Dummy: Pengertiannya dalam Berbagai Bidang Industri

Dummy: Pengertiannya dalam Berbagai Bidang Industri
dummy adalah

Jika Anda memutuskan untuk menggeluti dunia bisnis, banyak istilah yang harus dipahami. Apalagi jika bisnis yang digeluti mempunyai barang sebagai produk utama, tentunya diperlukan logistik yang bagus. Dummy adalah salah satu dari sekian banyak istilah logistik yang perlu dipahami oleh para pebisnis.

Semua istilah dalam bidang logistik dan ekspedisi sebenarnya merupakan istilah yang berfungsi untuk menjelaskan proses, konsep, keadaan, dan sifat dari ekspedisi atau logistik. Dummy berkaitan dengan pengiriman barang. Artikel ini akan membahas tentang definisi dummy secara lengkap.

Dummy Adalah

Jadi, apa yang dimaksud dengan dummy? Dummy berasal dari bahasa Inggris yang artinya contoh, tiruan, atau palsu. Dalam KBBI, maka arti dummy tersebut merupakan seluruh atau sebagian dari barang yang mempunyai jenis, macam, rupa, atau keadaan yang sama dengan barang aslinya. 

Jadi, dummy sebenarnya merupakan barang jiplakan. Namun, ada juga yang mengartikan bahwa dummy itu adalah salinan yang merepresentasikan suatu barang. Tujuannya adalah untuk menunjukkan penampilan suatu barang. Jadi, pengertian dummy tersebut hampir mirip dengan prototipe. 

Namun, tentu keduanya berbeda. Jika ditinjau dari sifatnya, dummy mempunyai arti mencatat. Jadi, istilah dummy sangat erat kaitannya dengan salinan, imitasi, atau representasi suatu benda atau barang. Nah, sampai di sini, Anda tentu sudah cukup paham dengan apa yang dimaksud dummy, bukan?

Baca Juga: Tips Pengiriman Barang Elektronik Agar Lebih Aman

Arti Dummy dalam Berbagai Konteks

Setelah membahas arti istilah dummy secara umum, kini saatnya kita membahas tentang arti dummy dalam beberapa konteks. Jadi, dummy tak hanya ditemukan dalam istilah ekspedisi saja, tetapi juga di beberapa bidang lainnya.

Dengan memahami definisi dummy dalam berbagai bidang, maka Anda bisa membedakan antara istilah dummy untuk kebutuhan bisnis dengan dummy pada bidang lainnya. Jadi, itu akan meminimalisir kesalahan nantinya. 

Nah, berikut ini adalah beberapa definisi dummy di berbagai konteks yang perlu untuk diketahui.

  1. Teknologi Informasi

Ternyata, istilah dummy sering digunakan pada teknologi informasi atau TI. Dummy pada bidang TI tersebut sering disebut sebagai dummy package. Jadi, dummy package merupakan paket kosong yang dibuat untuk menghindari sistem dependensi. 

Itu juga bisa dipakai sebagai cara untuk mengekspresikan dependensi tersebut. Apa itu dependensi? Jadi, dependensi merupakan ketergantungan suatu komponen terhadap komponen lainnya. Ada dua sifat dependensi, yaitu dependensi sepenuhnya dan dependensi sebagian. 

Jadi, dummy package berkaitan dengan paket yang dibuat untuk menghindari sistem yang saling ketergantungan tersebut.

  1. Percetakan

Istilah dummy juga muncul dalam industri percetakan. Pada bidang percetakan tersebut, dummy diartikan sebagai catatan atau dokumen kosong yang mana pihak percetakan diminta untuk membuat tiruan dari catatan atau dokumen tersebut. 

Gunanya adalah untuk menunjukkan contoh rancangan dari dokumen itu. Dengan adanya dummy, maka perusahaan atau klien bisa mengetahui seberapa banyak jumlah halaman, desain yang dirancang, dan rubrik yang sesuai untuk ditulis di dalamnya. 

Jadi, dummy pada bidang percetakan seperti buku yang dicetak tanpa isi dan berguna untuk menentukan rancangan buku yang akan dibuat nantinya.

  1. Kesehatan

Tak hanya di IT dan juga percetakan saja, dummy juga sering dibicarakan pada bidang kesehatan. Istilah dummy dalam dunia kesehatan merujuk pada cara atau metode pengobatan yang dilakukan dengan tujuan untuk tidak memberikan efek atau pengaruh apapun terhadap pengguna obat tersebut.

Namun, metode itu lebih menekankan pada meniru obat untuk diuji dalam berbagai hal. Kebanyakan dari kita mengenalnya dengan istilah plasebo. Jadi, plasebo atau obat kosong tersebut merupakan istilah lain untuk dummy dalam bidang kesehatan.

  1. Desain

Dummy juga digunakan dalam bidang desain. Dalam desain, dummy disebut sebagai dummy packages. Itu merupakan istilah yang digunakan pada prototipe desain yang diberikan oleh desainer kepada klien. 

Tujuannya agar klien bisa memberikan evaluasi terkait dengan desain tersebut. Jadi, ini mirip dengan mock up.

  1. Pengiriman

Dalam pengiriman, dummy berkaitan dengan resi, yaitu resi dummy. Resi tiruan tersebut digunakan agar status dan proses pengiriman tetap bisa berjalan lancar. Mari kita gunakan satu contoh agar Anda memahaminya.

Misalnya ada seorang penjual yang menggunakan resi dari partner. Hal itu dilakukannya agar proses update bisa lebih cepat. Jika nanti penjual itu sudah mendapatkan update resi, maka resi tiruan itu akan diganti dengan resi yang sebenarnya.

Baca Juga: Tips Pengiriman Barang Cair Agar Lebih Aman

Mengenal tentang Data Dummy

Kita telah mengetahui bahwa arti dummy adalah tiruan atau replikasi dari sesuatu yang bisa digunakan dalam berbagai konteks. Nah, setelah mengetahui definisi dummy, kita juga perlu membahas tentang hal lain yang masih berhubungan dengan dummy, yaitu data dummy. 

Apa itu? Jadi, data dummy merupakan data yang dibuat untuk kebutuhan pengujian dalam suatu uji coba atau contoh. Bentuknya bisa menyerupai data asli. Namun, data dummy tersebut hanya merupakan perkiraan dari para ahli atau konsultan saja.

Pembuatan data itu juga dibuat sama dengan aslinya. Namun, bedanya adalah isi dari data dummy hanya fiktif. Fungsi dari data dummy adalah untuk bisa menentukan apakah skrip yang digunakan untuk mengekstrak data bisa ditampilkan seperti yang diharapkan atau tidak.

Nah, jika tampilannya tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka kemungkinan besar terjadi error pada data atau proses tersebut. Jadi, di sini data dummy merupakan data palsu yang memang sengaja dibuat sebagai sampel atau contoh saja. 

Data dummy ini banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi saat pengembang membutuhkan sampel data. Oleh karena itu, data dummy menjadi hal penting bagi seorang programmer saat membuat aplikasi atau sistem informasi. 

Pasalnya, dalam pembuatan dua hal itu memang dibutuhkan data sampel untuk uji coba aplikasi tersebut agar bisa menunjukkan apakah pengolahan dari sistem aplikasi sudah bagus atau belum. Mengapa tidak menggunakan data asli? 

Hal itu dikarenakan memasukkan data asli secara satu per satu jauh lebih sulit dan membutuhkan waktu lama. Dengan menggunakan data dummy, prosesnya bisa lebih mudah dan cepat karena programmer tidak perlu memikirkan nama, alamat, dan lain-lain untuk data tersebut.

Pengiriman Dummy

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa dummy lebih banyak dikenal dalam bidang pengiriman barang. Kami juga sudah membahasnya untuk Anda dalam penjelasan di atas bahwa dummy adalah barang yang dikirimkan sebagai paket kepada para klien. 

Khususnya dummy dalam bidang desain dan percetakan. Nah, pengiriman dummy sendiri sebenarnya sama saja dengan pengiriman barang-barang lainnya. Tidak ada aturan khusus yang mengatur tentang tata cara pengiriman dummy tersebut. 

Namun, tentu Anda harus memberikan keterangan terkait dengan jenis dari barang itu.  Bagi Anda yang mengirimkan dummy, pastikan bahwa Anda menggunakan jasa ekspedisi yang terpercaya agar dummy tersebut sampai di tangan klien dengan aman. 

Biteship bisa membantu Anda untuk memantau dummy yang dikirim. Dengan Biteship, pengiriman dummy dan berbagai barang untuk bisnis bisa berjalan lebih lancar, mudah, cepat, dan aman.

Baca Juga: Tips Pengiriman Furniture Agar Lebih Aman Di Perjalanan

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!