Mengenal Bisnis Cloud Kitchen, Bisnis Resto Masa Kini

Bila kamu memiliki area atau lahan yang cukup luas, namun bingung mecooba bisnis apa di sana, cloud kitchen menjadi salah satu pilihan yang tepat. Cloud kitchen adalah ruangan yang hanya digunakan untuk menyiapkan khusus delivery order. 

Seperti yang Anda ketahui, sekarang usaha kuliner sedang tumbuh sangat subur di tengah masyarakat. Tentu saja hal ini ada alasannya tersendiri, karena usaha kuliner menjadi salah satu jenis bisnis yang tidak pernah mati. 

Cloud Kitchen Adalah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cloud kitchen merupakan ruangan khusus yang berfungsi untuk memasak makanan, dan hanya untuk pesan antar. Cloud kitchen ini seperti restoran virtual dan tidak terdapat ruang makan. 

Ada berbagai sebutan dari konsep ini mulai dari virtual restaurant, virtual kitchen, ghost kitchen dan yang lainnya. Sederhananya, konsep ini menjadi dapur bersama dan digunakan untuk membuat sajian delivery order. 

Sehingga, nantinya pelanggan tidak bisa makan di restoran. Meskipun tidak semua cloud kitchen hanya menggunakan sistem pemesanan online, dan pelanggan bisa membeli sendiri. Tetap saja pelanggan tidak bisa makan di restoran. 

Dibandingkan dengan membangun dapur sendiri, cloud kitchen memang jauh lebih menguntungkan. Lebih-lebih cloud kitchen juga bisa menjauhkan pebisnis dari pending order karena banyaknya orderan yang menumpuk. 

Alasan Menjalankan Bisnis Cloud Kitchen Adalah

Sebagai sebuah bisnis yang menggiurkan, tentu saja ada berbagai keuntungan yang akan diperoleh ketika menekuni model bisnis ini, seperti:

  1. Tidak Merancang Fasilitas dan Service

Pada dasarnya, cloud kitchen ini menghapus adanya layanan makan di restoran. Sehingga, pebisnis tidak perlu menyiapkan tempat serta tempat duduk. Pemilik bisnis hanya menyediakan dapur dekat dengan pelanggan. 

  1. Ekspansi Lebih Luas

Salah satu hal yang menarik dari konsep ini adalah adanya ekspansi luas. Pebisnis tidak membutuhkan modal dalam jumlah besar untuk menjalankannya. Anda dapat menggandeng sejumlah mitra usaha lokal kuliner. 

Kemudian, bila bisnis sudah stabil, Anda dapat membuka dapur di lokasi yang baru. Sehingga, cloud kitchen tidak melulu membutuhkan modal besar. 

  1. Menghemat Overhead

Bagi pebisnis kuliner, cloud kitchen ini juga dapat menghemat biaya. Ketika mendirikan tempat khusus untuk makan, mereka harus mengeluarkan biaya untuk menggaji pegawai, desain interior, desain eksterior hingga sejumlah fasilitas lain. 

Namun, dengan menggunakan cloud kitchen, ada banyak biaya yang bisa dihemat. Bagaimana dengan penyedia cloud kitchen? Tentu saja Anda juga tidak perlu bingung memikirkan masalah pemasaran, karena Anda hanya mengambil peran sebagai pemilik tempat. 

Bagaimana Cara Mendirikan Cloud Kitchen? 

Saat ini memang cukup banyak cloud kitchen Indonesia, tetapi tetap saja konsep ini masih menjadi bisnis yang menggiurkan. Berikut cara mendirikan cloud kitchen, antara lain:

  1. Tempat

Sebelum mendirikan cloud kitchen, Anda harus memilih tempat yang ideal. Pastikan memilih lokasi cloud kitchen yang memiliki harga terjangkau, mudah diakses, serta memiliki sistem keamanan yang lengkap. 

  1. Teknologi

Perlu diketahui, cloud kitchen ini dijalankan secara online, sehingga Anda harus menyiapkan platform pemesanan yang sesuai. Contohnya, Anda dapat mendaftarkan bisnis ke aplikasi pemesanan makanan online yang popular. 

Bahkan bila memungkinkan, Anda dapat membangun aplikasi sendiri. Kemudian, Anda juga harus menyiapkan sistem manajemen pemesanan yang cepat dan rapi. 

  1. Izin Pendirian Usaha

Pada dasarnya, setiap pendirian usaha membutuhkan izin. Lebih-lebih jika bisnis yang Anda miliki bekerjasama dengan perusahaan atau bisnis lain. Oleh sebab itu, pastikan Anda sudah memperoleh izin usaha serta disiplin membayar pajak yang diwajibkan. 

  1. Pilih Karyawan dengan Baik

Mendirikan cloud kitchen bukan tidak melibatkan pegawai. Anda tetap saja masih membutuhkan pegawai yang bertugas sebagai staf kebersihan, kurir pengiriman dan yang lainnya. walaupun demikian, jumlah pegawai yang dibutuhkan tidak begitu banyak. 

Jenis Konsep Cloud Kitchen

Ada berbagai jenis cloud kitchen yang sekarang ini berkembang, yaitu:

  1. Independent 

Jenis yang pertama adalah independent cloud kitchen. Independent cloud kitchen merupakan dapur yang hanya dimiliki satu merek. Model dari cloud kitchen ini ialah variasi brand makanan popular yang ingin lebih focus untuk menjual makanannya secara online. 

  1. Rebel Foods

Jenis yang lainnya adalah rebel foods. cloud kitchen ini merupakan dapur bersama dan memiliki sejumlah merek makanan. Merek makanan ini umumnya dari grup yang sama maupun berbeda. 

  1. Freshmenu

Ketiga adalah cloud kitchen freshmenu. cloud kitchen jenis ini merupakan dapur bersama dan hanya diisi satu merek. cloud kitchen jenis ini memungkinkan pelanggan untuk membeli makanan secara langsung ditempat, tetapi bukan khusus makan di tempat. 

  1. Swiggy Access

cloud kitchen jenis swiggy acces sebenarnya adalah cloud kitchen yang diisi sejumlah merek yang bekerjasama. Umumnya, restoran di dalam dapur bersama jenis ini membawa staf dan peralatan dapurnya. 

  1. Zomato 

Jenis cloud kitchen ini sebenarnya berada di jaringan Zomato. Kemudian pesanan secara resmi diurus oleh Zomato. Selain itu pelanggan juga dapat datang secara langsung untuk melakukan pemesanan makanan. 

  1. Kitopi

Model cloud kitchen kitopi adalah dapur bersama yang mempergunakan konsep outsourcing. Jenis dapur ini disediakan Kitopi, sehingga Kitopi yang akan menerima serta menyiapkan orderan pelanggan. 

Bagaimana Peluang Cloud Kitchen di Masa Mendatang? 

Saat ingin membuka bisnis, peluang bisnis di masa mendatang menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik. Jadi, seperti apa peluang dari cloud kitchen di waktu mendatang?

Kita bisa melihat kebiasaan yang dilakukan masyarakat sekarang ini. sekarang, masyarakat lebih senang membeli makanan secara online, kemudian menunggu makanan tersebut diantar sembari melakukan sejumlah aktivitas lain. 

Selain itu orang-orang juga menjadi semakin sibuk dengan pekerjaan yang mereka miliki sehingga tidak memiliki waktu untuk mengantri di restoran, hanya untuk sekedar membeli makan. Dengan cloud kitchen, bisnis makanan bisa menjadi lebih praktis. 

cloud kitchen dapat disebut sebagai usaha yang kreatif dan bisa menjadi peluang di masa depan. Memang, cloud kitchen sekarang belum terlalu massif di seluruh Indonesia. Kebanyakan cloud kitchen hanya berada di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.Secara umum, cloud kitchen adalah bisnis yang menggiurkan dan memiliki peluang pendapatan yang besar. Namun, hal tersebut tergantung dari bagaimana cara Anda meramu bisnis ini sehingga, cloud kitchen akan mendatangkan keuntungan untuk Anda.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!