Ketahui Cara Tepat Pemilihan Lokasi Bisnis yang Strategis dan Mudah

Ketahui Cara Tepat Pemilihan Lokasi Bisnis yang Strategis dan Mudah

Sebelum memulai bisnis, Anda harus mempertimbangkan strategi untuk memilih lokasi bisnis yang strategis. Sebab, dalam strategi marketing, pemilihan lokasi bisnis merupakan salah satu faktor keberhasilan usaha yang memiliki pengaruh sangat kuat. 

Semakin strategis lokasi bisnis Anda, semakin tinggi pendapatan dan margin keuntungan Anda. Sebaliknya, keuntungan penjualan tidak akan meningkat jika tempat jualan yang dipilih tidak strategis. Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk menentukan lokasi usaha yang strategis. Simak baik-baik!

10 Cara Menentukan Pemilihan Lokasi Bisnis yang Strategis 

Anda perlu mengetahui strategi pemilihan lokasi usaha yang tepat, karena sangat berpengaruh terhadap kesuksesan usaha Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih lokasi untuk usaha Anda, yaitu:

1. Perhatikan Tingkat Kepadatan Penduduk

Faktor pertama dalam pemilihan lokasi bisnis yang strategis adalah harus memperhatikan jumlah penduduk yang berada di lokasi tersebut. Anda harus memilih lokasi usaha dengan kepadatan penduduk yang tinggi, karena semakin tinggi kepadatan penduduk, semakin besar pula potensi market suatu bisnis.

Contohnya adalah membandingkan margin dan tingkat penjualan menjalankan usaha di desa dan kota dengan jumlah penduduk yang berbeda. Jawabannya tentu saja lebih menguntungkan buka usaha di kota, karena kepadatan penduduk yang tinggi.

2. Perhatikan Pendapatan Masyarakat di Lokasi Tersebut 

Selain kepadatan penduduk, pendapatan masyarakat juga mempengaruhi omzet usaha. Jika ingin memulai bisnis dengan produk yang cukup mahal, pastikan terlebih dahulu bahwa income masyarakat disana cukup untuk membeli barang tersebut.

Namun, jika Anda menjalankan bisnis yang menjual barang dengan harga relatif murah, tentunya tidak wajib mempertimbangkan pendapatan masyarakat. Jadi, jangan salah dalam memperkirakan pendapatan masyarakat sekitar dengan harga jual produk.

3. Pertimbangkan Juga Usaha Lain di Lokasi yang Sama

Cara ketiga untuk strategi pemilihan lokasi bisnis adalah dengan mempertimbangkan apakah lokasi tempat Anda ingin mendirikan bisnis memiliki banyak bisnis yang lain juga.

Pada dasarnya, semakin banyak pebisnis yang mendirikan usaha di suatu lokasi, maka akan semakin banyak juga pembeli yang datang ke lokasi tersebut. Artinya, potensi keuntungan besar sangat tinggi.

Tapi, pastikan Anda menjual produk yang berbeda dari bisnis lain. Karena, jika ada dua atau lebih perusahaan yang menjual produk yang sama, maka akan terjadi persaingan di pasar nantinya. Oleh karena itu, lebih aman menjual produk baru yang belum ada di lokasi tersebut.

4. Sesuaikan Budget Anda

Pilihan lokasi yang strategis mempengaruhi budget yang harus dikeluarkan. Harga sewa atau beli tempat usaha pinggir jalan yang dekat dengan keramaian jauh lebih mahal daripada yang jauh dari kepadatan penduduk.

Oleh karena itu, penting untuk memperkirakan kira-kira berapa biayanya. Jika Anda tidak punya banyak uang, Anda bisa menyewa dulu, baru nantinya membeli tempat usaha bila dananya sudah cukup adalah solusi terbaik.

Sebaiknya Anda lebih memilih lokasi bisnis yang butuh banyak budget, namun tetap mendapatkan keuntungan yang jelas. Dibandingkan dengan tempat yang tidak mengeluarkan budget besar, namun tidak strategis dan sepi pembeli.

5. Pilih Lokasi Usaha yang Mudah Diakses

Akses ke lokasi usaha juga mempengaruhi keuntungan. Maka, pilih lokasi yang dapat diakses dengan berjalan kaki, sepeda, atau mobil untuk semua konsumen. Kemudahan akses mendorong setiap orang untuk datang ke tempat usaha Anda dan membeli produk yang Anda jual.

Baca Juga: Market Penetration, Kenali Pengertian dan Strateginya

6. Pilih Lokasi yang Dekat Supplier Bahan Baku

Selain aksesibilitas ke konsumen, pertimbangan dalam pemilihan lokasi bisnis selanjutnya adalah aksesibilitas ke pemasok bahan baku. Ini akan memudahkan pengelolaan bisnis Anda di masa mendatang.

Anda bisa langsung ke supplier untuk membeli, jadi tidak perlu panik meski kehabisan bahan baku. Cara lainnya, Anda dapat meminta pemasok untuk mengirimkan bahan mentah langsung ke toko.

Tentunya hal ini mudah dilakukan, jika tidak ada kendala dalam hal aksesibilitasnya. Kecuali, jika pemasok Anda jauh, tentu ada banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya budget biaya pengiriman bahan baku.

7. Lokasi Usaha Harus Higienis

Kebersihan merupakan faktor lingkungan yang harus diperhatikan. Area yang kotor, usang, dan bau sangat tidak dianjurkan, karena mengganggu kenyamanan konsumen. Tempat dengan kebersihan yang buruk harus dihindari, sehingga pembeli juga tidak kabur. Maka, cari tempat yang bersih, rapi, dan terjamin.

Usahakan agar bisnis Anda jauh dari tempat pembuangan sampah, selokan, pabrik, dan tempat lain yang dapat mengganggu kebersihan dan estetika. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memilih titik awal untuk usaha Anda.

8. Pastikan Keamanan di Lokasi Usaha

Selain kebersihan, keamanan juga harus diperhatikan. Keamanan sangat penting untuk kelancaran bisnis Anda. Tidak hanya itu, area dengan tingkat kejahatan yang rendah memberikan ketenangan dan kenyamanan juga bagi pembeli.

Untuk keamanan tambahan, Anda dapat menambahkan jaminan perlindungan maksimal. Misalnya memasang kamera CCTV atau menggunakan jasa satpam.

9. Sediakan Juga Lahan Parkir yang Aman

Tidak hanya dapat diakses, bersih, dan aman. Tempat usaha yang baik juga membutuhkan tempat parkir. Tempat parkir merupakan faktor penting bagi konsumen. Karena tempat parkir yang luas, aman, dan nyaman menjadi nilai tambah bagi pengunjung.

Meski biaya yang harus Anda keluarkan juga tidak sedikit, namun keuntungan yang didapat jika lokasi usaha memiliki lahan parkir juga akan lebih maksimal. Karena pembeli pasti ingin datang lagi dan lagi.

10. Pastikan Kemudahan dalam Hal Perizinan Usaha di Lokasi Tersebut

Tips terakhir untuk pemilihan lokasi bisnis yakni menyangkut perizinan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam hal perizinan bisnis lokal dan perizinan legal.

Dengan berbagai alasan, banyak kasus warga yang menolak adanya bisnis beroperasi di tempat tertentu. Karena itu, pastikan untuk mendapatkan izin dari kepala suku setempat dan dapatkan persetujuan dari penduduk setempat.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa surat izin usaha tersebut resmi. Hal ini diperlukan untuk menghindari konflik dan permasalahan yang mengganggu proses bisnis di kemudian hari.

Sudah Paham Tips Tepat dalam Pemilihan Lokasi Bisnis yang Strategis?

Demikian penjelasan singkat mengenai cara jitu dalam memilih lokasi tempat usaha yang strategis dan menguntungkan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan selamat memulai usaha!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!