Limited Edition: Artinya, Kriteria, dan Fungsinya

Limited Edition: Artinya, Kriteria, dan Fungsinya

Limited edition artinya produk yang dijual dalam jumlah terbatas. Istilah ini tentu sudah tidak asing bagi sebagian orang yang suka berbelanja. Bahkan banyak orang yang rela anti lama untuk bisa mendapatkan produk dalam jumlah terbatas tersebut.

Banyak konsumen yang langsung memutuskan untuk berbelanja ketika melihat label limited edition. Bukan hanya sekedar istilah, ternyata produk limited edition dibuat karena alasan khusus. Hal ini juga menjadi bagian penting dalam kegiatan pemasaran.

Pengertian Limited Edition

Limited edition artinya adalah barang langka. Hal tersebut terjadi karena umumnya produk yang memiliki label tersebut diproduksi dengan jumlah terbatas. Sehingga tidak semua orang bisa memilikinya.

Produk seperti ini mengedepankan konsep yang eksklusif dan special dan dibuat sebagai bentuk penghargaan untuk para konsumen. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang suka dengan produk terbatas.

Barang edisi terbatas sebenarnya menjadi aset langka yang banyak dicari para kolektor. Bahkan barang tersebut juga menjadi aset alternatif yang kerap kali diperdagangkan oleh investor internasional. Produk ini memiliki nilai yang lebih tinggi karena keunikannya tersebut.

Tidak heran jika umumnya dijual dengan harga tinggi. Jenis produk ini berbeda dengan yang dijual pada umumnya sehingga mampu memberikan rasa kebanggaan tersendiri untuk konsumen yang memilikinya. 

Selain itu, barang limited edition diproduksi untuk mengetahui antusias pasar terhadap produk yang ditawarkan.

Kriteria Produk Limited Edition

Dalam berbisnis, limited edition seringkali digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan branding. Hal ini dilakukan sebagai aktivitas komunikasi yang dilakukan perusahaan yang bertujuan untuk bisa mendapatkan respon dan citra yang baik dari rekan bisnis, stakeholders, hingga konsumen. 

Istilah barang limited edition artinya mengacu terhadap jumlah barang yang dipasarkan. Barang tersebut bisa mencakup produk makanan, kecantikan, dan lain sebagainya. Limited edition menjadi strategi penjualan dalam bisnis yang menempatkan produk sebagai barang terbatas atau langka. 

Produk yang diberikan label limited edition umumnya memiliki harga jual tinggi karena jumlahnya sangat terbatas. Apabila sudah habis, maka tidak diproduksi lagi. Jenis produk ini dibuat untuk dapat menarik perhatian konsumen untuk dapat membeli produk tertentu.

Baca Juga: Email Marketing: Pengertian, Jenis, Cara Membuat dan Manfaatnya

Manfaatnya Sebagai Strategi Bisnis

Limited offer artinya bukan hanya sekedar produk terbatas saja, namun sudah menjadi bagian dari strategi bisnis yang dijalankan untuk dapat mengenalkan produk baru kepada konsumen. Hal ini dilakukan untuk dapat menarik perhatian dan membuat konsumen penasaran dengan sebuah produk. 

Sehingga ingin cepat-cepat membelinya. Keunikan dan keistimewaan produk berlabel limited edition menjadi daya tarik utamanya yang membuat konsumen berlomba untuk bisa mendapatkannya. 

Strategi bisnis yang menggunakan istilah limited edition ini bisa berhasil apabila memiliki konsumen tetap atau penggemar. 

Sehingga saat sebuah produk dalam jumlah terbatas dijual, maka konsumen akan antusias untuk membelinya meskipun dengan harga yang mahal dan jangka waktu terbatas. Menciptakan kelangkaan dapat memberikan kesan eksklusif. Artinya konsumen menganggap barang yang dimilikinya istimewa.

Baca Juga: Program Loyalitas Pelanggan: Pengertian, Manfaat, Contoh

Jenis Strategi Pemasaran Produk

Limited edition adalah barang terbatas. Konsep ini dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran yang mampu menarik minat konsumen. Dalam melakukan kegiatan pemasaran, terdapat beberapa cara yang dilakukan oleh produsen. Simak uraiannya sebagai berikut.

  1. Pemasaran Transaksional

Strategi yang satu ini merupakan yang paling sering dikunjungi. Kelebihannya adalah dapat memberikan kepuasan kepada konsumen karena penjual dan pembeli bisa bertemu secara langsung. 

Selain itu, pembeli bisa langsung melakukan pengecekan barang terlebih dahulu. Sistem seperti ini sering disebut juga dengan istilah ada uang ada barang. 

Beragam cara pemasaran bisa dilakukan pada jenis strategi ini. Diantaranya seperti membagikan selebaran, memberikan kupon diskon, melakukan promosi di berbagai acara masyarakat, dan lain sebagainya.

  1. Pemasaran Teknologi

Di zaman teknologi yang semakin berkembang pesat. Produsen juga harus memahami dengan baik tentang strategi pemasaran berbasis digital.

Antara lain seperti Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, hingga marketplace. Jenis strategi ini memiliki banyak keuntungan seperti mampu menjangkau pelanggan yang lebih luas, hemat biasa, target bisa ditentukan, dan masih banyak yang lainnya.

Strategi pemasaran berbasis teknologi saat ini sudah familiar tidak hanya untuk bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah saja. Namun juga untuk skala perusahaan.

Baca Juga: Strategi Promosi Bisnis untuk Pemula

Alasan Mengapa Harus Ada Produk Limited Edition

Menghasilkan produk limited edition juga bertujuan untuk mendapatkan leads. Pada dasarnya, lead merupakan bagian dari pemasaran bisnis dimana perusahaan berupaya untuk membuka komunikasi guna memenuhi kebutuhan orang yang dinilai memiliki potensi untuk menjadi pelanggan baru. 

Leads artinya sekumpulan orang yang memiliki minat terhadap produk atau jasa karena brand image produk tersebut maupun cara pemasarannya. Bisa dikatakan secara singkat bahwa lead adalah pelanggan potensial. 

Saat ini, istilah limited edition bukan hanya diberikan untuk produk eksklusif dan mahal saja, namun juga bisa digunakan untuk berbagai produk. 

Pada dasarnya, istilah limited edition digunakan untuk menarik perhatian konsumen. Implementasi konsep limited edition dapat memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Sejumlah produk limited edition umumnya dibuat untuk menyasar segmen konsumen tertentu yang biasa menggunakannya. Pada hal ini, limited dimaknai sebagai kejutan atau hadiah yang diberikan produsen sebagai apresiasi terhadap konsumen loyalnya tersebut.

Dengan begitu produk dapat memberikan kesan tersendiri yang dianggap spesial oleh konsumen sehingga mampu menghadirkan keunikan.

  1. Media Promosi

Adanya label limited edition dapat menimbulkan sensasi tertentu agar konsumen segera memburu sebuah produk karena jumlahnya terbatas. Harapannya adalah terjadi peningkatan angka penjualan yang lebih cepat.

Antusias konsumen akan semakin meningkat apabila sudah terbiasa menggunakan sebuah brand tertentu atau menjadi penggemarnya.

  1. Media Tes Pasar

Produk limited edition digunakan produsen untuk melihat respon pasar terhadap produknya terlebih dahulu. 

Dari hasil kinerja tersebut, produsen bisa mengetahui dan memutuskan apakah akan memperpanjang siklus produknya dengan konsep kemasan baru atau memang harus diganti dengan produk baru lainnya.

Produk limited edition artinya dapat meningkatkan nilai tambah sebuah produk agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat secara lebih luas. Dalam konsep limited edition, bukan hanya jumlah produk yang harus diperhatikan. Namun jangka waktunya juga menjadi hal penting.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!