluang bisnis dari jasa penulis artikel.

Bisa juga Anda membuka jasa copywriting dengan target klien perusahaan dari skala kecil, menengah, dan atas. Sebelum memulainya, peluang usaha adalah tombak dan senjata yang dapat Anda gunakan untuk menembus pasar. Maka dari itu, cobalah untuk memaksimalkannya.

4. Temukan Nilai lebih

Setiap bisnis pasti memiliki keunggulannya masing-masing. Mulai dari produk fisik hingga digital sekalipun. Hal tersebut harus Anda pikirkan sebelum memulainya. Sebagai contoh contohnya, Anda membuka jasa penulis artikel SEO friendly. Jelaskan apa saja kelebihan artikel yang Anda produksi.

Misalnya, tidak copy paste dengan milik orang lain, mudah dipahami, bisa menarik perhatian karena ada daya tarik di setiap kalimatnya, harga murah, dan lain sebagainya. Inilah yang disebut sebagai kelebihan atau value. Sebaiknya usahakan keunggulan ini tidak sama dengan milik pesaing.

Sebab, jika pesaing memiliki nama yang lebih unggul daripada bisnis Anda, maka peluang mendapatkan customer akan mengecil. Mereka tidak akan menilai bisnis Anda bagus mengingat sudah ada usaha lain yang memiliki kelebihan sama dan sepak terjangnya sudah lama.

5. Lakukan Riset dan Penelitian

Tips terakhir menentukan peluang usaha, yaitu lakukan riset dan penelitian. Dari keempat tips tadi, langkah terakhir membutuhkan tenaga lebih untuk mengetahui jawabannya. Riset saat ini cukup mudah karena sudah ada bantuan internet. Anda bisa pula memanfaatkan media sosial.

Temukan jawaban atas pertanyaan siapa target pasar bisnis tersebut, siapa pesaingnya, berapa kisaran harga jualnya, dan berapa persen kemungkinan bisnis tersebut diterima oleh khalayak umum. Setelah semuanya beres, eksekusi bisnis dan mulailah terapkan strategi marketing yang baik.

Strategi Menciptakan Peluang Usaha 

Menciptakan peluang usaha adalah tugas yang tidak mudah untuk setiap pengusaha. Terlebih jika Anda baru saja memulainya dan belum memiliki background pengusaha sebelumnya. Namun, tenang saja, berikut akan dijelaskan terkait beberapa strategi yang Anda butuhkan:

1. Tentukan Sumber dan Sektor Bisnis

Sumber peluang bisnis bisa Anda temukan dari diri sendiri maupun kondisi sekitar. Pilih yang potensial, kemudian tetapkan sektor bisnis. Sektor usaha sendiri dibagi menjadi dua, yakni produk fisik ataupun produk jasa.

2. Fokus Pada Potensi Produksi

Strategi peluang usaha berikutnya adalah fokus pada potensi produk yang Anda jual. Apakah produk tersebut bisa Anda kembangkan menjadi berbagai jenis atau tidak. Gali sedalam-dalamnya untuk mendapatkan inspirasi.

3. Evaluasi

Evaluasi dalam bisnis itu penting. Melalui evaluasi Anda akan menemukan kekurangan bisnis, sehingga dapat diperbaiki atau dimaksimalkan. Selain itu, evaluasi bisa membuat bisnis semakin berkembang di masa depan.

Sudah Tahu Apa yang Dimaksud dengan Peluang Usaha?

Kesimpulannya, peluang usaha adalah konteks yang harus Anda pikirkan sejak awal berniat membuka bisnis. Lewat peluang bisnis potensial, Anda akan mendapatkan kepercayaan dari konsumen dan tidak kalah saing dengan bisnis lain yang sudah beroperasi lebih dulu. Sudah mendapatkan peluang bisnis potensial Anda sendiri?

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!