Apa itu FIFO, FEFO, dan LIFO dalam Pergudangan?

Apa itu FIFO, FEFO, dan LIFO dalam Pergudangan?
apa itu FIFO

Untuk menjalankan suatu bisnis, tentu diperlukan adanya beberapa strategi untuk menyukseskannya. Anda juga perlu melakukan beberapa metode untuk membuat perkembangan bisnis lancar seperti FIFO, FEFO, dan LIFO. Apa itu FIFO dan metode lainnya?

FIFO, FEFO, dan LIFO berkaitan dengan manajemen pergudangan atau barang. Anda perlu menerapkannya terutama bagi yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Dengan metode ini, bisnis akan lebih mudah dikelola dengan baik.

Apa itu Manajemen Persediaan?

Sebelum dijelaskan tentang FIFO, FEFO, dan LIFO, ketahui terlebih dahulu manajemen persedian yang merupakan ruang lingkup dari metode tersebut.

Manajemen persediaan adalah aktivitas yang di dalamnya berisi pengelolaan, pengawasan, dan pengendalian yang diterapkan yang berkaitan dengan persediaan atau masuk dan keluarnya barang.

Setiap pengusaha bisnis perlu melakukan hal ini untuk bisa membuat bisnis menjadi lebih berjalan lancar. Jadi, penerapan manajemen tersebut umumnya juga dibutuhkan untuk perusahaan yang bergerak di bidang produksi.

Dalam melakukan proses produksi dibutuhkan pengelolaan pendistribusian barang yang baik selain menggunakan strategi pemasaran seperti foto katalog.

Manajemen persediaan tersebut berkaitan dengan rantai pasokan barang untuk memastikan seluruh proses pendistribusian, penyimpanan, sampai keluarnya dari gudang ini berjalan lancar.

Aktivitas yang dilakukan oleh manajemen persediaan adalah mencatat data aliran barang, menghitung barang, dsb. Diperlukan tenaga kerja yang terampil dan teliti untuk melaksanakan tugas tersebut dengan baik.

    Oleh sebab itu, tujuan dari adanya manajemen persediaan ini berguna agar menghindari kesalahan fatal yang mungkin terjadi karena kesalahan pengelolaan di gudang.

    Apabila salah memasukkan data, tentu ini akan berdampak buruk bagi perusahaan dan bahkan bisa mengalami kerugian.

    Adapun manfaat yang bisa dirasakan dari manajemen persediaan adalah untuk meminimalisir keterlambatan barang untuk didistribusikan dan sampai ke pelanggan. Selain itu, manajemen barang ini berfungsi untuk membuat aliran barang terus tersedia.

    Jangan sampai stok habis agar konsumen bisa terus mendapatkan produk tersebut dan aliran pendapatan terus mengalir.

    Baca Juga: Manajemen Pergudangan: Pengertian dan Hal-hal Pentingnya

    Mengenal FIFO FEFO LIFO dalam Pergudangan

    Di dalam manajemen persediaan, Anda akan mengenal FIFO, FEFO, dan LIFO. Ketiganya termasuk dalam metode penting dalam pengelolaan barang.

    Barang dalam pergudangan adalah hal yang kompleks sehingga membutuhkan adanya strategi, pengaturan, dan organisasi yang mengelola pergudangan dengan baik. Perlu ketelitian dan strategi dalam menjalankan masa pakai barang berdasarkan masa kadaluarsanya.

    Pengaturan ini penting dilakukan agar menghindari penumpukan barang maupun kehabisan barang yang ada di gudang. Oleh sebab itu, diperlukan adanya manajemen yang baik untuk mengetahui kualitas barang yang ada di gudang.

    Berikut ini adalah beberapa cara pengelolaan barang yang tersedia, yaitu sebagai berikut:

    Apa itu FIFO?

    Pertama adalah metode FIFO atau kepanjangan dari (First In First Out). Metode ini dilakukan dengan memakai stok barang di gudang berdasarkan waktu masuk gudangnya. Maksud dari FIFO yaitu stok pertama masuk adalah stok yang harus dikeluarkan dari gudang.

    Dengan memakai cara ini, membuat persediaan pertama di gudang dikeluarkan terlebih dahulu agar tidak cepat rusak. Hal ini penting karena jika terlalu lama disimpan, maka barang ini bisa saja mengalami kerusakan atau bahkan kadaluarsa sebelum diterima ke tangan pelanggan.

    Penerapan dari FIFO ini sangat sederhana sehingga para manajer gudang juga mudah untuk melaksanakannya. Anda perlu mencatat barang yang pertama kali masuk dan barang apa yang akan keluar.

    Dengan cara ini, memudahkan aliran barang menjadi lebih baik lagi. Selain bermanfaat untuk aliran pergudangan, FIFO juga sering digunakan untuk menentukan Harga Pokok Penjualan (HPP).

    Alasannya adalah karena harga produk tersebut nantinya akan disesuaikan dengan berapa lamanya stok barang di perusahaan. 

    Harga yang ditetapkan ini berdasarkan dengan biaya masuk barang harus sama dengan nilai penjualan dari barang yang masuk pertama kali. Dapat dikatakan bahwa perusahaan ini akan mengeluarkan barang lama untuk yang pertama kali dijual. Banyak yang sudah menjalankan konsep ini seperti perusahaan FnB, kosmetik, obat-obatan, dan jasa pengiriman barang.

    Kekurangan dari FIFO adalah beban pajak yang perlu dikeluarkan cenderung lebih mahal. Selain itu, FIFO memang terbilang menguntungkan tetapi labanya ini umumnya juga kurang akurat.

    Baca Juga: Cara Manajemen Stok Barang untuk Bisnis Anda

    Apa itu FEFO?

    Setelah mengenal apa itu FIFO, ketahui pula apa yang dimaksud dengan metode FEFO. Meski punya nama yang hampir sama, FEFO memiliki ciri yang berbeda. FEFO sendiri adalah kepanjangan dari First Expired First Out.

    Maksudnya adalah pengelolaan barang yang dilakukan dengan mengeluarkan barang yang punya masa kadaluarsa yang dekat.

    Dengan menggunakan konsep ini, membuat barang bisa lebih bermanfaat dan punya nilai jual dibandingkan harus membuangnya karena sudah kadaluarsa. Semakin kadaluarsanya sudah dekat, maka harus semakin cepat dikeluarkan atau didistribusikan oleh gudang.

    Tujuannya agar masih bisa layak jual dan dimanfaatkan. Penerapan metode FEFO juga terbilang sederhana karena mampu memberikan manfaat dan memudahkan produk menjadi bernilai.

    Dengan demikian, aliran ini akan lebih efektif dan mengurangi barang yang terbuang karena kadaluarsa akibat penyimpanan yang terlalu lama. Jika banyak yang terjual, ini bisa mengakibatkan kerugian bagi pemilik usaha tersebut.

    Jenis perusahaan yang menerapkan bisnis ini cukup banyak terutama untuk bisnis makanan minuman yang memang memiliki masa kadaluarsa yang harus diperhatikan. Selain itu, ada pula jenis perusahaan lainnya seperti di bidang retail, farmasi, dsb.

    Apa itu LIFO?

    Metode berikutnya yang juga sering digunakan dalam pergudangan adalah LIFO atau Last In First Out. Metode ini adalah konsep manajemen pergudangan yang berkebalikan dengan FIFO. Konsep ini dilakukan dengan cara mengeluarkan barang berdasarkan yang pertama kali masuk.

    Kenapa bisa terjadi? Apakah tidak rugi? Tentu saja tidak malah sebaliknya Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan melakukannya. Namun, Anda juga perlu memastikan apakah konsep ini cocok untuk perusahaan Anda karena perlu adanya pertimbangan khusus.

    Namun, dengan LIFO, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Contoh perusahaan yang melaksanakan LIFO umumnya adalah yang bergerak di bidang fashion.

    Seperti yang kita ketahui, orang lebih tertarik jika ada fashion terbaru dan viral sehingga berbondong-bondong untuk membelinya.

    Pebisnis harus menangkap peluang ini dengan baik yaitu segera mengeluarkan barang terbaru tersebut untuk mengambil momentum penjualan yang ada di pasaran. Dengan menerapkan konsep ini, maka harga bisa mengalami inflasi tergantung dari keinginan pelanggan.

    Kekurangan dari LIFO yaitu laba yang diperoleh bisa rendah. Selain itu, kekurangan lainnya yang terjadi dari konsep ini yaitu biaya pembukuan yang tinggi karena metodenya sedikit sulit.

    Baca Juga: Definisi Safety Stock, Manfaat dan Rumus Menghitung yang Benar

    Metode manajemen persediaan yang umum dilakukan adalah FIFO, FEFO, dan LIFO. Anda sudah mengetahui dengan jelas apa itu FIFO dan bedanya dengan metode lain. Hal ini membuat Anda bisa menentukan pengelolaan barang menjadi lebih baik lagi.

    Layanan Fulfillment dengan Beragam Metode Manajemen Persediaan 

    Optimalkan pengelolaan stok barang Anda dengan solusi gudang terdepan dari Biteship! Gudang kami tidak hanya menyediakan penyimpanan yang aman untuk barang Anda, tetapi juga menawarkan manajemen stok yang dinamis sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Beberapa industri sangat memperhatikan proses keluar masuknya barang ke gudang, seperti makanan dan  obat-obatan. Bagi produk yang sensitif terhadap tanggal kedaluwarsa, kami akan menerapkan sistem FEFO guna kualitas produk tetap terjaga sampai di tangan konsumen.

    Berbeda dengan industri fashion di mana biasanya permintaan akan model terbaru lebih tinggi dibandingkan model lama. Kondisi seperti ini membuat stok model terbaru akan lebih cepat keluar dibandingkan stok model lama yang lebih dulu disimpan di gudang. Maka, bisnis fashion dapat menggunakan motede LIFO di Biteship.

    Biteship memberikan kebebasan bagi pengguna untuk menerapkan metode FIFO, FEFO, atau LIFO pada manajemen persediaannya. Kami siap memberikan solusi yang sesuai dengan preferensi Anda! 

    Tertarik mencoba layanan gudang dan fulfillment Biteship? Hubungi kontak di bawah ini:

    Kontak Tim Biteship

    Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut: 

    Jadwalkan Pertemuan 

    Punya

    Ratusan / Ribuan

    Kiriman Setiap Hari?

    Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

    Web Dashboard

    Pergudangan & Pengemasan

    Dilengkapi Kurir Instant

    Plugin Pengiriman

    Integrasi API Pengiriman

    Mendukung beragam layanan pengiriman

    GojekJNEJNTTIKI

    Terintegrasi dengan channel marketplace

    TokopediaLazadaTiktokShopee

    Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

    Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!